Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Reformasi Birokrasi Dalam Perspektif Hukum Administrasi Pembangunan

Reformasi Birokrasi Dalam Perspektif Hukum Administrasi Pembangunan

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 4,510|Likes:
Published by nandisaputra
makalah repormasi birokrasi dalam persepektif
makalah repormasi birokrasi dalam persepektif

More info:

Published by: nandisaputra on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2014

pdf

text

original

 
Makalah
REFORMASI BIROKRASI DALAM PERSPEKTIFHUKUM ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
Disusun olehRIZKY ARGAMAFAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS INDONESIADepok, Mei 2007
 
 
 Rizky Argama Mei 2007 
1
PENDAHULUAN
Administrasi pembangunan merupakan gabungan dua pengertian, yaitu (1)administrasi, yang berarti segenap proses penyelenggaraan dari setiap usaha kerja samasekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu; dan (2) pembangunan, yangmerupakan rangkaian usaha perubahan dan pertumbuhan yang berencana yang dilakukansecara sadar oleh suatu bangsa, negara, dan pemerintahan menuju modernitas dalamrangka pembinaan bangsa.
1
Gabungan kedua pengertian tersebut mengandung beberapapokok pikiran sebagai berikut.1. Pembangunan merupakan suatu proses. Oleh karena itu, harus dilaksanakansecara terus-menerus, berkesinambungan, pentahapan, jangka waktu, biaya,dan hasil tertentu yang diharapkan.2. Pembangunan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan merupakanhasil pemikiran sampai pada tingkat rasionalitas tertentu.3. Pembangunan dilaksanakan secara berencana.4. Pembangunan mengarah pada modernitas dan bertujuan untuk menemukancara hidup yang lebih baik dari sebelumnya, lebih maju, serta dapat menguasaiilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek.5. Pembangunan mempunyai tujuan yang bersifat multidimensional, meliputiberbagai aspek kehidupan bangsa dan negara, terutama aspek politik,ekonomi, sosial-budaya, serta pertahanan dan keamanan.6. Pembangunan ditujukan untuk membina bangsa.
2
 Secara umum, administrasi pembangunan diartikan sebagai bidang studi yangmemelajari sistem administrasi negara di negara yang sedang membangun serta upayauntuk meningkatkan kemampuannya. Sementara dari sudut praktis, administrasi
1
Pradja Suminta,
 Bahan Ajar Administrasi Pembangunan
, (Surakarta: Program Studi PendidikanEkonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasSebelas Maret, 2005), hal. x.
2
 Ibid.
 
 
 Rizky Argama Mei 2007 
2pembangunan merangkum dua kegiatan besar dalam satu pengertian, yaitu administrasidan pembangunan.
3
 Selanjutnya, pengertian hukum administrasi pembangunan menurut Prof. PrajudiAtmosudirdjo adalah sebagai berikut.1. Hukum administrasi pembangunan merupakan hukum administrasi negarayang diarahkan untuk mendukung proses pembangunan, dalam arti untuk keperluan keberhasilan pembangunan, yang meliputi: hukum untuk perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi.2. Hukum administrasi pembangunan merupakan hukum administrasi negarayang diarahkan untuk penyempurnaan administrasi negara agarberkemampuan mendukung proses pembangunan.
4
 Definisi yang diberikan oleh Prof. Prajudi ini adalah pengertian yang paling dapatmengakomodasi berbagai pendapat yang diberikan oleh para ahli bidang ilmuadministrasi. Hal ini karena administrasi pembangunan lahir dan merupakanpenyempurnaan dari administrasi negara untuk dapat diterapkan di negara berkembang.Selain itu, tujuan diterapkannya administrasi pembangunan adalah untuk mencapaikemajuan pembangunan yang menuju modernisasi. Atau dapat pula dikatakan bahwaadministrasi negara adalah ditujukan bagi negara maju, sedangkan administrasipembangunan ditujukan untuk negara berkembang.Setidaknya terdapat empat kecenderungan yang mengarahkan administrasi negarakepada administrasi pembangunan. Kecenderungan-kecenderungan tersebut adalahsebagai berikut.1.
 
Perhatian administrasi negara mengarah kepada masalah-masalah pelaksanaandan pencapaian tujuan pembangunan, yang dimulai dari perumusan
3
Ginandjar Kartasasmita,
 Administrasi Pembangunan: Perkembangan dan Praktiknya di Indonesia
, (Jakarta: LP3ES, 1997), hal. 1.
4
Tri Hayati, Harsanto Nursadi, dan Andhika Danesjvara,
 Administrasi Pembangunan: SuatuPendekatan Hukum dan Pernecanaannya
, (Depok: Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia,2005), hal. 18.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
nadia_sabila liked this
Safrizal Izal liked this
Any Lindawaty liked this
Andrian Nur liked this
raihanctym liked this
pkodok_13 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->