Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Fisika

Makalah Fisika

Ratings: (0)|Views: 726 |Likes:
Published by achmad_nuraisyah

More info:

Published by: achmad_nuraisyah on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanyamuatan listrik . 
Listrik 
, dapat jugadiartikan sebagai berikut:
Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektrondan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
Listrik adalah sumber energiyang disalurkan melaluikabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.Bersama denganmagnetisme, listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagaielektromagnetisme.Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas,seperti petir ,medan listrik , dan arus listrik . Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi- aplikasi industri sepertielektronik dantenaga listrik .
Sifat-sifat listrik 
Listrik memberi kenaikan terhadap 4gaya dasaalami, dan sifatnya yang tetap dalam benda  yang dapat diukur. Dalam kasus ini, frase "jumlah listrik" digunakan juga dengan frase "muatanlistrik" dan juga "jumlah muatan". Ada 2 jenis muatan listrik: positif dan negatif. Melaluieksperimen, muatan-sejenis saling menolak dan muatan-lawan jenis saling menarik satu samalain. Besarnya gaya menarik dan menolak ini ditetapkan oleh hukum Coulomb. Beberapa efek  dari listrik didiskusikan dalamfenomena listrik danelektromagnetik . Satuan unitSIdari muatan listrik adalah coulomb, yang memiliki singkatan "C". Simbol
Q
digunakan dalam persamaan untuk mewakili kuantitas listrik atau muatan. Contohnya, "
Q
=0,5C" berarti "kuantitas muatan listrik adalah 0,5 coulomb".Jika listrik mengalir melalui bahan khusus, misalnya dariwolframdantungsten, cahaya pijar  akan dipancarkan olehlogamitu. Bahan-bahan seperti itu dipakai dalam bola lampu (
bulblamp
 
).Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyaihambatan, maka akan dilepaskan panas. Semakin besar arus listrik, maka panas yang timbul akan berlipat. Sifat ini dipakai padaelemen setrika dan kompor listrik.
[sunting] Berkawan dengan listrik 
Listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Denganlistrik arus searahjika kitamemegang hanya kabel positif (tapi tidak memegang kabel negatif), listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita (kita tidak terkena strum). Demikian pula jika kita hanya memegang salurannegatif.Denganlistrik arus bolak-balik , Listrik bisa juga mengalir ke bumi (atau lantai rumah). Hal inidisebabkan oleh sistem perlistrikan yang menggunakan bumi sebagai acuan tegangan netral(ground). Acuan ini, yang biasanya di pasang di dua tempat (satu di ground di tiang listrik dansatu lagi di ground di rumah). Karena itu jika kita memegang sumber listrik dan kaki kitamenginjak bumi atau tangan kita menyentuh dinding, perbedaan tegangan antara kabel listrik ditangan dengan tegangan di kaki (ground), membuat listrik mengalir dari tangan ke kaki sehinggakita akan mengalami kejutan listrik ("terkena strum").Listrik dapat disimpan, misalnya pada sebuah aki atau batere. Listrik yang kecil, misalnya yangtersimpan dalam batere, tidak akan memberi efek setrum pada tubuh. Pada aki mobil yang besar, biasanya ada sedikit efek setrum, meskipun tidak terlalu besar dan berbahaya. Listrik mengalir dari kutub positif batere/aki ke kutub negatif.
 
Sistem listrik yang masuk ke rumah kita, jika menggunakan sistemlistrik 1 fase, biasanya terdiriatas 3 kabel:
Pertama adalahkabel faseyang merupakan sumber listrik bolak-balik (positif dannegatifnya berbolak-balik terus menerus). Kabel ini adalah kabel yang membawategangan dari pembangkit tenaga listrik (PLN misalnya); kabel ini biasanya dinamakankabel panas (hot), dapat dibandingkan seperti kutub positif pada sistem listrik arus searah(walaupun secara fisika adalah tidak tepat).
Kedua adalahkabel netral. Kabel ini pada dasarnya adalah kabel acuan tegangan nol,yang biasanya disambungkan ke tanah di pembangkit tenaga listrik (di kantor PLNmisalnya); dapat dibandingkan seperti kutub negatif pada sistem listrik arus searah; jadi jika listrik ingin dialirkan ke lampu misalnya, maka satu kaki lampu harus dihubungkanke kabel fase dan kaki lampu yang lain dihubungkan ke kabel netral; jika dipegang, kabelnetral biasanya tidak menimbulkan efek strum yang berbahaya, namun karena adakemungkinan perbedaan tegangan antara acuan nol di kantor PLN dengan acuan nol dilokasi kita, ada kemungkinan si pemegang merasakan kejutan listrik. Dalam kejadian-kejadian badai listrik luar angkasa(space electrical storm) yang besar, ada kemungkinanarus akan mengalir dari acuan tanah yang satu ke acuan tanah lain yang jauh letaknya.Fenomena alami ini bisa memicu kejadianmati lampu  berskala besar.
Ketiga adalahkabel tanah atau Ground. Kabel ini adalah acuan nol di lokasi pemakai, yang biasanya disambungkan ke tanah di rumah pemakai; kabel ini benar-benar berasaldari logam yang ditanam di tanah dekat rumah kita; kabel ini merupakan kabel pengamanan yang biasanya disambungkan ke badan (chassis) alat2 listrik di rumah untuk memastikan bahwa pemakai alat tersebut tidak akan mengalami kejutan listrik. Walaupunsecara teori, acuan nol di rumah (kabel tanah ini) harus sama dengan acuan nol di kantor PLN (kabel netral), kabel tanah seharusnya tidak boleh digunakan untuk membawa aruslistrik (misalnya menyambungkan lampu dari kabel fase ke kabel tanah). Tindakanceroboh seperti ini hanya akan mengundang bahaya karena chassis alat-alat listrik dirumah tersebut mungkin akan memiliki tegangan tinggi dan akan menyebabkan kejutanlistrik bagi pemakai lain. Pastikan teknisi listrik anda memasang kabel tanah di sistemlistrik di rumah. Pemasang ini penting, karena merupakan syarat mutlak bagi keselamatananda dari bahaya kejutan listrik yang bisa berakibat fatal dan juga beberapa alat-alatlistrik yang sensitif tidak akan bekerja dengan baik jika ada induksi listrik yang muncul dichassisnya (misalnya karena efek arus Eddy).
[sunting] Unit-unit listrik SI
Unit-unitelektromagnetisme SI SimbolNama kuantitasUnit turunanUnit dasar
2
·s
−3
·A
−1
R, ZTahanan, Impedansi, ReaktansiohmΩV/A = kg·m
2
·s
−3
·A
−2
ρKetahananohm meter Ω·mkg·m
3
·s
−3
·A
−2
PDaya, Listrik wattWV·A = kg·m
2
·s
−3
CKapasitansifaradFC/V = kg
−1
·m
−2
·A
2
·s
4
reciprocal 
 faradF
−1
V/C = kg·m
2
·A
−2
·s
−4
−1
·m
−3
·A
2
·s
4
 
χ 
e
dimensionless
−1
= kg
−1
·m
−2
·s
3
·A
2
−1
·m
−3
·s
3
·A
2
−1
Φ
m
Flux magnetweber WbV·s = kg·m
2
·s
−2
·A
−1
2
= kg·s
−2
·A
−1
turns
per weber A/Wbkg
−1
·m
−2
·s
2
·A
2
LInduktansihenryH Wb/A = V·s/A =kg·m
2
·s
−2
·A
−2
μPermeabilitashenryper meter H/mkg·m·s
−2
·A
−2
χ 
m
dimensionless
)--Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannyauntuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip optik (cermin dan lensa) digolongkan sebagai alat optik.
Mata
Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalahmata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dankenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan olehcairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan
aqueous humor 
. Intensitas cahaya yang masuk kemata diatur oleh pupil.Bagian-bagian mataCahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebutretina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nabila Saribanun liked this
anez pamungkaz liked this
anez pamungkaz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->