Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
77Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SISTEM KERJA KOMPUTER

SISTEM KERJA KOMPUTER

Ratings: (0)|Views: 18,511|Likes:
Published by arrieve

More info:

Published by: arrieve on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
RangkumanMata Kuliah Pengantar TeknologiInformasiSISTEM KERJA KOMPUTER
MUHAMMAD ARIF ABDUL HAKIM
(109093000154)Sistem Informasi (D)E-mail : cinowino.child@gmail.comBlog : cinowino19.blogspot.com
 
SISTEM KERJA KOMPUTER
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu
Computare
yang artinyamenghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputerditerjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapatmenerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output)serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi carakerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut1.
 
Menurut
Hamacher,
komputer adalah mesin penghitung elektronik yangcepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnyasesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkanoutput berupa informasi.2.
 
Menurut
Blissmer
, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampumelakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses inputtadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil daripengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.3.
 
Sedangkan
Fuori
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses datayang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitunganaritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruhbagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Gbr 1. Sistem Kerja Komputer
 
 
 
1.
 
Input
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalamsuatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yangdiperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personalcomputer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yangmenghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yangbiasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudianscanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapatdimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukansuatu proses akses file.Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistemke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yangdiperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signalinput dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalamsistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakanuntuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
 
Peralataan input langsung
, yaitu input yang dimasukkan langsung diprosesoleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,digitizer graphics tablet, scanner.
 
Peralatan input tidak langsung
, input yang melalui media tertentu sebelumsuatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.
 
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahandata dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakterkhusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah

Activity (77)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syanti Mustika added this note|
minta ya..
Fitri Apriyanti liked this
Habibie Khan liked this
Ndet Nded liked this
Iyoen Nice added this note|
minta ya
Reni Kumala liked this
Bastian Rifai liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->