Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ikatan Logam, Hidrogen & Vanderwlas

Ikatan Logam, Hidrogen & Vanderwlas

Ratings: (0)|Views: 5,837|Likes:
Published by musrinsalila
ikatan kimia
ikatan kimia

More info:

Published by: musrinsalila on Jan 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

 
IKATAN KIMIAIKATAN LOGAM
Pada ikatan kovalen, elektron-elektron ikatan seolah-olah menjadi milik sepasang atom,sehingga tidak dapat bergerak bebas. Pada logam, elektron-elektron yang menyebabkan terjadinyaikatan di antara atom-atom logam tidak hanya menjadi milik sepasang atom saja, tetapi menjadi milik semua atom logam, sehingga elektron-elektron dapat bergerak bebas. Karena itulah maka logam-logamdapat menghantarkan arus listrik.
IKATAN HIDROGEN
Ikatan ini merupakan gaya tarik menarik antara atom H dengan atom lain yang mempunyaikeelektronegatifan besar pada satu molekul dari senyawa yang sama.
Contoh:
- molekul H
2
O- molekul HF
IKATAN VAN DER WALLS
Gas mempunyal sifat bentuk dan volumenya dapat berubah sesuai tempatnya. Jarak antaramolekul-molekul gas relatif jauh dan gaya tarik menariknya sangat lemah. Pada penurunan suhu, fasagas dapat berubah menjadi fasa cair atau padat. Pada keadaan ini jarak antara molekul-molekulnyamenjadi lebih dekat dan gaya tarik menariknya relatif lebih kuat. Gaya tarik menarik antara molekul-molekul yang berdekatan ini disebut gaya Van der walls.
SIFAT FISIK DAN SIFAT ATOM DARI UNSUR-UNSUR GOLONGAN
Pada halaman ini akan dijelaskan beberapa tren pada sifat fisik dan sifat atom dari unsur-unsur golongan II - berilium, magnesium, kalsium, strontium, dan barium.
Tren dalam Jari-jari Atom
Seperti terlihat di atas, semakin ke bawah jari-jari atom meningkat. Perhatikan bahwa beriliummemiliki bentuk atom terkecil dibanding atom lain di golongan ini.
Penjelasan peningkatan jari-jari atom
Jari-jari atom diatur oleh:-
E Jumlah lapisan elektron di luar nukleus (inti atom).-
E Gaya tarik dari nukleus terhadap elektron luar.Bandingkan berilium dan magnesium:Be 1s
2
2s
2
Mg 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
Untuk atom golongan II, dua elektron di kulit terluar mendapat gaya tarik total 2+ dari inti atom.Muatan positif dari nukleus dihilangkan atau dikurangi oleh muatan negatif dari elektron yagn terletak dikulit dalam.
 
Satu-satunya faktor yang mempengaruhi ukuran atom adalah jumlah kulit atom yang terisielektron. Jelas sekali, semakin banyak kulit atom semakin banyak ruang yang dibutuhkan atom,mengingat elektron saling tolak-menolak. Ini berarti semakin kebawah (nomor atom makin besar)ukuran atom harus semakin besar.
Tren dalam Energi Ionisasi Pertama
Energi ionisasi pertama adalah energi yang diperlukan untuk memindahkan elektron yang paling lemah ikatannya, dari 1 mol atom menjadi ion bermuatan. Dengan kata lain, yang diperlukanuntuk 1 mol proses ini:Perhatikan bahwa semakin kebawah energi ionisasi pertama semakin menurun.
Penjelasan penurunan dalam energi ionisasi pertama
Energi ionisasi diatur oleh:-
E muatan dalam inti atom,-
E jumlah elektron dalam kulit-kulit atom dalam,-
E jarak antara elektron terluar dengan inti atom.Semakin ke bawah dalam golongan, peningkatan muatan inti atom diimbangi oleh peningkatan jumlah elektron dalam. Jadi, seperti telah dijelaskan sebelumnya, atom terluar tetap mendapat gayatarik total 2+ dari inti atom. Tetapi, semakin ke bawah jarak antara inti atom dengan elektron terluar meningkat, sehingga elektron semakin mudah dipindahkan, energi ionisasi yang diperlukan menurun.
Tren dalam Keelektronegatifan
Keelektronegatifan adalah ukuran kecenderungan atom untuk menarik pasangan elektron.Ukuran ini biasanya dibuat dalam skala Pauli, dimana unsur paling elektronegatif, yaitu fluorin, diberiangka 4,0.
 
Semua unsur dalam golongan II ini memiliki sifat keelektronegatifan yang kecil (ingat, unsur  paling elektronegatif, fluorin, memiliki keelektronegatifan 4,0). Perhatikan bahwa semakin kebawahkeelektronegatifan semakin menurun. Atom-atom menjadi kurang mampu menarik pasangan elektron.Anda mungkin tidak setuju dengan tren penurunan keelektronegatifan ini, karena pada tabel di atasterlihat kalsium dan strontium sama-sama memiliki keelektronegatifan 1,0. Ini dapat dijelaskan bahwakeelektronegatifan dicatat sampi 1 desimal saja. Misal kalsium memiliki keelektronegatifan 1,04 danstrontium 0,95 (angka permisalan!), keduan atom itu akan tercatat mempunyai keelekronegatifan 1,0.
Penjelasan penurunan dalam keelektronegatifan
Bayangkan ikatan antara atom magnesium dan atom klorin. Dimulai dengan ikatan kovalen-dengan sepasang elektron koordinasi. Pasangan elektron akan tertarik ke arah klorin yang memilikigaya tarik lebih besar dari inti atom klorin dibanding dari inti atom magnesium.Pasangan elektron berada dekat dengan klorin sehingga terjadi transfer satu elektron kepadaklorin, dan terbentuk ion.Gaya tarik dari inti atom klorin yagn besar adalah sebab mengapa klorin memilikikeelektronegatifan yang lebih besar dari magnesium.Selanjutnya bandingkan dengan ikatan antara berilium dan klorin. Gaya tarik total dari tiapatom sama dengan contoh pertama tadi. Tapi harus diingat, berilium memiliki ukuran atom yang lebihkecil dibanding magnesium. Ini berarti pasangan elektron akan berada lebih dekat dengan muatan total2+ dari berilium, jadi lebih kuat terikat pada berilium.Pada contoh ini, pasangan elektron tidak tertarik cukup dekat pada klorin untuk membentuk ikatan ion. Karena ukurannya yang kecil, berilium membentuk ikatan kovalen, bukan ikatan ion. Gayatarik antara inti berilium dengan pasangan elektron terlalu besar untuk dapat membentuk ikatan ion.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayu Rahayu liked this
Eqie Thea liked this
Pons Qedol liked this
Siti Zuhriyah liked this
Viky Arina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->