Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Peningkatan Produksi dan Kualitas Kebun Manggis Rakyat Cenggal Leuwiliang

Program Peningkatan Produksi dan Kualitas Kebun Manggis Rakyat Cenggal Leuwiliang

Ratings: (0)|Views: 846 |Likes:
Published by ivan ara

More info:

Published by: ivan ara on Jan 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

 
 0
PROGRAM PENINGKATAN PRODUKSI DANKUALITAS KEBUN MANGGIS RAKYATCENGAL LEUWILIANG
PUSAT KAJIAN BUAH-BUAHAN TROPIKALP2M-INSTITUT PERTANIAN BOGOR2004
RISET UNGGULAN STRATEGIS NASIONALPENGEMBANGAN BUAH UNGGULAN INDONESIA
 
 1
I. PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
Manggis merupakan salah satu buah unggulan Indonesiayang memiliki peluang ekspor cukup menjanjikan. Dari tahun ketahun permintaan manggis meningkat seiring dengan kebutuhankonsumen terhadap buah yang mendapat julukan “Queen of Fruits”.Ekspor manggis dari Indonesia mengalami peningkatan. Pada tahun1999 volume ekspor 4.743.493 kg dengan nilai ekspor 3.887.816US$ dan tahun 2000 volume ekspor mencapai 7.182.098 kg dengannilai ekspor 5.885.038 US$.Kendala yang dihadapi petani adalah karena manggismerupakan tanaman tropis basah yang berbuah tahunan, masa juvenil yang relatif lama sampai menghasilkan buah. Pada saat inipohon manggis umumnya masih merupakan tanaman hutan yangbelum dibudidayakan secara baik atau hasil dari tanaman kebunyang kurang dirawat. Oleh karena pertumbuhan dan produktivitastanaman manggis sangat tergantung pada teknik penanaman danpemeliharaan, maka sebagian besar buah manggis mutunya masihrendah untuk itu perlu dilakukan upaya perbaikan.Berkaitan dengan hal tersebut, mulai tahun 2001 PusatKajian Buah-buahan Tropika, Lembaga Penelitian IPB melakukankaji tindak untuk menerapkan teknologi budidaya manggis. Outputyang diharapkan dari seluruh kegiatan ini adalah terciptanya suatumodel pengembangan usaha tanaman manggis berorientasi bisnisyang memiliki produktivitas tinggi dengan mutu buah yang tinggi,sehingga mampu bersaing di pasar bebas.Tujuan jangka panjang dari kegiatan yang dilakukan adalahuntuk mengembangkan agribisnis manggis melalui inovasi teknikbudidaya antara lain : pemupukan, pemangkasan, perbaikan polaatau jarak tanam, perbaikan media tumbuh dengan sistem teras,pengendalian hama dan penyakit. Perbaikan cara panen danpenanganan pasca panen serta pembinaan kebijakan tata niaga danpemasaran dalam bentuk kelembagaan dan permodalan yang akandikelola melalui suatu badan usaha kelembagaan yang berbasispertanian.
1.2. Sejarah
Lokasi yang menjadi lahan pertanaman manggis ini padaawalnya merupakan lahan perkebunan teh. Pada waktu pabrik tehdidaerah tersebut tidak lagi beroperasi, hampir seluruh pohon teh didaerah tersebut ditebang tetapi tidak diikuti dengan upayakonservasi/reboisasi. Lahan yang dibiarkan gundul tanpa vegetasimenyebabkan tingginya laju erosi dan pencucian hara tanah yangmengakibatkan tanah menjadi miskin dan tidak produktif.
 
 2
Upaya pemanfaatan kembali lahan tersebut dilakukandengan penanaman cengkeh, durian dan manggis. Pada masakejayaan cengkeh, tanaman buah-buahan kurang diperhatikansehingga tidak terpelihara. Selanjutnya setelah harga cengkeh jatuh, petani mulai melirik tanaman durian dan tanaman manggisdijadikan sebagai tanaman panjatan atau “tangga” untuk memanjatpohon durian. Sejak tahun 90-an manggis mulai memberikanpendapatan yang lebih baik sehingga melebihi nilai ekonomi durian.Sejarah pemeliharaan manggis yang kurang baik menyebabkan nilaiekonomi yang diperoleh petani lebih rendah daripada potensi yangsebenarnya sehingga perbaikan tanaman manggis diharapkan akanmeningkatkan nilai ekonomi tanaman manggis.Di samping tanaman manggis rakyat, terdapat jugapeternakan, khususnya peternakan domba dan ayam. Rata-rataperekonomian masyarakat Kampung Cengal masih rendah, hal inidisebabkan oleh kondisi tanah yang tidak bisa ditanami tanamanmusiman, dimana masih terdapat tanah merah di banyak tempat.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jang Dee liked this
brandontan liked this
kusdi hastopo liked this
Achiesick liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->