Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kebudayaan Sebagai Sistem Tanda

Kebudayaan Sebagai Sistem Tanda

Ratings: (0)|Views: 3,067|Likes:
Published by susi fauziah
It explains about definition of culture as a sign system.
It explains about definition of culture as a sign system.

More info:

Published by: susi fauziah on Jan 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
Kebudayaan sebagai Sistem Tanda (Prof. Dr. Okke K.S. Zaimar)Apakah yang dimaksudkan dengan mitos (Barthes)? Apa gunanya bagi studiteks sebagai sistem kebudayaan?
Pengertian mitos menurut Roland Barthes berbeda dengan pengertian mitosyang dikenal oleh orang pada umumnya, yaitu cerita rakyat atau legenda. MenurutBarthes, mitos adalah suatu sistem komunikasi atau suatu jenis tuturan karena mitosmengandung sekumpulan pesan. Jadi, mitos bukan suatu objek atau konsep tetapimitos adalah suatu bentuk tuturan yang ditampilkan dalam sebuah wacana yangmenyampaikan pesan. Mitos tidak ditentukan oleh objek atau materi pesannyamelainkan oleh cara mitos disampaikan. Mitos dapat bersifat verbal (kata- kata baik lisan maupun tulisan) dan nonverbal maupun kombinasi antara verbal dan nonverbal.Misalnya dalam bentuk film, lukisan, fotografi, iklan, surat kabar, foto, majalah,komik, puisi, cerita, novel, drama dan lain- lain.Menurut Barthes, mitos dapat dipahami dengan menggunakan teorisignifikasi Ferdinand De Saussure. Kemudian, dilakukan perluasan makna sehingga pemaknaan terjadi dalam dua tahap. Tanda (penanda dan petanda) pada tahap pertama dan menyatu sehingga dapat membentuk penanda pada tahap kedua, lalu pada tahap berikutnya penanda dan petanda yang telah menyatu ini dapat membentuk  petanda baru yang merupakan perluasaan makna.1.PENANDA RI 2.PETANDA3. Tanda RIII. PENANDAII. PETANDAIII. TANDAKeterangan:Tabel bagian pertama merupakan denotasi (makna primer)
1
 
Tabel bagian kedua merupakan konotasi (makna sekunder)Barthes juga mengemukakan adanya perluasan bentuk yang disebutnyametabahasa. Perluasan bentuk ini mengalami proses yang sama dengan perluasanmakna. Contoh:1. PENANDA RI 2. PETANDATANDATANDAKeterangan:Tabel bagian pertama merupakan Bentuk (Form)Tabel bagian kedua merupakan metabahasaBarthes menyatakan bahwa ada tiga cara berbeda dalam membaca mitos,yaitu sebagai berikut.a. Pemaknaan bersifat harfiah. Jadi, pembaca menyesuaikan diri dengan penandayang kosong dan membiarkan konsep mengisi bentuk tanpa ambiguitas, dan ia akan berhadapan dengan sistem yang sederhana. Cara ini dilakukan oleh pembuat mitos. b. Pada cara kedua, pembaca menjadi ahli mitos. Ia menyesuaikan diri dengan penanda yang penuh, artinya telah ada bentuk dan arti di situ, dan mulai darideformasi (pembelokan makna) yang terjadi pada pemaknaan tahap kedua, iamengungkap signifikasi mitos. Jadi, ia meneliti mitos dan menyadari adanyadeformasi (pembelokan makna).
2
I. PENANDA RIIII. PETANDA

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Edi Saputra liked this
Witakania Som liked this
geza liked this
Adventius Fuji liked this
rahaspeaks liked this
Adhe Blackopeah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->