Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Dan Cara Kerja IO

Jenis Dan Cara Kerja IO

Ratings: (0)|Views: 2,349 |Likes:
Published by arrieve

More info:

Published by: arrieve on Jan 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
RangkumanMata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi
JENIS DAN CARA KERJAPERANGKAT INPUT DAN PERANGKAT OUTPUT
MUHAMMAD ARIF ABDUL HAKIM
(109093000154)Sistem Informasi (D)E-mail : cinowino.child@gmail.comBlog : cinowino19.blogspot.com
 
Jenis dan Cara KerjaPerangkat Input dan Perangkat Output
1.
 
Input
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasiyang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakanpersonal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouseadalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selainitu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games ataupermainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambarsebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses aksesfile.Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luarsistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkaninformasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputerdapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenanceinput berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yangdimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapatpula digunakan untuk memasukkan program.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi duayaitu :
 
 
Peratalan input langsung
, yaitu input yang dimasukkan langsungdiproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
 
Peralatan input tidak langsung
, input yang melalui media tertentusebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam perantiyaitu :
a.
 
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatupengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkanhuruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan filedan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesinketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahanRemington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY,pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard iniberjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, PS2, USB dan wireless.

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Quthb liked this
janu033 liked this
Hazmira Imat liked this
Rafi Dafid added this note
kk
Jimi Dbono liked this
Feby Polymorpa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->