Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
18Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i Pendahuluan a. Latar Belakang Sumber

Bab i Pendahuluan a. Latar Belakang Sumber

Ratings: (0)|Views: 5,706|Likes:
Published by ardinasari

More info:

Published by: ardinasari on Jan 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/06/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Sumber daya alam dan lingkungan hidup merupakan sumber yang penting bagi kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawa efek negatif bagikelangsungan kehidupan umat manusia. Oleh karena itu pembangunan tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga memperhatikan aspek sosialyang berkaitan dengan kelestarian serta kemampuan dan daya dukung sumber daya alam.Kontrol masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarianfungsi lingkungan hidup merupakan hal yang penting. Kemiskinan akibat krisisekonomi juga perlu mendapat perhatian karena dapat berpotensi mempercepatterjadinya kerusakan sumber daya alam, termasuk kerusakan hutan lindung, pencemaran udara, hilangnya keanekaragaman hayati, kerusakan konservasi alam,dan sebagainya. Meningkatnya intensitas kegiatan penduduk dan industri perludikendalikan untuk mengurangi kadar kerusakan lingkungan di banyak tempatyang antara lain berupa pencemaran industri, pembuangan limbah yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan kesehatan, penggunaan bahan bakar yang tidak aman bagi lingkungan, kegiatan pertanian, penangkapan ikan, dan eksploitasihutan lindung yang mengabaikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.Hal ini mungkin tidak terjadi pada negara – negara maju yang menetapkanstandar pelestarian alam yang cukup tinggi. Namun tidak begitu dengan AmerikaSerikat yang merupakan negara penyumbang emisi gas rumah kaca tertinggi tetapitidak mau ikut berpartisipasi untuk perbaikan alam.Sungguh ironis, Amerika tidak hanya menjadi penyumbang emisi gasrumah kaca terbesar, tapi juga pengeksploitasi terbesar negara – negara duniaketiga dengan ideologi liberalisnya yang membuat seluruh dunia terancamdampak dari pemanasan global.
B.Rumusan Masalah
1
 
1. Apa yang membuat Amerika menjadi salah satu penyebab pemanasan globaldan pengrusakan lingkungan terbesar di dunia?
C. Tujuan
Makalah ini dibuat dengan maksud agar masyarakat dunia khususnya negara – negara dunia berkembang agar dapat meningkatkan kesadarannya dalammengelola sumber daya alam yang kaya untuk keberlangsungan hidup manusia didunia dan juga menjadi investasi untuk masa depan. Karena alam merupakan asetterpenting untuk menyelamatkan seluruh kehidupan di muka bumi.
BAB IIPEMBAHASAN
2
 
Pada pertengahan tahun 2007 lalu negara-negara industri maju menggelar sebuah pertemuan penting yang membahas masalah Perubahan Iklim danfenomena yang disebut "Pemanasan Bumi." Jelas bahwa semua dampak  perubahan iklim dunia dan pemanasan bumi dihasilkan oleh karena sikap serakahmanusia yang konsumtif.Dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut, kita melihat sikap sombong AS yangdiikuti Australia dalam menolak menjalankan peraturan Protokol Kyoto yangmengatur tentang penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.Satu pesan jelas terlihat, ditengah ujian maha besar bagi umat manusia dalammengurangi sifat komsumtifnya yang cenderung merusak alam, AS sebagai salahsatu konsumen energi terbesar dunia dengan kesombongannya, mengambil sebuahtindakan politik yang tidak mempedulikan manusia dan kemanusiaan.Padahal, saat ini dunia dihadapkan pada satu pilihan mutlak, mengurangikonsumtif kita dalam penggunaan energi fosil yang merusak Ozon atau tetapmenggunakan energi fosil dengan konsukuensi pemanasan bumi menjadi ancamanhilangnya peradaban umat manusia.Amerika Serikat dikenal sebagai negara pengguna energi fosil terbesar didunia. Kurang lebih 40% penggunaan energi dunia dimonopoli oleh AmerikaSerikat, dengan demikian terlihat jelas jika pada KTT G8 di Jerman pada Juni2007 lalu, AS dengan tegas menolak meratifikasi Protokol Kyoto.
1
Pada faktanya, beberapa tahun ini sudah memperlihatkan kecenderunganmeningkatnya proses degradasi lingkungan, seperti meningkatnya emisi gasrumah kaca, penggundulan hutan serta hilangnya sejumlah keanekaragamanhayati. Kehilangan sumberdaya alam sebagai bahan mentah akan mempengaruhisecara langsung kelancaran produksi industri pertambangan.Beberapa bentuk kerusakan lingkungan dimotori oleh peningkatan aktivitas perekonomian yang mana industri berbasis PMA (Penanaman Modal Asing)adalah kontributor utamanya. Bahkan diperkirakan bahwa aliran investasi dankebutuhan komoditas sumberdaya alam akan terus berlanjut bahkan meningkatlebih cepat daripada pertumbuhan kas ekonomi dalam negerinya. Oleh karena itu
1 http://www.kabarpapua.com/online/modules.php?name=News&file=article&sid=717, di akses pada tanggal 27 April 2008.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->