Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
149Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANTIBIOTIKA Www.hoirulblog.co.Cc Antibiotika Adalah Zat Yang Dihasilkan

ANTIBIOTIKA Www.hoirulblog.co.Cc Antibiotika Adalah Zat Yang Dihasilkan

Ratings: (0)|Views: 5,954 |Likes:
Published by hoirul22121842

More info:

Published by: hoirul22121842 on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
www.hoirulblog.co.cc
ANTIBIOTIKAwww.hoirulblog.co.cc
Antibiotika adalah zat yang dihasilkan oleh suatu mikroba, terutama fungi/jamur,yang dapat menghambat atau dapat membasmi mikroba jenis lain. Banyak antibiotikasaat ini dibuat secara semisintetik atau sintetik penuh. Namun dalam prakteknyaantibiotika sintetik tidak diturunkan dari produk mikroba (misalnya kuinolon).Antibiotikayang akan digunakan untuk membasmi mikroba, penyebab infeksi pada manusia, harusmememiliki sifat toksisitas selektif setinggi mungkinArtinya, antibiotika tersebutharuslah bersifat sangat toksik untuk mikroba, tetapi relatif tidak toksik untuk manusia.Antibiotika adalah obat yang sangat ampuh dan sangat bermanfaat jika digunakan secarabenar. Namun, jika digunakan tidak semestinya antibiotika justru akan mendatangkanberbagai mudharat. Yang harus selalu diingat, antibiotika hanya ampuh dan efektif membunuh bakteri tetapi tidak dapat membunuh virus. Karena itu, penyakit yang dapatdiobati dengan antibiotika adalah penyakit-penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Gambar. Resistensi antibiotika
 Penyebab timbulnya resistensi antibiotika yang terutama adalah karenapenggunaan antibiotika yang tidak tepat, tidak tepat sasaran, dan tidak tepat dosis.Tidak tepat sasaran, salah satunya adalah pemberian antibiotika pada pasien yang bukanmenderita penyakit infeksi bakteri. Walaupun menderita infeksi bakteri, antibiotika yang
 
www.hoirulblog.co.ccdiberikan pun harus dipilih secara seksama. Tidak semua antibiotika ampuh terhadapbakteri tertentu.Setiap antibiotika mempunyai daya bunuh terhadap bakteri yang berbeda-beda. Karena itu, antibiotika harus dipilih dengan seksama. Ketepatan dosis sangatpenting diperhatikan. Tidak tepat dosis dapat menyebabkan bakteri tidak terbunuh,bahkan justru dapat merangsangnya untuk membentuk turunan yang lebih kuat dayatahannya sehingga resisten terhadap antibiotika. Karena itu, jika dokter memberikan obatantibiotika, patuhilah petunjuk pemakaiannya dan harus diminum sampai habis.Pemakaian antibiotika tidak boleh sembarangan, baik untuk anak-anak maupun orangdewasa. Itu sebabnya, antibiotika tidak boleh dijual bebas melainkan harus dengan resepdokter. Terlalu sering mengonsumsi antibiotika juga berdampak buruk pada ''bakteri-bakteri baik'' yang menghuni saluran pencernaan kita. Bakteri-bakteri tersebut dapatterbunuh, padahal mereka bekerja membuat zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan kita.A.
 
PEMBUATAN ANTIBIOTIKLazimnya antibiotika dibuat secara mikrobiologi, yaitu fungsi dibiakkan dalamtangki – tangki besar bersama zat – zat gizi khusus oksigen atau udara steril disalurkanke dalam cairan pembiakkan guna mempercepat pertumbuhan fungi dan meningkatkanproduksi antibiotiknya. Setelah diisolasi dari cairan kuiltur, antibiuotikum dimurnikandan aktivitasnya ditentukan .
 
Antibiotika semisintetik, yaitu apabila pada persemaian (culture substrate)dibubuhi zat – zat pelopor tertentu, maka zat - zat ini diinkorporasi ke dalamantibiotikum dasarnya. Hasilnya disebut senyawa semisintetis, misalnyaPenisillin -V
 
Antibiotika sintetis, misalnya Penisillin – V .Antibiotik sintetis idak dibuat lagi dengan jalan biosintetis tersebut , melainkandengan sintesa kimiawi, misalnya Kloramfeniko
 
www.hoirulblog.co.ccB.
 
MEKANISME KERJACara kerja yang terpenting adalah perintangan sintesa protein, sehingga musnahatau tidak berkembang lagi, misalnya Kloramfenikol, Tetrasiklin, Aminoglikosida, danKlinklomisin. Selain itu beberapa antibiotika bekerja terhadap dinding sel (Penissilin danCepalosporin) atau membran sel (Polimiksin, zat–zat polyen dan Imidazol). Antibiotikatidak aktif terhadap kebanyakan virus kecil, mungkin karena virus tidak memiliki prosesmetabolisme sesunngguhnya, melainkan tergantung seluruhnya dari proses tuan – rumah . C.
 
EFEK SAMPING ANTIBIOTIKA1.
 
SENSITASI / HIPERSENSITIFBanyak obat setelah di gunakan secara lokal dapat mengakibatkan kepekaan yangberlebihan, kalau obat yang sama kemudian diberikan secara oral atau suntikan makaada kemungkinan terjadi reaksi hipersensitif atau alergi seperti gatal-gatal kulitkemerah-merahan, bentol-bentol atau lebih hebat lagi dapat terjadi sok contohnyapenisilin dan kloramfenikol2.
 
RESISTENSIJika obat digunakandengan dosis yang terlalu rendah, atau waktu terapi kuranglama,maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi artinya bakteri tidak pekalagi terhadap obat yang bersangkutan.3.
 
SUPER INFEKSIYaitu infeksi sekunder yang timbul selam pengobtan dimana sifat dan penyebabinfeksi berbeda dengan penyebab infeksi yang pertama.Super infeksi teutama terjadipada penggunaan antibiotika broad spectrum yang dapat menggangu keseimbanganantara bakteri didalam usus saluran pernafasan dan urogenital.

Activity (149)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Donna Nana liked this
priyawan liked this
Ratih liked this
Luluk Kharisma liked this
Rosi Fariska liked this
Reza Nurvita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->