Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
138Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Ratings: (0)|Views: 6,599 |Likes:
Published by defazh82

More info:

Published by: defazh82 on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
RENCANA KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (K3)
1.0PERATURAN UMU1.1Seluruh karyawan dan pekerja yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan harusmemahami dan mematuhi kaedah, dan peraturan keselamatan kerja.1.2Orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk.1.3Pengaturan lalu lintas di lokasi kerja :
Hanya yang mempunyai Surat Ijin Mengemudi danMengoperasikan Alat berat yang diijinkan mengemudikankendaraan di lokasi proyek.
Kendaraan hanya boleh diparkir pada tempat-tempat yang disediakan, bukan disembarang tempat pada lokasi proyek.
Dalam memarkir kendaraannya, pengemudi harus memastikanbahwa kendaraan tidak bergerak saat ditinggalkan.
Kendaraan harus dijalankan sesuai dengan batas kecepatan yang diijinkan.1.4Semua yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan harus peduli dan tanggapakan bahaya kebakaran yang mungkin timbul.1.5Semua yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan harus peduli dan tanggapuntuk menjaga kerapian dan kebersihan pada lokasi masing-masing.1.6Pada lokasi-lokasi yang berbahaya harus dipasang tanda-tanda peringatanadanya bahaya.1.7Jalan kerja yang memadai dan aman harus disediakan sebagai sarana keluamasuk pekerja dan inspeksi.1.8Setiap proyek harus mendaftarkan dan mengikuti program Jamsostek.1.9Manajemen Proyek atau Penanggung Jawab K 3 harus menetapkan sanksi ayau hukuman terhadap pelanggaran peraturan K 3.1.10Harus tersedia data lamat dan telepon instansi-instansi yang terkait seperti Rumah Sakit/Puskesmas terdekat, Kepolisian, Dinas Kebakaran, Depnaker, Asuransi/Jamsostek yang mudah dibaca oleh semua orang.
 
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
1.11Untuk Proyek dengan kondisi khusus yang tidak tercakup dalam peraturan ataIK ini, maka Manajemen Proyek harus menetapkan peraturan K 3 sesuai dengankondisi Proyek.
2.0PERLENGKAPAN PELINDUNG TUBU
2.1Semua pekerja, karyawan dan tamu, harus menggunaka topi pengaman (helm)dan sepatu pengaman saat berada di lokasi kerja.2.2Sabuk Pengaman dan Tali Penyelamat harus dikenakan saat bekerja padaketinggian diatas 2 meter.
 
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
2.3Pakai seragam dan tanda pengenal.2.4Pelindung badan (Body Protector) jika hal tersebut diperlukan (untuk tukang lasdiwajibkan).2.5Menggunakan Pelampung/Life Jacket untuk pekerjaan diatas air.Sarung tangan harus dipakai sewaktu memegang barang atau benda keras yang dapat mengakibatkan luka-luka pada tangan (untuk tukang las diwajibkan).2.6Alat pelindung pernapasan harus dipakai sewaktu berada pada lokasi yan penuh debu, atau material lain yang membahayakan pernapasan.2.7Alat pelindung telinga harus dikenakan apabila bekerja pada situasi kerja yang bising.
3.0TANGGA, PERANCAH, DAN BEKERJA DI TEMPAT KETINGGIAN 
3.1Tangga
Tangga harus dibuat dari material atau bahan yang kuat dantahan terhadap cuaca (misalnya kayu kelas II, pipa besi , dll).
Harus dipasang railling untuk pegangan.Setiap anak tangga harus kuat. Apabila tangga terlalu tinggi dapat dibuat bordes ditengah.TANGGA HARUS TERBUAT DARI MATERIAL YANG KUAT 
Jangan meletakan tangga diatas materia/peralatan untuk tujuanmenambah ketinggian.

Activity (138)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mulyadi liked this
Page Number liked this
lukman_hadi_6 added this note
saya bisa ko....

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->