Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kematian Akibat Trauma Tumpul Pankreas

Kematian Akibat Trauma Tumpul Pankreas

Ratings: (0)|Views: 5,288|Likes:
Published by Taufik Abidin

More info:

Published by: Taufik Abidin on Jan 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
KEMATIAN AKIBAT TRAUMA TUMPULPANKREAS
PENDAHULUAN
1.1 Latar BelakangTrauma yang hanya terjadi pada pankreas biasanya jarang terjadi dan biasanya berhubungan dengan trauma pada organ di sekitarnya. Trauma pankreas terjadisebagai akibat trauma tajam atau trauma tumpul yang mengenai abdomen. Trauma pada pankreas bagaikan sebuah teka-teki, bahkan pada praktek kedokteran moderndengan teknologi dan metode diagnostik yang telah berkembang dengan pesat.Banyak trauma pankreas terutama yang disebabkan oleh trauma tumpul tidak dapatdidiagnosis segera dan kemudian menjadi tantangan bagi para klinisi untuk dapatmemberikan terapi yang tepat akibat keterlambatan dalam penegakan diagnosis.
1,2
Keseluruhan estimasi insiden trauma pankreas yang dilaporkan di CharityHospital New Orlean, USA adalah 1-2 % pada pasien dengan trauma tumpul atautrauma tajam dan dapat setinggi 3-12 % pada pasien dengan trauma pada organintraabdominal lainnya. Trauma pankreas memiliki prevalensi 4:1.000.000 yangmembutuhkan perawatan di umah sakit, dan sepertiga diantaranya disebabkan olehtrauma tumpul yang mengenai pankreas
. 2
Sebagian besar truma tumpul pankreas dihubungkan dengan trauma tumpul pada organ intraabdominal lain dan didiagnosa setelah dilakukan eksplorasilaparatomi karena ketidakstabilan hemodinamik, temuan positif pada kumbah peritoneal, atau berdasarkan gejala klinik atau radiografik indikasi untuk operasi.Mekanisme dari trauma sangat dibutuhkan sebagai panduan untuk penegakandiagnosis.
2
Posisi pankreas relative terproteksi yaitu terletak retroperitonium, di sebelahdalam dan posterior abdomen menyilang terhadap garis pertengahan dan corpusvertebrae. Posisi tersebut mengandung maksud bahwa perlu energi yang cukup tinggi1
 
yang dibutuhkan untuk dapat menimbulkan suatu trauma pada pankreas. Posisitersebut itu pula yang menyebabkan trauma tumpul pada pankreas relative lebih jarang dibandingkan trauma tumpul yang mengenai limpa maupun hepar.
2,3,4
Kematian akibat trauma tumpul pancreas umumnya dapat dicegah. Tetapikadang-kadang karena terlambatnya diagnosa dan penanganan menyebabkan traumatumpul pada pankreas menjadi penyebab kematian. Menurut laporan Furkovich,angka kematian akibat trauma tumpul pankreas sekitar 9-34 %. Hal ini disebabkanoleh beberapa hal seperti keluhan yang kurang spesifik pada awal perjalanan penyakitdan datangnya terlambat, tidak adanya penampakan luka dari luar, dan adanya trumalain yang menutupi keluhan trauma pankreas. Hal inilah yang sering mengecoh paraklinikus untuk menegakkan diagnosis trauma tumpul pankreas.
2,3
Trauma tumpul pankreas saat ini masih menjadi tantangan yang cukup berarti bagi para klinikus. Oleh karena relatif jarangnya trauma, kesulitan dalam penegakandiagnosis, dan terjadinya peningkatan angka mortalitas dan morbiditasnyamenyebabkan penulis untuk memilih judul paper ini dengan tujuan dapat memberikaninformasi tambahan tentang trauma tumpul pankreas sehingga diagnosis dapat segeradibuat dan penanganan dapat segera dilakukan.1.2TujuanMemberikan informasi tentang trauma tumpul pankreas sehingga dapatmembantu dalam menentukan sebab kematian akibat trauma tumpul pada pankreas.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Fisiologi PankreasPankreas adalah organ vital yang memiliki peranan sentral pada fungsi pencernaan dan metabolisme nutrisi. Fungsi utama pankreas meliputi sekresi bikarbonat ke dalam duodenum untuk menetralkan asam yang diekskresikan olehlambung, sekresi enzim- enzim pencernaan ke dalam duodenum untuk memecah2
 
komplek protein, karbohidrat, lemak dan asam nukleat, dan sekresi hormon-hormonsel
 Islet 
ke dalam sirkulasi untuk mengontrol metabolisme nutrien setelah absorpsi.
5
2.2 Anatomi PankreasPada orang dewasa pankreas terletak retroperitonium, di sebelah posterior dinding abdominal dan terletak oblik menyeberangi garis pertengahan dan corpusvertebrae. Caput pankreas diapit oleh duodenum pada sisi kanan dan merupakan bagian terbesar dari. Leher pankreas berukuran pendek dan terletak di atas pembuluhdarah mesenterik Corpus pankreas terletak anterior terhadap spinal lumbar keduasampai keempat, posterior terhadap lambung, dan terletak di sebelah kiri pembuluhdarah arteri dan vena mesenterik superior. Cauda pankreas terletak berdekatan denganhilum limpa, relatif mobile terletak diantara ligamen splenorenal dan pembuluh darahsplenik.
2,3,4
Suplai darah untuk pankreas dapat bervariasi, akan tetapi secara keseluruhan berasal dari cabang-cabang arteri gastroduodenal, arteri mesenterik superior, dan dariarteri splenik. Ketiga pembuluh darah arteri tersebut beranastomosis dan selanjutnyamenyuplai caput pankreas. Corpus dan cauda pankreas secara predominan disuplaioleh cabang-cabang dari arteri splenik. Drainase vena pankreas adalah melalui venasplenik dan secara langsung didrainase ke dalam vena portal.
3,4
Inervasi saraf untuk pankreas berasal dari saraf simpatik dan parasimpatik.Saraf-saraf simpatik berasal dari saraf splanknik yang keluar dari spinal thorak kelimasampai kesembilan. Sementara inervasi parasimpatik adalah melalui saraf vagus.Saraf simpatik dan saraf parasimpatik melintas melalui pleksus celiak, walaupunserat-serat saraf simpatik mungkin melintas melalui ganglion superior mesenterik.
3,4
2.3 Hubungan Anatomi Pankreas dengan Trauma Tumpul PankreasLokasi pankreas yang relatif terproteksi pada cavum abdomen dan terfiksasi pada posisi retroperitonial memberikan perlindungan pankreas terhadap traumalangsung maupun tidak langsung. Tulang-tulang rusuk menyediakan proteksistruktural tulang dan dilindungi oleh otot-otot dorsal paraspinous yang tebal. Sebelahanterior, otot rectus dan otot-otot abdomen yang matur, dikombinasikan pula dengan3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->