Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Io Device

Io Device

Ratings: (0)|Views: 370 |Likes:
Published by great emperor

More info:

Published by: great emperor on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2010

pdf

text

original

 
BAB IIII/O Device
3.1 Pengertian
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan olehmikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit input adalah unit luar yangdigunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untumenampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan olehmikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol,antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write[IOW]). Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti padakeyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Menyediakan koneksi untuk piranti eksternalseperti kamera digital, printer dan scanner.
3.2 Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik ataumemasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yangdijalankan oleh komputer.Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbolyang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1,F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papanketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
 
Gambar 3.2 keyboard
3.3 Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk sepertiekor tikus.Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayudengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, DouglasEngelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer,mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiriatas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasisMacintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapimenggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudahmenggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehinggaresolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik  per inci.
 
Gambar 3.3
mouse
3.4 Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik  berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian,yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atautoner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yangdigunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner.Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralelatau USB untuk penghubung ke komputer.Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalamsebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri.Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenisBubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
Gambar 3.4
 printer 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->