Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
164Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Media

Pengertian Media

Ratings: (0)|Views: 19,930 |Likes:
Published by matinalqahtani

More info:

Published by: matinalqahtani on Jan 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

 
Pengertian media
Pengertian media sangatlah luas, demikian juga fungsi dan penerapannya. Jika kita kaitkandan diterpakan dengan pendidikan yang batasannya telah disebutkan diatas, maka media dapatdiartikan sebagai berikut. 
Gagne
(1970)
 
menyebutkan media adalah berbagai jenis komponendalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. 
Briggs
(1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yangdapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Contohnya, buku,film, kaset, dan film bingkai .Dengan memperhatikan pendapat
Gagne
dan
Briggs
tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa media merupakan alat dan bahan fisik yang terdapat di lingkungan siswa untuk menyajikan pesan kegiatan pembelajaran (proses kegiatan belajar-mengajar) sehingga dapat merangsang siswauntuk belajar. Akan tetapi, dalam peristilahan dan lingkungan istilah “media” terdapat beberapa istilahlain yang mengiringinya atau berhubungan yang dapat disimpulkan sebagai unsur-unsur dari media.Seperti yang dijelaskan dalam buku
Media Pendidikan
(2007) sebagai berikut. 
Orang
Istilah yang telah diketahui semua orang. Dalam pendidikan, mencakup guru, orangtua, tenaga ahli, dan sebagainya. 
Bahan (materials)
Istilah ini biasa disebut denagan istilah perangkat lunak atau
 software
yangterkandung pesan-pesan yang perlu disajikan baik dengan alat penyaji atau pun tidak. Seperti buku, modul, film bingkai, audio, dan sebagainya. 
Alat (device)
Istilah ini biasa disebut dengan perangkat keras atau
hardware
yang digunkan untuk menyajikan pesan. Contohnya, proyektor film, film bingkai, video tape, pesawat radio, TV,dan sejenisnya. 
Teknik (technic)
Istilah ini ditunjukan pada prosedur rutin atau acauan yang disiapkan untuk menggunakan alat, bahan, orang, dan lingkungan dalm rangka menyajikan pesan tersebut.Contohnya, teknik demonstrasi, kuliah, ceramah, tanya-jawab, dan sejenisnya. 
Lingkungan (setting)
Istilah ini menunjukan pada tempat yang memungkinkan terjadinya proses belajar-mengajar antara siswa dan guru. Contohnya, gedung sekolah, kelas, perpustakaan,laboratorium, dan sejenisnya .
 
Jadi, dapat dikatakan bahwa unsur-unsur media pendidikan meliputi orang (
unsur orang 
) yangmenggunakan dan menggerakan media dari suatu sumber (
unsur bahan
) yang akan disampaikankepada penerima dengan menggunakan sebuah alat perantara (
unsur alat 
) yang akan menyampaikan pesan tersebut disertai suatu teknik atau strategi-strategi tertentu (
unsur strategi
) di suatu tempattertentu yang selanjutnya disebut dengan
unsur lingkungan
.Oleh karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, media merupakan sarana interaksi anatar seorang pendidik dengan peserta didik, maka seorang guru atau pendidik hendaknya mengetahui seluk- beluk dan manfaat media agar dapat berlangsungnya komunikasi dan interaksi dalam proses kegiatan pembelajaran dengan efektif dan efesien.Menurut
Hamalik 
(dalam Azhar Arsyad, 1996:2) menyatakan bahwa guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media yang meliputi.1. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar.2. Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan3. Seluk-beluk proses belajar 4. Hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan5. Nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran6. Pemilihan dan penggunaan media pendidikan7. Beberapa jenis alat dan teknik media pendidikan8. Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran9. Usaha inovasi dalam media pendidikanwawasan pengetahuan dan konsep-konsep pembelajaran dalam segala macam hal dapat kita peroleh dari media massa. Seiring dengan banyaknya media yang bermunculan mulai dari radio,majalah, televisi, tabloid, tivi kabel,buku, spanduk, billboard, poster dll.Semuanya memberikan sebuah masukkan pengetahuan baru baik itu negative maupun positif. Namun tujuannya tetap sama yaitu sebagai media pembelajaran dan pendidikan yang cukup mudahuntuk diakses. 
 
Unsur-unsur penting dari media adalah :1.Orang2.Bahan/material3.Alat4.Tekni5.LingkunganFungsi berbagai media diluar sekolah bagi para pelajar tentunya sebagai bahan tambahan pengetahuanyang tidak mereka dapat di sekolah. Oleh sebab itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahamanmengenai media yang cukup, meliputi hal-hal di bawah ini:1.Media merupakan alat komunikasi untuk mendapatkan proses belajar yang lebihefektif 2.Fungsi media untuk lebih mencapai tujuan dengan tepat3.Seluk beluk proses pendidikan4.Hubungan antara metode pembelajaran dan pendidikan5.Nilai dan manfaat yang didapat dari pengajaran6.Pemilihan dan penggunaan media yang sesuai7.Inovasi dalam media pendidikanYang harus dilakukan agar media bisa bekerja sesuai dengan fungsinya dan mengarah pada tujuan tepatyang telah ditetapkan, yaitu :1.Proses pemilihan dan penyaringan media yang baik bagi para murid sekolah. Jangansampai mereka menyerap semua pesan dari media yang ada karena tidak semua pesan itu positif bagimereka2.Proses pendekatan dan konsultasi agar murid mau bertanya dan tidak malu untuk meminta penjelasan pada gurunya3.Kerjasama yang baik antara murid dan guru untuk melakukan seleksi mediaterpercaya4.Pembahasan yang tepat terhadap isi pesan dalam media tertentu supaya semua muridtidak salah mengerti apa sebenarnya inti dan makna dibalik pesan tersebut.5.Pengarahan pada orangtua di rumah mengenai pesan yang tertera di media supayaanak yang membacanya akan mengerti bahwa pesan itu sesuai untuknya atau tidak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->