Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
126Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kista Ovarium

Kista Ovarium

Ratings: (0)|Views: 6,975 |Likes:
Published by Rizal Kudiarto
Kista ovarium merupakan suatu pengumpulan cairan yang terjadi pada indung telur (ovarium). Cairan ini dapat terkumpul dan dibungkus oleh semacam kapsul yang terbentuk dari lapisan terluar ovarium.
Kista ovarium merupakan suatu pengumpulan cairan yang terjadi pada indung telur (ovarium). Cairan ini dapat terkumpul dan dibungkus oleh semacam kapsul yang terbentuk dari lapisan terluar ovarium.

More info:

Published by: Rizal Kudiarto on Jan 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

 
www.laparoskopiginekologi.com
Kista Ovarium
Kista ovarium merupakan suatu pengumpulan cairan yang terjadi pada indung telur(
ovarium
). Cairan ini dapat terkumpul dan dibungkus oleh semacam kapsul yang terbentuk dari lapisan terluar ovarium.
Penyebab
 Kista ovarium terbentuk oleh bermacam sebab. Secara normal, satu sel telur akan dihasilkansetiap bulannya. Sel telur ini berada dalam suatu kantong yang disebut dengan folikel dansekitar hari ke 14 setelah mens, sel telur akan dilepskan dari indung telur yang dinamakanovulasi. Pada keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat melepaskansel telur. Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkanbendungan carian yang nantinya akan menjadi kista.Kista ovarium cukup sering dialami wanita disaat usia reproduksinya. Kista bisa bervariasiukurannya serta terdapat berbagai macam jenis kista ovarium. Ada yang berisi cairan jernihyang biasanya disebut kista fungsional, kista luteum, kistadenoma, berisi darah seperti kistamerah (
rubrum
), kista berisi gigi, rambut dan cairan lemak yang disebut kista dermoid, berisi jaringan ikat yang padat seperti fibroma. Kebanyakan kista jinak, sementara sebagian kecillainnya bisa berupa kista yang ganas, sehingga semua bentuk kista harus diperiksakan kedokter.
Gejala
Sebagian besar wanita tidak menyadari bila dirinya menderita kista. Gejala yang dapatditumbulkan biasanya adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggul. Rasa nyeri initimbul akibat dari pecahnya dinding kista, pembesaran kista sehingga terjadi penekanan organdisekitarnya, perdarahan yang terjadi di dalam kista dan tangkai kista yang terpeluntir. Padakasus kista ovarium yang ganas, nyeri dapat terjadi jika sudah terdapat penyebaran anak selganas di sekitar rongga perut.
Diagnosa
 Pemeriksaan USG masih menjadi pilihan utama untuk mendeteksi adanya kista. MRI jugadapat dilakukan untuk melihat beberapa kista tertentu seperti kista endometriosis. Adabeberapa kriteria pemeriksaan untuk memprediksi apakah kista tersebut ganas/jinak. Akantetapi ketepatan pemeriksaan hanya dapat dilakukan oleh pemeriksaan patologi anatomisetelah kista tersebut telah diangkat.
Komplikasi
 Mekanisme terjadinya kanker indung telur masih belum jelas. Wanita yang berusia diatas 40tahun dan wanita dengan riwayat keluarga inti menderita kanker payudara dianjurkanmelakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya kanker ovarium dan kankerpayudara.

Activity (126)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
pipimseptiana liked this
fatkhul_imron liked this
Cut Eva Riyanti liked this
James Do Ola liked this
Hatake Rizza liked this
Diyanti Rozha liked this
Sarita Amelia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->