Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
46Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kkn. Laporan Kuliah Kerja Nyata

Kkn. Laporan Kuliah Kerja Nyata

Ratings: (0)|Views: 3,861|Likes:
Published by bupatic

More info:

Published by: bupatic on Jan 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN KULIAH KERJA NYATA (KKN-UPI 2008)PROGRAM LINGKUNGAN HIDUPKampung Cibolang RW 09 Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat
BAB IPENDAHULUAN
A. Analisis Situasi
 Kampung Cibolang dikelilingi oleh pegunungan dan bukit. Lingkungan kampung masihhijau dan asri dengan jalan yang masih berbatu. Tidak ada sawah di kampung ini, yanghterlihat hanyalah kebun, terutama yang mendominasi adalah kebun labu dan kebun bunga. Selain itu banyak dibudidayakan tanaman lainnya seperti tomat, buncis, jamur dankomoditas sayuran lain. Banyaknya kebun di desa ini lebih disebabkan suhu dingin danudara sejuk yang sangat mendukung untuk bertanam sayuran.Lingkungan kampung masih terasa asri, tetapi jumlah pohon relatif sedikit dibandingkanwilayah desa yang luas. Hal tersebut menjadikan jalan-jalan di kampung terasa sedikitgersang. Di kampung ini juga banyak ditemukan kandang sapi yang terletak di sekitar rumah warga karena sebagian besar masyarakat berternak sapi, disamping ada yang berternak hewan lain.Air di kampung ini sangat melimpah. Mayoritas air yang dipakai masyarakat berasal darimata air Gunung Burangrang yang sangat jernih. Akan tetapi ada pemandangan yangcukup mencolok saat melalui jalan utama yaitu terdapatnya bak-bak penampungan air yang terlihat kotor dengan selang-selang air yang berlumut. Hal ini berpengaruh pada air yang didistribusikan yaitu air terlihat keruh.Generasi muda cukup banyak, namun hanya sebagian kecil yang melanjutkan pendidikanke jenjang yang lebih tinggi dari sekolah dasar. Hal ini dikarenakan masyarakat kurangfaham akan pentingnya pendidikan, sehingga mayoritas kaum muda lebih memilihmencari uang daripada sekolah.Kebersihan lingkungan di RW 09 dirasa kurang. Rutinitas penduduk pergi ke kebun pada pagi hari dan baru pulang sore hari menjadi salah satu faktor penyebab terabaikannyakebersihan lingkungan. Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah pendidikan penduduk yang relatif rendah sehingga kurangnya pengetahuan dalam menjaga lingkungan.Banyaknya peternakan sapi di desa yang ditunjang dengan pengetahuan yang relatif minim tentang lingkungan diduga berpengaruh pada kondisi perairan. Hal ini terlihatdengan ditemukannya kotoran sapi di beberapa sungai. Kurangngnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga terlihat dari tempat-tempat penampungan air sementara yang terdapat di setiap RW. Tempat penampungan terlihat kumuh dengan bak  penampung yang terbuka, kotor dan selang yang berlumut.
 
B. Permasalahan
 Kesadaran warga khususnya warga RW 09 akan pentingnya menjaga kelestarian dankebersihan lingkungan terlihat masih kurang. Hal ini disebabkan karena kesibukanmereka dalam menjalankan rutinitas pekerjaan yang banyak menyita waktu. Rata-rataaktivitas keseharian mereka adalah berangkat ke kebun pada pagi hari dan pulang padasore hari. Hal ini mengakibatkan waktu yang tersisa untuk mengurusi urusan lain diluar  pekerjaan sangat sedikit, termasuk mengurusi lingkungan sekitar. Sehingga lingkunganterlihat kurang terawat karena rendahnya kepedulian penduduk terhadap kebersihanlingkungan.Dari uraian di atas, mahasiswa KKN UPI program Pengelolaan Lingkungan Hidup diRW 09 desa Kertawangi memfokuskan kegiatan pada masalah kebersihan lingkungan,yaitu:1.Pengujian kualitas sampel air yang digunakan oleh warga masyarakat RW 09 desaKertawangi.2.Pemanfaatan kotoran sapi sebagai pupuk kandang.3.Penanaman kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar pada anak usia dini.
C. Tujuan
 Adapun tujuan umum kegiatan KKN UPI program Pengelolaan Lingkungan Hidup,yaitu :1.Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar.2.Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan, menjaga, danmemelihara lingkungan hidup, khususnya lingkungan sekitar.3.Merintis pembentukan lembaga/institusi peduli lingkungan hidup.4.Merintis program pembinaan lingkungan hidup.Sedangkan tujuan khusus kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) program PengelolaanLingkungan Hidup di RW 09 desa Kertawangi. yaitu:1.Mengetahui kualitas air yang digunakan masyarakat RW 09 desa Kertawangi.2.Memberikan penyuluhan dan praktek pembuatan pupuk kandang yang berasaldari kotoran sapi.3.Menanamkan pentingnya menjaga kebersihan di kalangan masyarakat. khususnyamenanamkan cinta kebersihan pada anak usia dini (SD).
D. Target
 
 
Adapun yang menjadi target dari program KKN UPI yaitu masyarakat RW 09 desaKertawangi dan anak- anak SDN Kertasari.
E. Lokasi KKN
 Adapun lokasi KKN yaitu di kampung Cibolang RW 09 dusun III desa Kertawangikecematan cisarua kabupaten bandung barat - jawa barat.
F. Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan
 Mahasiswa yang mengikuti KKN program Pengelolaan Lingkungan Hidup di desaKertawangi yaitu :1.Annastia Fidia Rani – 054953 – Pendidikan Luar Biasa / FIP.2.Harman Yusiwa – 055539 – MRL / FPIPS.3.Mia Mardiah – 056151 – Pendidikan Biologi /FPMIPA.4.Neni Sriwahyuni – 056188 – Pendidikan Bahasa Arab / FPBS.5.Risyani Nur Apriani – 054799 – Pendidikan Ekonomi / FPIPS.6.Salih Ramdan – 054185 – PJKR / FPOK.7.Santi Luthfiah Mufti – 054632 – Pendidikan Bahasa Jepang / FPBS.8.Siti Solihah – 055446 – Pendidikan Kimia / FPMIPA.9.Uka Fahrurosid – 054370 – Pendidikan Teknik Mesin / FPTK.Dosen Pembimbing lapangan:Siti Aisyah S.Pd , M.Si – NIP 132 296 927
BAB IIPERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN HASILPROGRAM
A. Perencanaan Program
 1.
Sosialisasi Program KKN
Sebelum dilaksanakan kegiatan-kegiatan inti, diadakan sosialisasi terlebih dahuludengan aparat pemerintah desa, ketua RW, dan tokoh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan maksud kedatangan mahasiswa KKN UPI ke desatersebut. Sosialisasi dimulai pada hari Rabu tanggal 16 Juli 2008 denganmendatangi balai desa Kertawangi untuk menginformasikan bahwa desa tersebutadalah salah satu desa yang dijadikan tempat KKN dari Universitas PendidikanIndonesia. Salah satu kelompok yang ditempatkan di desa tersebut adalahkelompok KKN yang membawa program ”Pengelolaan Lingkungan Hidup”.

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sapta Alviana liked this
Tri Qur'zdiah liked this
Gede Murta liked this
Fitri Windarti liked this
Icha Mus liked this
Lia Ya Lia liked this
bil-bil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->