Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSU

PSU

Ratings: (0)|Views: 1,203|Likes:
Published by great emperor

More info:

Published by: great emperor on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/11/2013

pdf

text

original

 
BAB VII
PSU
7.1 Pengertian
PSU adalah komponen yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebihkhusus, unit suplai daya biasanya dirancang untuk mengkonversi untuk tujuan umum alternatingcurrent (AC) dari listrik utama (100-127V di Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Jepang,dan Taiwan; 220-240V di sebagian besar seluruh dunia) untuk digunakan rendah daya DCtegangan untuk komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik ada yang mempunyaiswitch untuk beralih antara 230 V dan 115 V. Model-model lain memiliki sensor yang otomatistegangan input saklar secara otomatis, atau dapat menerima teganganantarabatastersebut.Komputer yang paling umum pasokan listrik yang dibangun agar sesuai dengan faktor  bentuk ATX. Hal ini memungkinkan pasokan daya yang berbeda dapat dipertukarkan dengan berbagai komponen di dalam komputer. Catu daya ATX juga dirancang untuk menghidupkan danmematikan menggunakan sinyal dari motherboard, dan menyediakan dukungan untuk fungsi-fungsi modern seperti modus siaga tersedia di banyak komputer. Terbaru spesifikasi standar ATXPSU sebagaipertengahan-2008 adalah versi 2.31.Perhatikan bahwa beberapa produsen, terutama Compaq dan Dell, telah menghasilkan pasokan listrik dengan menggunakan konektor yang sama seperti ATX tapi dengan teganganyang berbeda pada berbagai pin; ketidakcocokan PSUs dan motherboard seperti itu dapatmengakibatkan kerusakan terhadap salah satu atau keduanya.
Gambar 7.0.1(gambar PSU)
7.1 Power rating
Power supply komputer dinilai berdasarkan daya output maksimum. Daya khas kisarandari 300 W sampai 500 W (lebih rendah dari 300 W untuk sistem faktor bentuk Kecil) danditujukan untuk komputer rumah biasa, penggunaan yang terbatas pada internet-surfing dan
 
membakar dan memainkan DVD [rujukan?]. Catu daya yang digunakan oleh kebanyakan paragamer dan penggemar berkisar dari 450 W hingga 1400 W. Khas fitur game PC power suppliesdi kisaran 500-800 W, dengan PC yang lebih tinggi menuntut 800-1.400 W persediaan. Tertinggiunit-end hingga 2 kW kuat dan ditujukan terutama untuk server dan, pada tingkat yang lebihrendah, performa ekstrim komputer dengan banyak prosesor, beberapa hard disk dan beberapakartu grafis (ATI CrossFire atau NVIDIA SLI). The power rating dari sebuah PC power supplyyang tidak secara resmi bersertifikat dan diklaim oleh diri masing-masing produsen. [1] Sebuahcara yang umum untuk mencapai angka kekuatan untuk PC PSUs adalah dengan menambahdaya yang tersedia pada setiap rel, yang tidak akan memberikan sosok kekuatan sejati. Olehkarena itu adalah mungkin untuk sebuah PSU overload pada satu rel tanpa harus menggunakankekuatan nilai maksimum.Kadang-kadang produsen peringkat mengembang kekuasaan mereka, dalam rangka untuk memperoleh keuntungan di pasar. Hal ini dapat dilakukan karena tidak adanya standar yang jelastentang penandaan pasokan listrik dan pengujian. Beberapa cara utama yang digunakan adalahPeriklanan puncak kekuasaan, bukan kekuasaan terus-menerus.Menentukan output power terus menerus tidak realistis kemampuan pada temperatur rendah(pada suhu kamar sebagai lawan 40 ° C, yang lebih mungkin suhu di dalam kasus PC).Periklanan daya total sebagai ukuran kapasitas, ketika sistem modern hampir sepenuhnya bergantung pada saat ini tersedia dari 12 volt line (s).Ini mungkin berarti bahwa jika:
PSU A memiliki peringkat puncak dari 550 watt pada 25 ° C, dengan 25 amp (300W) pada baris 12 volt.
PSU B memiliki rating yang terus-menerus dari 450 watt pada 40 ° C, dengan 33amp (400 W) pada baris 12 volt, dan orang peringkat adalah akurat, maka PSU Bharus dianggap sebagai sangat unggul unit, terlepas dari keseluruhan yang lebihrendah power rating. PSU A mungkin hanya mampu mengirimkan sebagian darikekuatan diberi nilai di bawah kondisi dunia nyata.Kecenderungan ini telah membawa pada gilirannya untuk pasokan listrik sangatoverspecified rekomendasi, dan kekurangan daya berkualitas tinggi pasokan dengan kapasitasyang wajar. Sangat sedikit komputer membutuhkan lebih dari maksimum 300-350 watt. akhir 
 
yang lebih tinggi seperti server komputer dan mesin-mesin game dengan beberapa kekuatantinggi GPU adalah di antara beberapa pengecualian.
Sebuah IEC C14 konektor dengan kabel C13 yang tepat digunakan untuk memasang power supply untuk daya lokal grid.
7.2 Power Supply Elektrik 
Secara garis besar, power supply elektrik dibagi menjadi dua macam, yaitu Power SupplyLinier dan Switching Power Supply.
Power Supply Linier Merupakan jenis power supply yang umum digunakan. Cara kerja dari power supply iniadalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakanrangkaian penyearah tegangan, dan dibagian akhir ditambahkan kapasitor sebagai pembantu menyearahkan tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh power supply jenis ini tidak terlalu bergelombang.Selain menggunakan dioda sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini menggunakanregulator tegangan sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yangmenggunakan dioda. Power Supply jenis ini dapat menghasilkan tegangan DC yang bervariasiantara 0 - 30 Volt dengan arus antara 0 - 5 Ampere.
Switching Power SupplyPower Supply jenis ini menggunakan metode yang berbeda dengan power supply linier.Pada jenis ini, tegangan AC yang masuk ke dalam rangkaian langsung disearahkan olehrangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan transformer.Cara menyearahkantegangan tersebut adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi antara 10KHz hingga1MHz, dimana frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi AC yang sekitar 50Hz.Pada switching power supply biasanya diberikan rangkaian feedback agar tegangandan arus yang keluar dari rangkaian ini dapat dikontrol dengan baik.UninterruptiblePower Supply (UPS)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->