Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Etika Profesi Etika Profesi Bagi Programmer

Tugas Etika Profesi Etika Profesi Bagi Programmer

Ratings: (0)|Views: 1,750 |Likes:
Published by dphir

More info:

Published by: dphir on Jan 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2013

pdf

text

original

 
 TUGAS BESAR ETIKA PROFESI
Etika Profesi di Bidang TeknologiInformasi
 
2009
Tugas Etika ProfesiEtika Profesi Bagi Programmer2
 
Tugas Etika ProfesiEtika Profesi Bagi Programmer
Latar Belakang
Saat ini teknologi informasi berkembang sangat pesat, hampir semuaaktivitas yang dilakukan saat ini memanfaatkan teknologi. Misalnya aktivitaskomunikasi, bisnis, pendidikan dan sebagainya. Sehingga bukanlah suatu halyang berlebihan jika dikatakan bahwa teknologi informasi merupakan alatsosial, karena kenyataannya bahwa teknologi informasi dipergunakan secaraintensif pada berbagai komunitas masyarakat seperti institusi, organisasi,perusahaan, dan lain sebagainya seperti yang telah dijelaskan diatas. Sepertihalnya pada alat-alat sosial yang lain, pemanfaatan teknologi informasidapat secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadaptatanan kehidupan masyarakat yang menggunakannya. Selain dibutuhkanmoral yang baik, serta tanggung jawab yang besar serta sesuai denganhukum yang berlaku, etika juga memiliki peranan yang amat penting.Asal-usul etika berasal dari bahasa yunani yaitu
“ethos”
yang memiliki artiadat istiadat/kebiasaan/karakter yang baik. Sehingga dapat disimpulkanbahwa etika merupakan satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yangmengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Sedangkan menurutkamus besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik danyang buruk, tentang hak dan kewajiban moral. Kumpulan asas/nilai yangberkenaan dengan akhlak dan nilai mengenai yang benar dan yang salahyang dianut masyarakat. Semua individu bertanggung jawab kepadamasyarakat atas prilaku mereka. Masyarakat dapat berupa suatu kota,negara atau profesi. Tindakan kita juga diarahkan oleh etika. Tidak sepertimoral, etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain.Karakteristik etika yang lebih spesifik dalam dunia komputer diperkenalkanoleh seorang profesor dari Darmouth pada tahun 1985. James H. Moormendefinisikan etika komputer sebagai analisis mengenai sifat dan dampaksocial teknologi kompter, serta formulasi dan justrifikasi kebijakan dalammenggunakan teknologi tersebut secara etis. Menjadi seorang Programmeratau Jasa Pemrograman sistem harus ditunjang pengalaman yang cukup.Bukan hanya harus mengerti secara detail tentang bagaimana mendevelopsuatu sistem, tetapi juga harus bisa menjiwai sistem tersebut.
Sejarah Etika Komputer
Era 1940-1950
Diawali denganpenelitian Norbert wiener (Profesor dari MIT) tentangkomputasi pada meriam yang mampu menembak jatuh pesawat yangmelintas diatasnya (PD II). Ramalannya tentang komputasi modernyang pada dasarnya sama dengan sistem jaringan syaraf yang bisamelahirkan kebaikan sekaligus malapetaka.
Era 1960
Ungkapan Don-parker: that when people entered the computercenter, they left their ethics at the door”. Dalam contoh kasuspemrosesan data spesialis komputer bisa mengetahui data apa sajasecara cepat.
3
Oleh :
 Jurusan Sistem InformasiFakultas Teknologi InformasiInstitut Teknologi Sepuluh Nopember

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
yamin chem liked this
Didiet Ugm liked this
Yusuf Kurniawan liked this
niko ankabut liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->