Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa itu hipnotis

Apa itu hipnotis

Ratings: (0)|Views: 3,521|Likes:
Published by Bambang Hermanto

More info:

Published by: Bambang Hermanto on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
Apa itu hipnotisKata "Hipnotis" pertama kali diperkenalkan oleh James Braid, seorangdokter ternama di inggris yang hidup antara tahun 1795 - 1860. Sebelummasa Jame Braid, hipnotis dikenal dengan nama Mesmerism / Magnetism.Hipnotis berasal dari kata "hypnos" yang merupakan nama dewa tidur orang yunani. Namun perlu dipahami bahwa kondisi hipnotis tidaklahsama dengan tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak  bisa mendengar suara-suara disekitarnya. Sedangkan orang dalam kondisihipnotis, meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur), ia masih bisamendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya.hipnotis telah dipelajari secara ilmiah lebih dari 200 tahun. Banyak studiklinis dan eksperimental mencoba menentukan apa yang paling unik darihipnotis dibanding fenomena mental lainnya. Keunikan ini perlu dipahamiuntuk merumuskan sebuah definisi hipnotis yang akurat. Namun sampaisekarang, defisini hipnotis yang diungkapkan setiap tokoh masih berbeda- beda. Semua orang setuju adanya sesuatu yang dinamakan hipnotis, tapi berbeda pendapat mengenai apa itu hipnotis. Beberapa definisi tentanghipnotis yang pernah diungkapnya diantaranya:
hipnotis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapatsecara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang yangdihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerimasugesti dengan tanpa perlawanan.
hipnotis adalah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lainuntuk masuk ke dalam kondisi trance hipnotis.
hipnotis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangatterpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran)meningkat sangat tinggi.
hipnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorangsehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan caramenurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta.
 
hipnotis adalah seni komunikasi untuk meng-eksplorasi alam bawahsadar.
hipnotis adalah kondisi kesadaran yang meningkat.Semua definisi di atas benar, karena menandakan salah satu atau beberapagejala dari kondisi hipnotis. Akan tetapi apa yang diungkapkan diatas belum bisa mencerminkan apa yang paling unik dari hipnotis yang berbedadari kondisi mental lain. Sebab itu, kami memilih menggunakan definisihipnotis yang dibuat oleh U.S. Departement of Education, Human ServicesDivision, dikatakan bahwa; “hipnotis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selectivethinking” atau “hipnotis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti”.
Hipnotis Adalah Fenomena Alami dan Normal
 
Anda mengalami kondisi mirip hipnotis minimal 2 kali sehari, yaitu saatAnda akan tertidur dan bangun tidur tapi masih malas untuk bangun. Padasaat itu, seluruh tubuh Anda beristirahat tapi pikiran anda masih bekerjawalaupun setengah sadar. Contoh lain peristiwa hipnotis yaitu ketika Andamembaca novel atau menonton film yang seru. Anda merasakan tegang,semangat, cemas, sedih, menangis, dan tertawa, padahal Anda tahu bahwayang Anda saksikan hanyalah cerita fiksi belaka.Apakah Anda terhipnotis oleh cerita yang Anda ikuti? Ya benar, Andaterhipnotis. Apakah anda dikendalikan oleh cerita dalam film? - Tentu sajatidak. Dan memang seperti itulah hipnotis. hipnotis hanya bisa Andarasakan apabila Anda mengizinkan diri Anda untuk mengalaminya. Sepertiketika Anda membaca novel atau menonton film, Anda sendiri yangmengizinkan diri Anda untuk terpengaruh oleh film atau terhanyut dalamcerita novel.hipnotis bukanlah cara menguasai pikiran seseorang. Melainkan senimengelola pikiran. Seorang pakar hipnotis tidak punya kekuatansupranatural yang bisa mengendalikan pikiran Anda. Jika Anda tidak bisadipaksa untuk menikmati film, maka Anda juga tidak bisa dipaksa untuk dihipnotis.hipnotis adalah fenomena mental alami. Setiap manusia normal punyakemampuan untuk mengalami hipnotis. Anda dapat menolak hipnotisdengan cara mengabaikan semua yang dikatakan hipnotist. Seperti halnyaanda bisa menolak untuk terharu oleh cerita yang sedih dalam film dengancara memikirkan hal lain ketika menonton film.
Hipnotis Tidak Selalu Relaksasi
Beberapa orang mengira bahwa kondisi hipnotis tidak lain adalah kondisifisik yang sangat relaks. Dengan kata lain, hipnotis hanya bisa dicapaidengan relaksasi fisik. Semakin dalam relaksasi, maka semakin dalamlevel kedalaman hipnotis. Pemahaman ini kurang tepat. memang benar salah satu ciri orang yang berada dalam kondisi hipnosis adalah tubuhnyatampak rileks. Namun, tubuh yang rileks belum tentu menandakan orang

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yaya_Annisa_2368 liked this
andryirawan liked this
Gina Ishak liked this
lastona7483 liked this
boncelnet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->