Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
146Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tutorial Java [Bab 1]

Tutorial Java [Bab 1]

Ratings: (0)|Views: 18,443|Likes:
Published by Rachmad Hakim S.
Tutorial Java dan penggunaan NetBeans diambil dari buku: Mastering Java
Tutorial Java dan penggunaan NetBeans diambil dari buku: Mastering Java

More info:

Published by: Rachmad Hakim S. on Jan 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
Pengenalan Java
Pengenalan Java
1.1Sejarah Java
 Java bermula dari proyek penelitian perusahaan Sun Microsystemsdengan nama sandi Green pada tahun 1991. Terdapat prediksibahwa mikroprosesor akan digunakan luas pada peralatan-peralatan elektronik. Karena adanya bermacam tipemikroprosesor, maka dibutuhkan sebuah bahasa pemrogramanyang dapat berjalan di semua mikroprosesor. Terciptalah sebuah bahasa pemrograman baru. Oleh JamesGosling, yaitu salah satu orang yang berperan besar dalam proyektersebut, program ini diberi nama Oak. Sesuai dengan pohon Oakyang tumbuh dan bisa dilihat melalui jendela kerjanya di SunMicrosystems.Selang beberapa waktu kemudian, ditemukan bahwa sudah adabahasa pemrograman dengan nama Oak. Akhirnya setelahbeberapa pegawai Sun mengunjungi sebuah kedai kopi, namabahasa pemrograman ini diganti dengan Java. Java merupakansalah satu jenis biji kopi yang ada di kedai tersebut, yaitu biji kopi Jawa.Sun Microsystems mengumumkan kehadiran bahasa Java secaraformal di tahun 1995. Bahasa ini mulai disambut hangatmasyarakat luas seiring dengan meledaknya era internet.www.binsis.com1
 
B a b 1
 
Bab 1 Mastering Java
1.2Perkembangan Teknologi Java
Saat ini Sun Microsystems membagi Java menjadi empat jenisedisi:
 Java Card
: Teknologi Java yang digunakan pada peralatanelektronik yang memiliki memori sangat terbatas, misalnyasmart card.
 J2ME
: Java 2 Platform, Micro Edition. Merupakan teknologi Java edisi mikro, digunakan untuk penerapan teknologi Javapada peralatan elektronik seperti hand phone dan PDA.
 J2SE
: Java 2 Platform, Standard Edition. Merupakanteknologi Java edisi standar, digunakan untuk penerapanteknologi Java pada komputer desktop.
 J2EE
: Java 2 Platform, Enterprise Edition. Merupakanteknologi Java edisi enterprise, digunakan untuk penerapanteknologi Java pada komputer server.Setiap edisi Java terdiri dari dua komponen utama berikut:
 Java Application Programming Interface
(Java API). Java API terdiri dari kumpulan library yang digunakan untukkeperluan pemrograman. Dengan adanya API, Anda tidakharus membuat program dari awal. Misalnya untuk J2SE,sudah terdapat API untuk pengolahan window denganSwing dan AWT (Abstract Window Toolkit).
 Java Run Time Environment
(JRE). JRE merupakanlingkungan yang membuat aplikasi Java dapat dijalankan.Salah satu komponen penting JRE adalah Java VirtualMachine (JVM). JVM merupakan mesin virtual berupa aplikasi yang digunakanuntuk menjalankan kode Java (bytecode). JVM inilah yangmembuat Java menjadi platform independen. JVM bisa berbeda,tergantung pada platform yang akan digunakan. Misalnya ada JVMuntuk PC Windows dan Linux, serta untuk Apple. Setiap komputerdan peralatan elektronik dapat menjalankan program Java,asalkan terdapat JVM untuk komputer atau peralatan elektroniktersebut. JVM sendiri tidak ditulis dalam bahasa Java namundengan bahasa lain, yaitu C++.
Versi TahuJumlah
2www.binsis.com
 
Pengenalan Java
 Javanclass
1.019962111.119974771.2199815241.3200018401.42004272352004327962005>=3777Di tahun 2006, Sun Microsystems mulai menerapkan lisensi opensource yaitu GNU General Public License (GNU GPL) sehinggasemua pihak semakin leluasa menggunakan teknologi Java.Sejak J2SE 1.4, perubahan Java diatur oleh Java CommunityProcess (JCP). JCP memungkinkan semua pihak yangmenggunakan teknologi Java untuk ikut memberi masukanbagaimana bahasa Java akan dikembangkan. JCP menggunakan Java Specification Request (JSR) untuk pengusulan atau proposalpengubahan atau penambahan pada Java. Sedangkan bahasa Javasendiri menggunakan Java Language Specification (JLS) yangdiatur oleh JSR 901. Java tidak hanya sekedar bahasapemrograman namun sudah menjadi sebuah teknologi.
Situs Java Community Process (JCP) di www.jcp.org
www.binsis.com3

Activity (146)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Arnot Segaduanda liked this
En Fajar J liked this
Rizki Ramadhan liked this
Irham Pratiwi liked this
Ka Rin added this note
aduh ga mudeng blas....
Rian Cahyana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->