Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
134Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Geologi Teknik, Peta Geologi, Material Geologi

Geologi Teknik, Peta Geologi, Material Geologi

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 16,448|Likes:

More info:

categoriesTopics, Art & Design
Published by: noviana_art_shop3098 on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPETA GEOLOGI DAN PETA LAINNYAA.
 
Definisi
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pengertian
Peta adalahgambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melaluisuatu sistem proyeksi.
Kemudian pengertian
Geologi secara umum adalah ilmuyang mempelajari planet Bumi, termasuk Komposisi, keterbentukan, dansejarahnya.
Jadi dapat kita simpulkan definisi Peta
Geologi adalah Gambaran ataubentuk dengan melalui ungkapan data dan informasi geologi suatudaerah/wilayah/kawasan dengan tingkat kualitas berdasarkan skala(SNI_4691_1998).B.
 
Jenis-Jenis Peta Geologi Dan Peta-Peta Yang Berkaitan Dengannya1.
 
Jenis-jenis Peta Geologia)
 
“Peta geologi permukaan”,
atau “peta rincian” (surface geological map)memberikan berbagai formasi geologi yang langsung terletak di bawahpermukaan. Tetapi umumnya dasar pelapukan tidak dicantumkan (peta yangditutupi). Skalanya adalah 1 : 50.000 atau lebih besar.
Peta ini bergunadalam menentukan lokasi bahan-bahan bangunan (pasir dan kerikil),drainase, pencarian air, pembuatan lapangan terbang dan jalan, dan lainsebagainya. Sehubungan dengan skala yang digunakan untuk peta,seringkali dianjurkan pemboran yang tidak tertalu dalam, penggaliansumur uji (test pits), dan sebagainya untuk pengontrolan atau penetapanpada titiktitik yang kritis.b)
 
Peta pengungkap atau peta ungkapan (outcrop map).
Umumnya berskalabesar. Yang dicantumkan hanyalah tempat ditemukannya batuan padat, yangdapat memberikan sejumlah keterangan dan pemboran dan sebagainya besertasifat batuan dan kondisi strukturalnya.
Peta ini digunakan untukmenentukan di mana misalnya material untuk pecahan batu dapatditemukan langsung di bawah permukaan.c)
 
“Peta ikhtisar geologis”.
Umumnya berskala sedang atau kecil, 1 : 100.000atau lebih kécil.
Peta ini tidak saja memberikan pengamatan langsungterhadap formasi-formasi yang telah tesingkap, akan tetapi ada kalanyapula ekstrapolasi atas daerah-daerah yang beberapa formasinyamisalnya diliputi oleh lapisan holosen.
 
2
d)
 
“Peta struktur”,
berskala sedang hingga besar.
Peta ini adalah peta dengangaris-garis kedalaman yang dikonstruksikan pada permukaan sebuahlapisan tertentu, yang berada di dalam tanah-bawah.e)
 
“Peta isopach”,
berskala sedang hingga besar,
di mana garis-garismenghubungkan titik-titik yang sama tebal dan sebuah formasi ataulapisan (dengan demikian konfigurasi struktural tidak kita temukan didalamnya).
f)
 
Peta-peta yang dibuat berdasarkan foto udara, disebut “petafotogeologi”.
Pada umumnya, foto udara diambil vertikal ke bawah. Titik potong sumbu optic-negatif dalam kamera (yakni permukaan bumi dalamkeadaan yang sebenarnya) disebut “titik utama”, yaitu pusat proyeksi. Lewatpengimpitan foto-foto, terdapat kemungkinan dilakukannya studi stereoskopik ; antara lain paralaks, pengukuran selisih ketingggian, pembuatan kontur.Foto udara (stereoskopik) dapat memberikan gambaran topografis yangsangat baik, yang sesuai untuk perencanaan jalan, bendungan, dansebagainya, mengenali daerah longsoran tanah, teras sungai, tepi atau alursungai tua di daerah rawa, dan sebagainya. Di daerah di mana geologi tidak banyak dikenal orang, foto udara digunakan pula untuk orientasi geologi.g)
 
“Peta hidrogeologi”.
Kebanyakan negara barat sedang sibuk menyusunsejumlah peta yang menyangkut keadaan air tanahnya. Sebuah peta-ikhtisarinternasional berskala kecil tentang Eropa oleh UNESCO berskala1 : 1.500.000 hanya membedakan daerah yang mengandung air-tanah dalambatuan primer yang berpori, batuan sekunder yang berpori (daerah karst), dandi mana tidak terdapat air-tanah dalam jumlah yang berarti (dataran tinggi).Dengan dernikian peta ini kurang menarik bagi seorang insinyur.Seorang insinyur harus dapat berorientasi mengenai kemungikinan muatan airyang berlebih atau mengenai keberadaan air yang dapat digunakan dansebagainya, tergantung pada sifat proyek yang bersangkutan.
2.
 
Peta-peta Yang Berkaitan Dengannya
Dilihat dari fungsinya peta yang berkaitan langsung dengan PetaGeologi adalah Peta Topografi, karena peta ini berguna pada tahap awal surveylokasi untuk mengetahui keadaan alam tempat akan didirikannya suatu bangunan.
 Peta topografi
yaitu peta yang menggambarkan bentuk relief (tinggi rendahnya)permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur (countur line)yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggiansama. Kelebihan peta topografi :a.
 
Untuk mengetahui ketinggian suatu tempat.b.
 
Untuk memperkirakan tingkat kecuraman atau kemiringan lereng.
 
3
C.
 
Penggunaan Dalam Praktek Air Artesis
Dalam pembahasan Jenis pembagian Peta Geologi telah dijelaskan bahwaPeta Hidrogeologi berfungsi untuk menunjukkan keadaan air tanah. Air Tanah adalahsalah satu sumber air bersih yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan air yang terusmeningkat khususnya didaerah perkotaan dan industri.
Air tanah adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah yangdibatasi oleh satu atau dua lapisan tanah atau batuan yang kedap air.
Lebih dari98% air yang terdapat di daratan adalah air tanah. Pada saat ini, air tanah mempunyaiperanan yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia.
 Air tanah ini terdapat pada lapisan tanah yang disebut akifer (aquifer).(Gambar 1.)
Macam-macam akifer dapat dibedakan sebagai berikut :1.
 
Akifer bebas,
yaitu akifer yang terletak di atas di lapisan yang kedap air. Akifer inisering disebut juga dengan
unconfined aquifer.
 2.
 
Akifer tertekan,
yaitu akifer yang terletak di antara dua lapisan yang kedap air.Akifer ini sering disebut dengan
 confined aquifer.
 3.
 
Akifer menggantung,
yaitu akifer yang berada di atas akifer bebas dan berukurankecil. Akifer ini sering disebut dengan
 
 purched aquifer.
 
Air Tanah dapat dibedakan sebagai berikut :1.
 
Air Preatis
Air preatis, yaitu air tanah yang terletak pada akifer bebas (Akifer tak terhalang).Misalnya, air sumur
2.
 
Air artesis
Ait Artesis, yaitu air yang terletak pada akifer tertekan (Akifer Terhalang). Jikapada permukaan tanah dibuat sumur bor maka sering disebut juga dengan sumurartesis.
(Gambar 2.)
Manfaat air tanah bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut :a.
 
Kebutuhan rumah tangga, yaitu untuk mandi, mencuci, memasak, dan airminum.b.
 
Irigasi, yaitu sumber air bagi pertanian, misalnya sumur bor di daerahIndramayu, Jawa Barat.c.
 
Perindustrian, yaitu dimanfaatkan sebagai sumber air industri, misalnya industritekstil dimanfaatkan untuk pencelupan, industri kulit untuk membersihkan kulit,dan lain-lain.
Jadi dalam prakteknya Peta Geologi pada bagian Peta Hidrogeologisangat penting untuk menganalisa letak Air Tanah khususnya Air Artesis yangdapat difungsikan dalam pembuatan fasilitas air bersih untuk masyarakatmaupun dalam hal irigasi untuk petani.

Activity (134)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zay Chan liked this
Makho liked this
Hilya Azizi liked this
Rasyid Verdianto liked this
Cecep Panjitirta liked this
Azhari Fithrah liked this
Azhari Fithrah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->