Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pelayanan Pastoral

Pelayanan Pastoral

Ratings: (0)|Views: 4,021 |Likes:
Published by pia toraja

More info:

Published by: pia toraja on Jan 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

 
Dalam Esiklopedia teologi bidang yang mencakup pembentukan teoritentang isi dan praktik pastorat yang disebut teologi pastorat teologi pastoralbiasa jga disebut poimenik yang berarti ilmu tentang gembala, namun hal initidak begitu di kenal dalam gereja-gereja kita di Indonesia.Teologia pastorat adalah merupakan bagian dari teologia praktika danteologi praktika adalah teologia yang berkata-kata tentang pelayanan gerejadi berbagai bidang seperti :
 – 
Pemikiran secara teologia dan perenungan secara kritis tentang apayang dilakukan dalam pelayanan. Pastoral pelayanan adalahpelayanan yang mempunyai tugas intermediary artinya tugas sebagaialat untuk menyampaikan karena Allah kepada manusia. Jadi yangsangat penting dalam teologi pastoral adalah soal relasi.
 – 
Relasi antara manusia dan ilmu-ilmu yang berkata-kata tentangperilaku menusia khususnya psikologi pastoral umumnya mencakuppersoalan-persoalan yang bersifat Hermeneutis yaitu bagaimananisbah atau hubugan kata-kata injil dengan perasaan-perasaan danpenalaman manusia.
 – 
Praktik pastoral dalam gereja hal itu sudah bahwa pastoralmemberikan perhatian terhadap relasi pastoral dalam percakapanindividual dan percakapan kelompok yang dimaksudkan disini bukanhanya apa yang disebut teknik percakapan tetapi yang paling pentingadalah sikap dasar pastoral.A.Macam-Macam Pelayanan Pastoral
Pelayanan Pastoral Sebagai Pemberitaan FirmanTheologia ini didasarkan atas ajaran para reformator karena itu iaEduard anti Klarikah.
7
 
Menurut Eduard Thurneysen pelayanan pastoral bukan sajaditugaskan kepada pejabat-pejabat gereja tetapi juga kepadaanggota-anggota Jemaat yang lain (semua jemaat).Pelayanan pastoral sebagai pemberitaan firman menurutThurneysen adalah satu-satunya bentuk pelayanan pastoral yangbenar-benar melayani injil sebagai berita dari presensia dan aktivitasAllah yang menyelamatkan dalam Yesus Kristus dan isi pelayananpastoral adalah pengampunan dosa.
Pelayanan Pastoral Sebagai KonselingBerdasarkan pandangan ini pelayanan pastoral sebagai konselingdapat di rumuskan sebagai berikut :Koseling Pastoral adalah usaha yang dijalankan oleh pastoral untukmembantu orang agar ia dapat menolong dirinya sendiri dengandemikian dari defenisi ini dan penjelasan lain yang ia berikan dalamkarya-karyanya nyata bahwa :
 – 
Koseling Pastoral adalah suatu proses yang berusaha memecahkanpersoalan oeh relasi antara pastor dan anggota jemaat.
 – 
Pastoral, yang menjalankan konseling pastoral adalah pembantu dananggota jemaat yang ia gembalakan dan bantuannya dalam bentukpercakapan.Oleh karena pelajaran Roh Kudus maka manusia memperolehsuatu identitas baru. Dalam pekerjaan RK itu pastor berfungsisebagai alat atau pelayananNya. Karena itu dalam konselingPastoral pekerjaan RK harus diberikan tempat yang sentral. Halitu tidak boleh dilupakan oleh pastor.Selain daripada jenis-jenis pastoral yang telah dijelaskan di atasnamun dalam pelayanan pastoral nasih ada jenis-jenis lainnya
7
 
sekalipun jenis itu tidak biasa dianggap sebagai jenis-jenis yangberdiri seperti :a.Pelayanan Pastoral sebagai PersekutuanArti dan peranan yang penting dalam pelayanan pastoralsebagai persekutuan jelas sekali kita lihat dalam perjanjianbaru khususnya dalam surat-surat Rasul Paulus di satupelayana pastoral bukan saja mencakup hidup manusiaseluruhnya tetapi dilakukan oleh semua anggota jemaat untuksemua anggota jemaat.b.Pelayanan Pastoral sebagai DiakoniaPelayanan ini bukanlah pelayanan yang baru namun sudahdijelaskan dalam pelayanan pastoral sebagai pelayananpemberian bantuan.A.Bentuk-Bentuk Pelayanan Pastoral1.PercakapanBentuk dasar pelayanan pastoral adalah percakapan. Dalam praktikbentuk dasar ini dapat memperoleh rupa-rupa bentuk inisiatipercakapan-percakapan itu dapat mempunyai sifat yang berbeda-beda seperti :
 – 
Percakapan dalan rangka memperkenalkan diri.Hal ini biasa dilakukan oleh penderita yang baru ditempatkan disuatu jemaat atau oleh majelis yang baru dipilih dan mau memulaipekerjaannya.Jadi yang paling utama dalam percakapan adalah informasi danpertukaran pengalaman.
 – 
Percakapan tematisMaksudnya tiap-tiap anggota jemaat secara terbuka dan jujumengemukakan pendapat namun diusahakan tidak terjadi diskusi
7

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
Erwin Neo added this note
Good
Erwin Neo liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Winnal Billi added this note
terima kasih ini sangat membantu sya dlm membuat karya tulis..GBU
Isolina Lin added this note
thanks... ini sangat membantu karya tulis akhir saya.. Tuhan memberkati
eby_amly liked this
Efrata Pandawa liked this
Ebit Hambuako liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->