Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Terdistribusi

Sistem Terdistribusi

Ratings: (0)|Views: 2,599|Likes:
Published by popinja
protokol,protocol
protokol,protocol

More info:

Published by: popinja on Jan 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

 
 
Sistem Terdistribusi
Bab 2. Komunikasi
2.1.
 
Komunikasi Data
Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secarakhusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantarakomputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yangdikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan olehisyarat digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakatinformasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkankomputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
Komponen Komunikasi Data
 
Pengirim
, adalah piranti yang mengirimkan data
 
Penerima
, adalah piranti yang menerima data
 
Data
, adalah informasi yang akan dipindahkan
 
Media pengiriman
, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
 
Protokol
, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
2.2.
 
Protokol
Protokol dapat diartikan sebagai sebuah aturan yang mendefinisikan beberapafungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data,informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerimaagar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format datapada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik 
.
Komponen Protokol
1. Aturan atau prosedur, mengatur pembentukan/pemutusan hubungan2. Format atau bentuk, mengatur proses transfer data representasi pesan3. Kosakata (vocabulary), jenis pesan dan makna masing-masing pesan
Fungsi Protokol
Secara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirimdan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapatberjalan dengan baik dan benar. Sedangkan fungsi protokol secara detail dapatdijelaskan berikut:
Komunikasi Hal. 1
 
 
Sistem Terdistribusi
 
Fragmentasi dan
reassembly
Fungsi dari fragmentasi dan
reassembly
adalah membagi informasi yangdikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkaninformasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagimenjadi paket informasi yang lengkap.
 
 Encapsulation
Fungsi dari
encapsulation
adalah melengkapi informasi yang dikirimkandengan
address
, kode-kode koreksi dan lain-lain.
 
Connection control
Fungsi dari
connection control
adalah membangun hubungan (
connection
)komunikasi dari sisi pengirim dan sisi penerima, dimana dalam membangunhubungan ini juga termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhirihubungan.
 
Flow control
Berfungsi sebagai pengatur perjalanan datadari sisi pengirim ke sisi penerima.
 
 Error control
Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam prosespengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari
error control
adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu datadikirimkan.
 
Transmission service
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi datakhususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungandata.
Susunan Protokol
Protokol jaringan disusun oleh dalam bentuk lapisan-lapisan (
layer)
. Hal inimengandung arti supaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalamlayer ini, jumlah, nama, isi dan fungsi setiap layer berbeda-beda. Akan tetapi tujuandari setiap layer ini adalah memberi layanan ke layer yang ada di atasnya.Susunan dari layer menunjukkan tahapan dalam melakukan komunikasi.Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. Interface menentukanlayanan layer yang di bawah kepada layer yang di atasnya.Pada saat merencanakan sebuah jaringan, hendaknya memperhatikanbagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkan di antara dualayer yang bersangkutan.
Standarisasi Protokol (ISO 7498)
Dahulu, komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah sangatsulit dilakukan, karena mereka mengunakan protokol dan format data yang berbeda-beda. Sehingga
 International Standards Organization
(ISO) membuat suatu arsitekturkomunikasi yang dikenal sebagai
Open System Interconnection
(OSI), model yangmendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”.“Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan dikomputer. “Lower layer” adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.
Komunikasi Hal. 2
 
 
Sistem Terdistribusi
Gambar 1: Pembagian Model Layer OSI
Penjelasan Model OSI Layer:
Model OSI
Keterangan
Application Layer:
Menyediakan jasa untuk aplikasipengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaraninformasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti serverprinter atau aplikasi komputer lainnya.
Presentation Layer:
Bertanggung jawab bagaimana datadikonversi dan diformat untuk transfer data. Contohkonversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPGuntuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi,translasi data, enkripsi dan konversi.
Session Layer:
Menentukan bagaimana dua terminalmenjaga, memelihara dan mengatur koneksi,- bagaimanamereka salingberhubungan satu sama lain. Koneksi dilayer ini disebut “session”.
Komunikasi Hal. 3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Feri Setiyawan liked this
kindut liked this
Mila Karmila liked this
SyifaNurRakhmah liked this
Arie Febri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->