Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
77Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa)

Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa)

Ratings: (0)|Views: 23,989|Likes:
Published by mutria

More info:

Published by: mutria on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
 
A. Sejarah SingkatBalai Penelitian Tanaman Sayuran atau lebih dikenal dengan sebutan Balitsa,merupakan salah satu lembaga pemerintah dan unit pelaksana teknis BadanPenelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada dibawah serta bertanggung jawab langsung kepada Pusat Penelitian dan PengembanganPertanian Hortikultura. Lembaga tersebut terletak dikaki Gunung TangkubanPerahu, Lembang, Bandung. Dengan ketinggian 1250 diatas permukaan laut(Dpl). Dilihat dari segi geologisnya, jenis tanah dikawasan tersebutmerupakan tanah andosol yang dipengaruhi oleh tipe iklim B dengan suhurata-rata harian berkisar antara 19-24° C serta curah hujan 2.207,5 mm/tahun.Lembaga ini didirikan pada tahun 1939 oleh Pemerintah Belanda dengantujuan untuk mendukung dibidang Pertanian dan Perkebunan. Nama lembagaini adalah Prust Trein sebagai Kebun Percobaan Tanaman Serta PemberantasanHama Penyakit (Institut Voor Plants Richten) yang berpusat di Bogor. Sejak awal, lembaga ini sudah melakukan banyak penelitian untuk meningkatkankualitas dan kwantitas berbagai jenis tanaman. Namanya pada saat itu adalahBalai Penelitian Tehnik Pertanian ( Culture Institute) yang kemudian padatahun 1942-1945 berubah menjadi Culture Technish Institute ( Burten NorgBogor) atau Kebun Percobaan Margahayu yang menjadi Prust TreinMargahayu.Pada sekitar tahun 1945-1950 pemerintah sedang berada dalam keadaanvakum sehingga menyebabkan kevakuman juga terhadap lembaga ini.Kemudian pada tahun 1950-1960 lembaga ini berganti nama kembali menjadiKebun Percobaan Margahayu yang berpusat di pasar Minggu Jakarta Selatandan mulai melakukan kegiatannya kembali. Pada sekitar tahun 1967-1980lembaga ini dijadikan sebagai salah satu cabang Lembaga Penelitian Hortikulturasehingga pada tanggal 20 Maret 1981 namanya kembali berubah menjadi LembagaPenelitian Tanaman Pangan ( BPTP).Pada tanggal 31 Juli 1982 Menteri Pertanian RI yaitu, Prof. Ir. Sudarsono
 
Hadisaputra meresmikan BPTP menjadi Balai Penelitian Hortikultura (BPHL) diLembang Bandung. BPHL pada saat itu terdiri dari satu Sub bagian Tata Usaha,satu Sub bagian Penelitian Hortikultura Segunung dan Kelompok Peneliti ( Kelti)disamping itu juga membawahi langsung Instalasi-instalasi Kebun PercobaanLembang, Cikole, Pangragajian dan Margahayu Kabupaten Bandung dankabupaten Subang, Laboratorium dan Bengkel Peralatan.Berdasarkan keputusan Menteri No. 769 Kep/OT.210/XII/ 90 pada tanggal 13Desember 1994 Balai Penelitian Hortikultura Lembang berubah menjadi BalaiPenelitian Tanaman Sayuran ( Balitsa) yang mengalami perubahan tugas lebihkhususditujukan untuk meneliti Tanaman Sayuran. Dan terakhir pada tahun 2002mendapat perubahan mandat sesuai Keputusan Menteri Pertanian No.74Kep/OT.240/I/2002, tentang organisasi dan Tata Kerja Balitsa yang terdiri dari Sub bagian Tata Usaha, Seleksi Pelayanan Teknis, Seksi Jasa Penelitian, Satu KebunPercobaan Subang.B. Visi dan Misi BalitsaVisi Balitsa dalam mengembangakan eksistensinya dalam agribisnis adalah:1. Membentuk dan membangun lembaga yang responsif, antisipatif dan parsipatif didalam pengembangan rekayasa, ilmu pengetahuan dan teknologi2. Untuk mewujudkan sisi Agribisnis Tanaman Sayuran yang berkelanjutan danterdesentralisasi.Misinya adalah:1. Pengembangan tanaman Sayuran berbasis pengelolaan Sumber Daya Manusia(SDM)2. Membangun sinergi dengan masyarakat dalam pengembangan Agribisnis.C. Struktur Organisasi BalitsaPada tahun 2002 Balitsa mendapatkan mandat kembali tentang Organisasi dan TataKerja Balitsa sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor. 74Kep/OT.240/I/2002. Organisasi dan Tata Kerja Balitsa tersebut terdiri dari: Sub bagian Tata Usaha, Seksi Pelayanan Teknis, Seksi Jasa Penelitian, Satu kebunPercobaan Percobaan Subang.Berdasarkan mandatnya Balitsa memiliki fungsi dalam menyelenggarakan:• Penelitian genetika, pemuliaan, pembenihan dan pemanfaatan plasma nutfahTanaman Sayuran• Penelitian morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopatologi TanamanSayuran.
 
• Penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis Tanaman Sayuran.• Pelayanan tehnik kegiatan penelitian tanaman sayuran.Adapun arah dan stategi program penelitian yang dilakukan Balitsa terhadaptanaman sayuran yaitu:• Menghasilkan teknologi efektif dan dapat diterapkan• Berorientasi agribisnis• Menjawab, mengantisipasi dan menciptakan kebutuhan pengguna• Memanfaatkan sumber daya alam secara optimal• Memanfaatkan peta informasi global• Mengakomodasikan semua potensi internal untuk mengantisipasi persainganglobal• Mengembangkan jaringan kerja sama nasional dan internasional.
 Dari kemegahan puncak Gunung Tangkuban Perahu, terbentang pesona alam yang tidak tertandingi bingkai cakrawala berselimut kabut, di antara tetesanembun pagi. Membawa Anda pada lingkungan alami di Wisata Agro Kebun Percobaan Margahayu Lembang.
Lembang, kota kecamatan di KabupatenBandung, Jawa Barat, merupakan daerah wisata yang menawarkan suasana alamiyang indah dan udara pegunungan yang sejuk. Tidak mengherankan jika kota inisering disinggahi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, dan sebagian besar akan membeli sayuran serta buah-buahan sebagai oleh-oleh.Jarak dari Bandung tidak jauh. Hanya 20 km. Juga dari Jakarta. Sekitar dua jamtiga puluh menit. Melewati jalan tol Cikampek, Subang, terus menuju ke Lembang.Pemadangannya juga asri sepanjang jalan dengan udara yang sejuk.Dengandidukung udara sejuk dan berada pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaanlaut, Lembang merupakan daerah yang berpotensi untuk menghasilkan sayuran.

Activity (77)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arif Muttaqin liked this
Nurdiyah Lestari liked this
Siti Nurmalia liked this
Arya Bagaskara liked this
Andik Kat liked this
lukinanda liked this
Abank Bangkong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->