Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
282Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tekanan Darah Arteri Pada Manusia

Tekanan Darah Arteri Pada Manusia

Ratings: (0)|Views: 19,239 |Likes:
Published by triaminah
Praktikum Tekanan Darah Arteri, Desember 2009
Praktikum Tekanan Darah Arteri, Desember 2009

More info:

Published by: triaminah on Jan 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
TEKANAN DARAH ARTERI PADA MANUSIA
NAMA: TRI AMINAH S.NIM: J111 09 264KELOMPOK : 6ASISTEN : MUTMAINNAHTGL PRAKTIKUM: 28 DESEMBER 2009FAKULTAS KEDOKTERAN GIGIUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR 2009
 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar BelakangTekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. Bayi dananak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendahdaripada dewasa. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimanaakan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda; paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hariDalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat seseorang yang memeriksatekanan darah dengan menggunakan alat yang sering disebut tensimeter. Dari pengukuran tekanan darah ini kemudian didapatkan hasil, misalnya 120/80mmHg yaitu tekanan darah sitole per diastole. Naik turunnya gelembung tekanandarah seirama dengan pemompaan jantung untuk mengalirkan darah di pembuluh arteri. Tekanan darah memuncak pada saat jantung memompa, inidinamakan “systole:, dan menurun sampai pada tekanan terendah yaitu saat jantung tidak memompa (relaxes) ini disebut “Diastole” Kemudian timbul pertanyaan dalam benak kita bagaimana cara menentukan angka-angka tersebut,atau adakah hal yang memepengaruhi sehingga tekanan darah setiap orang berbeda-beda dan bagaimana pengaruhnya terhadap keadaan fisiologisseseorang.Masalah-masalah tersebut akan dipraktikkan dan dipelajari dalam praktikum ini.B.Tujuan Praktikum1.Mempelajari cara-cara pengukuran tekanan darah arteri.2.Mempelajari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah secarafisiologis.
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan oleh sirkulasi darah padadinding pembuluh darah, dan merupakan salah satu tanda-tanda vital utama. Padasetiap detak jantung, tekanan darah bervariasi antara tekanan maksimum (sistolik)dan minimum (diastolik). Tekanan darah dikarenakan oleh pemompaan jantung danresistensi pembuluh darah, berkurang sebagai sirkulasi darah menjauh dari jantungmelalui arteri. Tekanan darah memiliki penurunan terbesar dalam arteri kecil danarteriol, dan terus menurun ketika bergerak melalui darah kapiler dan kembali ke jantung melalui pembuluh darah. Gravitasi, katup dalam pembuluh darah, danmemompa dari rangka kontraksi otot, adalah beberapa pengaruh lain pada tekanandarah di berbagai tempat di dalam tubuh.
1
Tekanan darah dinilai dalam dua hal, sebuah tekanan tinggisistolik yangmenandakan kontraksi maksimal jantungdan tekanan rendahdiastolik atau tekanan istirahat.
2
Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluharteri darah ketika darah di pompa oleh jantungke seluruh anggota tubuh manusia.Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut - 120 /80 mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluharteri akibat denyutanjantung, dan disebut tekanansistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saatjantungberistirahat di antara pemompaan, dan disebuttekanandiastole.
3
Pemeriksaan tekanan darah biasanya dilakukan pada lengan kanan, kecuali pada lengan tersebut terdapatcedera.Perbedaan antara tekanan sistolik dan diastolik disebuttekanan denyut. DiIndonesia, tekanan darah biasanya diukur dengan tensimeter air raksa.
2
Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Andaistirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->