Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
170Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mikro Makro Paleontologi Selesai

Mikro Makro Paleontologi Selesai

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,632|Likes:
Published by hoka-hoka

More info:

Published by: hoka-hoka on Jan 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Foraminifera adalah organisme bersel tunggal (protista) yang mempunyaicangkang atau test (istilah untuk cangkang internal). Foraminifera diketemukanmelimpah sebagai fosil, setidaknya dalam kurun waktu 540 juta tahun. Cangkangforaminifera umumnya terdiri dari kamar-kamar yang tersusun sambung-menyambung selama masa pertumbuhannya. Bahkan ada yang berbentuk palingsederhana, yaitu berupa tabung yang terbuka atau berbentuk bola dengan satulubang. Cangkang foraminifera tersusun dari bahan organik, butiran pasir atau partikel-partikel lain yang terekat menyatu oleh semen, atau kristal CaCO3 (kalsitatau aragonit) tergantung dari spesiesnya. Foraminifera yang telah dewasamempunyai ukuran berkisar dari 100 mikrometer sampai 20 sentimeter.Penelitian tentang fosil foraminifera mempunyai beberapa penerapan yangterus berkembang sejalan dengan perkembangan mikropaleontologi dan geologi.Fosil foraminifera bermanfaat dalam biostratigrafi, paleoekologi, paleobiogeografi, dan eksplorasi minyak dan gas bumi.a. BiostratigrafiForaminifera memberikan data umur relatif batuan sedimen laut. Ada beberapa alasan bahwa fosil foraminifera adalah mikrofosil yang sangat berhargakhususnya untuk menentukan umur relatif lapisan-lapisan batuan sedimen laut.Data penelitian menunjukkan foraminifera ada di bumi sejak jaman Kambrium,lebih dari 500 juta tahun yang lalu.Foraminifera mengalami perkembangan secara terus-menerus, dengandemikian spesies yang berbeda diketemukan pada waktu (umur) yang berbeda- beda. Foraminifera mempunyai populasi yang melimpah dan penyebaranhorizontal yang luas, sehingga diketemukan di semua lingkungan laut. Alasanterakhir, karena ukuran fosil foraminifera yang kecil dan pengumpulan atau caramendapatkannya relatif mudah meskipun dari sumur minyak yang dalam.
1
 
 b. Paleoekologi dan PaleobiogeografiForaminifera memberikan data tentang lingkungan masa lampau (skalaGeologi). Karena spesies foraminifera yang berbeda diketemukan di lingkunganyang berbeda pula, seorang ahli paleontologi dapat menggunakan fosilforaminifera untuk menentukan lingkungan masa lampau tempat foraminiferatersebut hidup. Data foraminifera telah dimanfaatkan untuk memetakan posisidaerah tropik di masa lampau, menentukan letak garis pantai masa lampau, dan perubahan perubahan suhu global yang terjadi selama jaman es.Sebuah perconto kumpulan fosil foraminifera mengandung banyak spesiesyang masih hidup sampai sekarang, maka pola penyebaran modern dari spesies-spesies tersebut dapat digunakan untuk menduga lingkungan masa lampau - ditempat kumpulan fosil foraminifera diperoleh - ketika fosil foraminifera tersebutmasih hidup. Jika sebuah perconto mengandung kumpulan fosil foraminifera yangsemuanya atau sebagian besar sudah punah, masih ada beberapa petunjuk yangdapat digunakan untuk menduga lingkungan masa lampau. Petunjuk tersebutadalah keragaman spesies, jumlah relatif dari spesies plangtonik dan bentonik (prosentase foraminifera plangtonik dari total kumpulan foraminifera plangtonik dan bentonik), rasio dari tipe-tipe cangkang (rasio Rotaliidae, Miliolidae, danTextulariidae), dan aspek kimia material penyusun cangkang.Aspek kimia cangkang fosil foraminifera sangat bermanfaat karenamencerminkan sifat kimia perairan tempat foraminifera ketika tumbuh. Sebagaicontoh, perban-dingan isotop oksigen stabil tergantung dari suhu air. Sebab air  bersuhu lebih tinggi cenderung untuk menguapkan lebih banyak isotop yang lebihringan. Pengukuran isotop oksigen stabil pada cangkang foraminifera plangtonik dan bentonik yang berasal dari ratusan batuan teras inti dasar laut di seluruh duniatelah dimanfaatkan untuk meme-takan permukaan dan suhu dasar perairan masalampau. Data tersebut sebagai dasar pemahaman bagaimana iklim dan arus lauttelah berubah di masa lampau dan untuk memperkirakan perubahan-perubahan dimasa yang akan datang (keakurasiannya belum teruji).c. Eksplorasi Minyak 
2
 
Foraminifera dimanfaatkan untuk menemukan minyak bumi. Banyak spesies foraminifera dalam skala biostratigrafi mempunyai kisaran hidup yang pendek. Dan banyak pula spesies foraminifera yang diketemukan hanya padalingkungan yang spesifik atau ter-tentu. Oleh karena itu, seorang ahli paleontologidapat meneliti sekeping kecil perconto batuan yang diperoleh selama pengeboronsumur minyak dan selanjutnya menentukan umur geologi dan lingkungan saat batuan tersebut terben-uk.Sejak 1920-an industri perminyakan memanfaatkan jasa penelitianmikropaleontologi dari seorang ahli mikrofosil. Kontrol stratigrafi denganmenggunakan fosil foraminifera memberikan sumbangan yang berharga dalammengarahkan suatu pengeboran ke arah samping pada horison yang mengandungminyak bumi guna meningkatkan produktifikas minyak.Selain ketiga hal tersebut dia atas foraminifera juga memiliki kegunaandalam analisa struktur yang terjadi pada lapisan batuan. Sehingga sangatlah penting untuk mempelajari foraminifera secara lengkap.
1.2.Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari dilaksanaknnya praktikum ini adalah untuk melatih mahasiswa agar lebih familiar dan mendalami materi yang telahdisampaikan dalam perkuliahan. Selain itu dari dilaksanakannya praktikum inimahasiswa akan terlatih dalam menganalisa fosil dan juga untuk melatihmahasiswa dalam bekerjasama dengan anggota kelompoknya.
1.3.Waktu dan Tempat
Pelaksanaan praktikum makro-mikropalenteologi ini dimulai pada tanggal20 Oktober 2009 sampai tanggal 14 Januari 2010 di Laboratorium Makro MikroPalenteologi Fakultas Teknik Universitas Kutai Kartanegara.
BAB IIDASAR TEORI2.1. Pengantar
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->