Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
D. Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem Dan Bioma

D. Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem Dan Bioma

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,585 |Likes:
Published by sangmafia

More info:

Published by: sangmafia on Jan 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
D. Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem dan Bioma
Anda sudah paham arti dari populasi dan komunitas, lalu apakah artinyaekosistem dan bioma? Sebelum masuk ke dalam pengertian ekosistem, masihingatkah Anda apa artinya lingkungan biotik dan lingkungan abiotik? Ya betul,lingkungan biotik adalah bagian lingkungan yang berupa makhluk-makhluk hidup(fungi, tumbuhan, hewan, dan monera). Dan lingkungan abiotik adalah bagianlingkungan yang berupa benda tak hidup (contohnya air, tanah, udara, cahaya,pH, suhu dan iklim). Menurut Anda apakah lingkungan biotik saling berpengaruhdengan lingkungan abiotik? Ya betul, memang kedua komponen tersebut salingmempengaruhi. Coba berikan sebuah contoh mengenai pengaruh lingkunganabiotik terhadap lingkungan biotik, dan sebuah contoh pengaruh lingkunganbiotik terhadap lingkungan abiotik. Jika Anda dapat memberikan contoh-contohseperti yang diminta tadi dengan benar, berarti pemikiran Anda sudah masuk kedalam pengertian ekosistem.Memang ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksiantara organisme dengan lingkungan abiotiknya. Definisi yang lebih tepatmengenai Ekosistem adalah tingkatan organisasi kehidupan yang mencakuporganisme dan lingkungan tak hidup, dimana kedua komponen tersebut salingmempengaruhi dan berinteraksi.Pada ekosistem, setiap organisme mempunyai suatu peranan, ada yang berperansebagai produsen, konsumen ataupun dekomposer. Produsen terdiri dariorganisme-organisme berklorofil (autotrof) yang mampu memproduksi zat-zatorganik dari zat-zat anorganik (melalui fotosintesis). Zat-zat organik ini kemudiandimanfaatkan oleh organisme-organisme heterotrof (manusia dan hewan) yangberperan sebagai konsumen.Sebagai konsumen, hewan ada yang memakan produsen secara langsung, tetapiada pula yang mendapat makanan secara tidak langsung dari produsen denganmemakan konsumen lainnya. Karenanya konsumen dibedakan menjadi beberapamacam yaitu konsumen I, konsumen II, dan seterusnya hingga konsumenpuncak. Konsumen II, III, dan seterusnya tidak memakan produsen secaralangsung tetapi tetap tergantung pada produsen, karena sumber makanankonsumen I adalah produsen. Peranan makan dan dimakan di dalam ekosistemakan membentuk rantai makanan bahkan jaring-jaring makanan. Perhatikancontoh sebuah rantai makanan ini: daun berwarna hijau (Produsen) --> ulat(Konsumen I) --> ayam (Konsumen II) --> musang (Konsumen III) --> macan(Konsumen IV/Puncak). Coba Anda buat sebuah rantai makanan seperti contoh,Anda pernah melakukannya sewaktu di SMP bukan?Dalam ekosistem rantai makanan jarang berlangsung dalam urutan linier sepertidi atas, tetapi membentuk jaring-jaring makanan (food web). Perhatikan contoh jaring-jaring makanan pada gambar 11 berikut ini.
 
Gambar 12. Suatu jaring-jaring makanan
Peran dekomposer ditempati oleh organisme yang bersifat saprofit, yaitu bakteripengurai dan jamur saproba. Keberadaan dekomposer sangat penting dalamekosistem. Oleh dekomposer, hewan atau tumbuhan yang mati akan diuraikandan dikembalikan ke tanah menjadi unsur hara (zat anorganik) yang penting bagipertumbuhan tumbuhan. Aktivitas pengurai juga menghasilkan gaskarbondioksida yang penting bagi fotosintesis. Coba Anda pikirkan apakah yangterjadi jika di dunia ini tidak ada bakteri pengurai dan jamur saproba?Pada hakikatnya dalam organisasi kehidupan tingkat ekosistem terjadi proses-proses sirkulasi materi, transformasi, akumulasi energi, dan akumulasi materimelalui organisme. Ekosistem juga merupakan suatu sistem yang terbuka dandinamis. Keluar masuknya energi dan materi bertujuan mempertahankanorganisasinya serta mempertahankan fungsinya. Zat-zat anorganik dalam suatuekosistem tetap konstan atau seimbang, mengapa? Ya, karena unsur-unsur kimiaesensial pembentuk protoplasma beredar dalam biosfer melalui siklusbiogeokimiawi. Contoh siklus biogeokimiawi adalah siklus carbon, siklus oksigen,siklus nitrogen, siklus fosfor, dan siklus sulfur. (Materi ini akan Anda pelajarikhusus pada materi Daur Biogeokimia.) Maka dari itulah keseimbangan dalamekosistem sangat penting untuk selalu terjaga.Namun keseimbangan ekosistem dapat terganggu jika komponen-komponenpenyusunnya rusak atau bahkan hilang. Apakah yang menjadi penyebab
 
rusaknya keseimbangan ekosistem? Ya benar, selain karena bencana alam,ekosistem dapat rusak akibat perbuatan manusia. Coba Anda berikan contohkerusakan ekosistem akibat bencana alam? Ya betul, contoh kerusakan ekosistemakibat bencana alam adalah letusan gunung berapi, dimana lahar panasnya dapatmematikan organisme (hewan dan tumbuhan) dan mikroorganisme yangdilaluinya. Dapatkah Anda berikan contoh lainnya? Coba Anda berikan pulacontoh kerusakan ekosistem akibat perbuatan manusia! Ya benar, penggundulanhutan, serta pencemaran air, tanah dan udara. Dapatkah Anda berikan contohlainnya?Apabila terjadi kerusakan ekosistem, pada dasarnya ekosistem masih dapatmemperbaiki dirinya (self purification) hingga tercapai keseimbangan kembalidalam jangka waktu tertentu; Sebentar atau lama, tergantung dari tingkatkerusakannya. Perkembangan ekosistem menuju kedewasaan dan keseimbanganini dikenal dengan istilah suksesi ekologis. Hal ini akan Anda pelajari lebihmendalam pada modul Ekosistem yang akan datang.Anda telah ketahui bahwa antara faktor abiotik dengan faktor biotik dalamekosistem dapat saling mempengaruhi. Namun ada faktor abiotik yang tidakdapat dipengaruhi oleh faktor biotik. Faktor abiotik ini berada pada lingkup yanglebih luas, bahkan sangat menentukan jenis biotik baik tumbuhan ataupun hewanyang mampu hidup di dalamnya. Faktor abiotik tersebut adalah iklim regionalatau iklim suatu tempat di permukaan bumi, yang dapat menentukan jenisBioma. Tahukah Anda apakah Bioma itu?Istilah Bioma berhubungan dengan kumpulan species (terutama tumbuhan) yangdapat hidup di tempat tertentu di muka bumi, tergantung pada iklim regionalnya.Jadi Bioma adalah kumpulan species (terutama tumbuhan) yang mendiamitempat tertentu di bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan danlangsung terlihat jelas di tempat tersebut. Oleh karena itu biasanya Bioma diberinama berdasarkan tumbuhan yang dominan di daerah tersebut. Di permukaanbumi ini terdapat 7 macam bioma, yaitu: tundra, taiga (targe), gurun (padangpasir), padang rumput, savana, hutan hujan tropis, dan hutan decidous. Marilahkita pelajari bagaimana ciri atau karakteristik dari tiap-tiap jenis bioma tersebut.
(1) Tundra
, terdapat di daerah kutub, tumbuhan dominannya adalah lumutkerak (Lichenes), lumut Sphagnum, rumput dan tumbuhan pendek lainnya yangbiasanya hanya berumur 4 bulan. Hewan yang hidup di bioma ini adalah rusa,serigala dan beruang kutub.(a)(b)
Gambar 13. Bioma tundra: (a). tundra artik (b). tundra alpen

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tyas Messias liked this
Felix Saputra liked this
Dian Wpratiwi liked this
Nawang Sasih liked this
Chie Ecko liked this
Adhe Evans liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->