Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
79Activity
P. 1
BAB II-Tinjauan Pustaka

BAB II-Tinjauan Pustaka

Ratings: (0)|Views: 4,825 |Likes:
Published by m_utz

More info:

Published by: m_utz on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/09/2014

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Kesehatan Masyarakat (Public Health) sebagai ilmu (teori) maupunsebagai seni (praktek) umumnya menekankan pada upaya-upayapencegahan penyakit (preventif) dan peningkatan kesehatan (promotif)( Soekidjo, 2003 ).Kesehatan masyarakat diartikan sebagai suatu upaya integrasiantara ilmu sanitasi dengan ilmu kedokteran. Sedangkan ilmu kedokteranitu sendiri merupakan integrasi antara ilmu biologi dan ilmu sosial. Dalamperkembangan selanjutnya, kesehatan masyarakat diartikan sebagaiaplikasi dan kegiatan terpadu antara sanitasi dalam mencegah penyakityang melanda masyarakat. ( Soekidjo, 2003 ).Usaha – usaha pengorganisasian masyarakat untuk sebagai berikut :
-
Perbaikan sanitasi lingkungan
-
Pemberantasan penyakit – penyakit menular 
-
Pendidikan kebersihan perorangan
-
Pengorganisasian pelayanan pelayanan medis danperawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan.
-
Pengembangan rekayasa social untuk menjamin tiap orangterpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memeliharakesehatannya( Soekidjo, 2003 ).
 
Ruang lingkup kesehatan masyarakat pada mulanya hanyamencakup 2 disiplin ilmu yaitu, ilmu bio-medis (medical biologi) dan ilmu-ilmu social (social Science). Tetapi sesuai dengan perkembangn ilmu,maka disiplin ilmu yang mendasari ilmu kesehatan masyarakat punberkembang. Sehingga pada saat ini disiplin ilmu yag mendasari ilmukesehatan masyarakat antara lain, mencakup : ilmu biologi, ilmukedokteran, ilmu kimia, fisika, lingkungan, sosiologi, antropologi, psikologi,pendidikan dan sebagainya. (Soekidjo,2003).Secara garis besar disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatanmasyarakat sering disebut sebagai pilar utama ilmu kesehatanmasyarakat antara lain :1.Epidemiologi2.Biostatistik3.Kesehatan Lingkungan4.Pendidikan Kesehatan dan ilmu Perilaku5.Adminidtrasi Kebijakan Masyarakat6.Gizi kesehatan masyarakat7.Kesehatan KerjaMasalah Kesehatan Masyarakat merupakan masalah yangmultikausal, maka pemecahanya juga harus secara multidisiplin. Olehsebab itu, kesehatan masyarakat sebagai seni dan prakteknyamempunyai bentangan yang luas. Semua kegiatan baik yang langsungmaupun yang tidak langsung untuk mencegah penyakit, meningkatkan
 
kesehatan, terapi (fisik, mental dan social) atau kuratif maupun pemulihan(rehabilitative) kesehatan (fisik, mental, social) adalah upaya kesehatanmasyarakat (Soekidjo,2003).Secara garis besar, upaya-upaya yang dapat dikategorikan sebagaiseni atau penerapan ilmu kesehatan masyarakat antara lain sebagaiberikut :
1.
Pemberantasan penyakit, baik menular maupun tidak menular 
2.
Perbaikan sanitasi lingkungan
3.
Perbaikan lingkungan pemukiman
4.
Pemberantasan Vektor 
5.
Pendidikan (penyuluhan) kesehatan masyarakat
6.
Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
7.
Pembinaan Gizi masyarakat
8.
Pengawasan sanitasi tempat-tempat umum
9.
Pengawasn Obat dan Minuman
10.
Pembinaan Peran Serta Masyarakat dan sebagainya(Soekidjo,2003).
2.1 Karakteristik Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang mendiami teritorialtertentu dan adanya sifat-sifat yang saling tergantung, dan adanyapembagian kerja serta kebudayaan bersama (Mac Saver,1957).

Activity (79)

You've already reviewed this. Edit your review.
TaniaSudiono liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
kelly_mily liked this
ritasta liked this
Maulida Aulia liked this
Widia Reza liked this
Nur Qalby Abhy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->