Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
56Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hidrokel, Hydroceles Adalah Penumpukan Cairan Yang Berlebihan

Hidrokel, Hydroceles Adalah Penumpukan Cairan Yang Berlebihan

Ratings: (0)|Views: 8,241|Likes:
Published by prince-billie-1615

More info:

Published by: prince-billie-1615 on Jan 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/02/2013

pdf

text

original

 
Hidrokel, hydroceles
adalah penumpukan cairan yang berlebihan diantara lapisan parietalis dan viseralis tunika vaginalis. Dalam keadaannormal, cairan yang berada di dalam rongga itu memang ada dan beradadalam keseimbangan antara produksi dan reabsorbsi oleh sistem limfatik di sekitarnya.
Etiologi
 Hidrokel yang terjadi pada bayi baru lahir dapat disebabkan karena: (1)belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis sehingga terjadi alirancairan peritoneum ke prosesus vaginalis (hidrokel komunikans) atau (2)belum sempurnanya sistem limfatik di daerah skrotum dalam melakukanreabsorbsi cairan hidrokel.Pada orang dewasa, hidrokel dapat terjadi secara idiopatik (primer) dansekunder. Penyebab sekunder terjadi karena didapatkan kelainan padatestis atau epididimis yang menyebabkan terganggunya sistem sekresiatau reabsorbsi cairan di kantong hidrokel. Kelainan pada testis itumungkin suatu tumor, infeksi, atau trauma pada testis/epididimis.
Gambaran klinis
 Pasien mengeluh adanya benjolan di kantong skrotum yang tidak nyeri.Pada pemeriksaan fisis didapatkan adanya benjolan di kantong skrotum
 
dengan konsistensi kistus dan pada pemeriksaan penerawanganmenunjukkan adanya transiluminasi. Pada hidrokel yang terinfeksi ataukulit skrotum yang sangat tebal kadang-kadang sulit melakukanpemeriksaan ini, sehingga harus dibantu dengan pemeriksaanultrasonografi. Menurut letak kantong hidrokel terhadap testis, secaraklinis dibedakan beberapa macam hidrokel, yaitu (1) hidrokel testis, (2)hidrokel funikulus, dan (3) hidrokel komunikan. Pembagian ini pentingkarena berhubungan dengan metode operasi yang akan dilakukan padasaat melakukan koreksi hidrokel.
 
Pada hidrokel testis, kantong hidrokel seolah-olah mengelilingi testissehingga testis tak dapat diraba. Pada anamnesis, besarnya kantonghidrokel tidak berubah sepanjang hari.
 
Pada hidrokel funikulus, kantong hidrokel berada di funikulus yaitu terletak di sebelah kranial dari testis, sehingga pada palpasi, testis dapat dirabadan berada di luar kantong hidrokel. Pada anamnesis kantong hidrokelbesarnya tetap sepanjang hari.
 
Pada hidrokel komunikan terdapat hubungan antara prosesus vaginalisdengan rongga peritoneum sehingga prosesus vaginalis dapat terisicairan peritoneum. Pada anamnesis, kantong hidrokel besarnya dapatberubah-ubah yaitu bertambah besar pada saat anak menangis. Padapalpasi, kantong hidrokel terpisah dari testis dan dapat dimasukkan kedalam rongga abdomen.
 
 
Terapi
 Hidrokel pada bayi biasanya ditunggu hingga anak mencapai usia 1 tahundengan harapan setelah prosesus vaginalis menutup, hidrokel akansembuh sendiri; tetapi jika hidrokel masih tetap ada atau bertambahbesar perlu difikirkan untuk dilakukan koreksi.Tindakan untuk mengatasi cairan hidrokel adalah dengan aspirasi danoperasi. Aspirasi cairan hidrokel tidak dianjurkan karena selain angkakekambuhannya tinggi, kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupainfeksi.Beberapa indikasi untuk melakukan operasi pada hidrokel adalah: (1)hidrokel yang besar sehingga dapat menekan pembuluh darah, (2)indikasi kosmetik, dan (3) hidrokel permagna yang dirasakan terlaluberat dan mengganggu pasien dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.Pada hidrokel kongenital dilakukan pendekatan inguinal karena seringkalihidrokel ini disertai dengan hernia inguinalis sehingga pada saat operasihidrokel, sekaligus melakukan herniorafi. Pada hidrokel testis dewasadilakukan pendekatan skrotal denganmelakukan eksisi danmarsupialisasikantong hidrokel sesuai cara Winkelman atau plikasikantong hidrokel sesuai cara Lord. Pada hidrokel funikulus dilakukan

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
alusius liked this
Jafar Muhammad liked this
Ely Yoelianti liked this
Fanny Timung liked this
fitri_harahap_1 liked this
Ety Bee liked this
nia_lieben6956 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->