Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKOLOGI PERAIRAN V

EKOLOGI PERAIRAN V

Ratings: (0)|Views: 543 |Likes:
Published by forceprio

More info:

Published by: forceprio on Jan 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2011

pdf

text

original

 
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahayaCiri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahayakurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalahkurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapatdalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut.Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut.
 Adaptasi tumbuhan Adaptasi tumbuhan
Tumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dinding selnya kuat sepertiTumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dinding selnya kuat sepertibeberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk ke dalam sel hingga maksimum dan akanbeberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk ke dalam sel hingga maksimum dan akanberhenti sendiri. Tumbuhan tingkat tinggi, seperti terataiberhenti sendiri. Tumbuhan tingkat tinggi, seperti teratai
(Nymphaea gigantea),(Nymphaea gigantea),
mempunyaimempunyaiakar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah yang hidup di habitat air, tekananakar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah yang hidup di habitat air, tekananosmosisnya sama dengan tekanan osmosis lingkungan atau isotonis.osmosisnya sama dengan tekanan osmosis lingkungan atau isotonis.
 Adaptasi hewan Adaptasi hewan
Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewan yang bergerak aktif Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewan yang bergerak aktif dengan menggunakan otot yang kuat. Hewan tingkat tinggi yang hidup di ekosistem air dengan menggunakan otot yang kuat. Hewan tingkat tinggi yang hidup di ekosistem air tawar, misalnya ikan, dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukantawar, misalnya ikan, dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukanosmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya melalui sistemosmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya melalui sistemekskresi, insang, dan pencernaan.ekskresi, insang, dan pencernaan.Habitat air tawar merupakan perantara habitat laut dan habitat darat. PenggolonganHabitat air tawar merupakan perantara habitat laut dan habitat darat. Penggolonganorganisme dalam air dapat berdasarkan aliran energi dan kebiasaan hidup.organisme dalam air dapat berdasarkan aliran energi dan kebiasaan hidup.
 
1. Berdasarkan aliran energi, organisme dibagi menjadi1. Berdasarkan aliran energi, organisme dibagi menjadi
autotrof (tumbuhan)autotrof (tumbuhan)
,,dandan
fagotrof (makrokonsumen)fagotrof (makrokonsumen)
, yaitu karnivora predator, parasit, dan, yaitu karnivora predator, parasit, dansaprotrof atau organisme yang hidup pada substrat sisa-sisa organisme.saprotrof atau organisme yang hidup pada substrat sisa-sisa organisme.2. Berdasarkan kebiasaan hidup, organisme dibedakan sebagai berikut.2. Berdasarkan kebiasaan hidup, organisme dibedakan sebagai berikut.
a.a.
 
Plankton;Plankton;
terdiri alas fitoplankton dan zooplankton;terdiri alas fitoplankton dan zooplankton;biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air.biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air.
bb
..
Nekton;Nekton;
hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan.hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan.
c. Neuston;c. Neuston;
organisme yang mengapung atau berenang di permukaan air atauorganisme yang mengapung atau berenang di permukaan air ataubertempat pada permukaan air, misalnya serangga air.bertempat pada permukaan air, misalnya serangga air.
d.d.
 
Perifiton;Perifiton;
merupakan tumbuhan atau hewan yang melekat/bergantungmerupakan tumbuhan atau hewan yang melekat/bergantungpada tumbuhan atau benda lain, misalnya keong.pada tumbuhan atau benda lain, misalnya keong.
e.e.
 
Bentos;Bentos;
hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup padahewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup padaendapan. Bentos dapatendapan. Bentos dapat
sessil sessil 
(melekat) atau bergerak bebas,(melekat) atau bergerak bebas,misalnya cacing dan remis. Lihat Gambar.misalnya cacing dan remis. Lihat Gambar.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vina Nurfarida liked this
micoa7x liked this
retna_djuwita liked this
g3p3nx liked this
urni liked this
guantenge liked this
sasmoyo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->