Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pajak Tangguhan Akuntansi Pensiun

Pajak Tangguhan Akuntansi Pensiun

Ratings: (0)|Views: 2,124|Likes:
Published by adoymartin

More info:

categoriesTypes, Resumes & CVs
Published by: adoymartin on Jan 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/24/2013

pdf

text

original

 
Dalam membahas Pajak Penanguhan
 
akuntansi pension, maka kita harus mengetahui tentang PSAK yangmengatur tentang Akuntansi Dana Pensiun, Akuntansi Biaya Manfaat Pensiun, Fenomena Pajak Dana Pensiun,dan Pajak Penangguhan. Semua hal tersebut dibutuhkan agar kita dapat memahami tentang Pajak PenangguhanAkuntansi Pensiun. Pembelajaran Akuntansi Dana Pensiun dibutuhkan agar kita dapat memahami tentang pengertian pensiun dalam sudut pandang akuntansi. Pembelajaran Akuntansi Biaya Manfaat pensiun dapatmembantu tentang teori perhitungan dana pensiun menggunakan Iuran pasti untuk selanjutnya memahami Pajak Penangguhan Akuntansi Pensiun. Hal yang terpenting adalah memahami adanya fenomena pajak dana pensiunsehingga dapat menimbulkan Pajak Penangguhan Akuntansi Pensiun. Hal ini dapat mempermudah dalammemahami materi Pajak Penangguhan Akuntansi Pensiun.
PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 18AKUNTANSI DANA PENSIUNLaporan Keuangan Dana Pensiun
Laporan keuangan Dana Pensiun, baik yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) maupunProgram Pensiun luran Pasti (PPIP) mencakup:(a) Laporan Aktiva Bersih(b) Laporan Perubahan Aktiva Bersih(c) Neraca(d) Perhitungan Hasil Usaha(e) Laporan Arus Kas(f) Catatan Atas Laporan Keuangan
Laporan Aktiva Bersih
Laporan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang jumlah aktiva bersih yang tersedia untuk membayar kewajiban manfaat pensiun kepada peserta pada tanggal laporan.
 
Total seluruh aktiva Dana Pensiun tidak termasuk piutang jasa lalu (past service) yang belum jatuh tempo,dikurangi seluruh kewajiban kecuali kewajiban aktuaria, menunjukkan jumlah aktiva bersih yang tersedia untuk manfaat pensiun pada tanggal laporan. Aktiva untuk tujuan penyusunan laporan ini, dinilai sesuai dengan penjelasan pada butir 28.
Laporan Perubahan Aktiva Bersih
Laporan ini berisi informasi tentang perubahan atas jumlah aktiva bersih yang tersedia untuk manfaat pensiun,serta menguraikan penyebab perubahan tersebut yang diperinci atas pertambahan dan atau pengurangan yangterjadi selama suatu periode tertentu.
Neraca, Perhitungan Hasil Usaha dan Laporan Arus Kas
 Neraca, laporan hasil usaha dan laporan arus kas disusun berdasarkan Kerangka Dasar Penyusunan dan PelaporanLaporan Keuangan yang berazas utama biaya historis. Khusus untuk investasi, ditentukan juga nilai wajarnya.Selisih antara nilai historis dan nilai wajar disajikan sebagai Selisih Penilaian Investasi. Selisih PenilaianInvestasi bukan merupakan unsur hasil usaha, tetapi akan mengoreksi nilai historis menjadi nilai wajar. Untuk  penyusunan laporan keuangan Dana Pensiun yang menyelenggarakan PPMP, penentuan kewajiban aktuaria berdasarkan laporan aktuaris terakhir. Di dalam Neraca, selisih antara nilai kewa jiban aktuaria dan aktiva bersihdisajikan sebagai Selisih Kewajiban Aktuaria. Dalam Neraca Dana Pensiun yang menyelenggarakan PPMP, piutang kepada pemberi kerja sehubungan dengan jasa masa lalu karyawan diakui sebesar jumlah yang telah jatuh tempo pada tanggal laporan.
Penilaian Aktiva Dana Pensiun
 
Untuk tujuan penyusunan laporan aktiva bersih dan laporan perubahan aktiva bersih, aktiva dinilai sebagai berikut:(a) uang tunai, rekening giro dan deposito di bank dinilai menurut nilai nominal;(b) sertifikat deposito, Surat Berharga Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang dan surat pengakuan hutanglebih dari setahun dinilai berdasarkan nilai tunai;(c) surat berharga berupa saham dan obligasi yang diperjualbelikan di bursa efek, dinilai menurut nilai pasar yangwajar pada tanggal laporan;(d) penyertaan pada perusahaan yang sahamnya tidak diperdagangkan di bursa efek, dilaporkan berdasarkan nilaiappraisal sebagai hasil penilaian independen;(e) investasi pada tanah dan bangunan dilaporkan berdasarkan nilai appraisal sebagai hasil penilaian independen;(f) piutang dilaporkan berdasarkan jumlah yang dapat ditagih, setelah memperhitungkan penyisihan piutang tak tertagih; dan(g) aktiva operasional antara lain komputer, peralatan kantor dan peralatan lainnya dilaporkan berdasarkan nilai buku.Bila suatu aktiva, misalnya gedung digunakan sebagian untuk investasi dan sebagian untuk kegiatan operasional,maka penggolongan aktiva sebagai investasi atau aktiva operasional ditentukan berdasarkan yang mana yanglebih signifikan.
Pengungkapan
Informasi tentang hal tersebut di bawah ini perlu diungkapkan secukupnya dalam catatan atas laporan keuangan,antara lain:

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
SekarSarii Arum liked this
Reza F. Zulfakar liked this
Sofie Gultom liked this
Yani_S liked this
nami_yha6397 liked this
widigdya liked this
hendrisetiawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->