Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
293Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kista ovarium

kista ovarium

Ratings: (0)|Views: 14,676 |Likes:
Published by syafa'syifanni

More info:

Published by: syafa'syifanni on Jan 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Ovarium merupakan sepasang organ pada sistem reproduktif wanita.Berlokasi di pelvis, di samping uterus, yang mana adalah cekungan, berbentuk seperti buah peer pada bayi yang sedang tumbuh. Masing-masing ovariumukuran dan bentuknya seperti buah kenari. Ovarium menghasilkan sel telur dan hormon wanita. Hormon merupakan bahan kimia yang mengontrol jalannya fungsi dari sel dan organ tertentu.Setiap bulan, selama siklusmenstruasi, sebuah sel telur dikeluarkan dari satu ovarium dalam proses yangdisebut ovulasi. Perjalanan sel telur dari ovarium melalui tuba falopii menujuke uterus. Ovarium juga merupakan sumber utama dari hormon wanita yaituestrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini mempengaruhi perkembangandari payudara wanita, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Hormon-hormon ini juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan.William Helm, C. 2005. Dkk mengatakan : prognosis dari kista jinak sangat baik. Kista jinak tersebut dapat tumbuh di jaringan sisa ovarium atau diovarium kontralateral. Kematian disebabkan karena karsinoma ovari ganas berhubungan dengan stadium saat terdiagnosis pertama kali dan pasien dengankeganasan ini sering ditemukan sudah dalam stadium akhir.Angka harapan hidup dalam 5 tahun rata-rata 41.6%, bervariasi antara 86.9%untuk stadium FIGO Ia dan 11.1% untuk stadium IV. Tumor sel granulomamemiliki angka bertahan hidup 82% sedangakan karsinoma sel skuamosayang berasal dari kista dermoid berkaitan dengan prognosis yang buruk.Sebagian besar tumor sel germinal yang terdiagnosis pada stadium awalmemiliki prognosis yang sangat baik. Disgerminoma dengan stadium lanjut berkaitan dengan prognosis yang lebih baik dibandingkan germinal sel tumor nondisgerminoma. Tumor yang lebih tidak agresif dengan potensi keganasanyang rendah mempunyai sifat yang lebih jinak tetapi tetap berhubungandengan angka kematian yang tinggi. Secara keseluruhan angka bertahan hidupselama 5 tahun adalah 86.2%.Prinsip bahwa tumor ovarium neoplastik memerlukan operasi dantumor nonneoplastik tidak, jika menghadapi tumor ovarium yang tidak 
 
1
 
2memberikan gejala/keluhan pada penderita dan yang besarnya tidak melebihi5 cm diameternya, kemungkinan besar tumor tersebut adalah kista folikel ataukista korpus luteum. Tidak jarang tumor tersebut mengalami pengecilan secaraspontan dan menghilang, sehingga perlu diambil sikap untuk menungguselama 2-3 bulan, jika selama waktu observasi dilihat peningkatan dalam pertumbuhan tumor tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwakemungkinan tumor besar itu bersifat neoplastik dan dapat dipertimbangkanuntuk pengobatan operatif. Tindakan operasi pada tumor ovarium neoplastik yang tidak ganas ialah pengangkatan tumor dengan mengadakan reseksi pada bagian ovarium yang mengandung tumor, akan tetapi jika tumornya besar atauada komplikasi perlu dilakukan pengangkatan ovarium, biasanya disertaidengan pengangkatan tuba (salphyngoooforektomi). Jika terdapat keganasanoperasi yang lebih tepat ialah histerektomi dan salphyngoooforektomi bilateral. Akan tetapi pada wanita muda yang masih ingin mendapat keturunandan dengan tingkat keganasan tumor yang rendah, dapatdipertanggungjawabkan untuk mengambil resiko dengan melakukan operasisecara tidak menyeluruh yaitu pengangkatan salah satu organ seperti ovari,tuba fallopi, dan uterus.Kanker ovarium merupakan penyebab kematian terbanyak dari semuakanker ginekologi. Angka kematian yang tinggi karena penyakit ini padaawalnya bersifat tanpa gejala dan tanpa menimbulkan keluhan apabila sudahterjadi metastasis, sehingga 60-70% pasien datang pada stadium lnjut, penyakit ini disebut juga sebagai silent killer. Angka kejadian penyakit ini diIndonesia belum diketahui dengan pasti. Faktor yang dapat menyebabkankanker diantaranya adalah makan makanan tinggi lemak dan kurang serat, zat-zat tambahan sintetik pada makanan, kurang olah raga, merokok, polusi,virus,sering stress, dan faktor genetik juga berpengaruh. Jadi, harus lebihselektif memilih makanan yang sehat, lebih teratur berolahraga, janganmerokok, dan hindari hidup diantara para perokok. Sampai sekarang belumada cara deteksi dini yang sederhana untuk memeriksa adanya keganasanovarium itu.sekarang yang bisa dipakai masih menggunakan USG, tetapi ituagak sulit kalau diterapkan secara massal karena biayanya cukup mahal.
 
3
1.2 Rumusan Masalah
 Bagaimana Asuhan Keperawatan pada pasien dengan kasus kista ovari?
1.3
 
Tujuan PenulisanTujuan Umum
Mahasiswa Keperawatan diharapkan mampu untuk mengerti dan menjelaskankista ovarium dan Asuhan Keperawatan pada pasien dengan kasus kista ovari.
Tujuan Khusus
Pada akhir pembuatan makalah ini diharapkan mahasiswa dapat1.
 
Mengerti dan mengetahui definisi dari kista ovari.2.
 
Mengerti dan memahami etiologi kista ovari.3.
 
Mahasiswa dapat mengetahui penyebab, gejala klinis, serta penatalaksanaan, serta masalah dari kista ovari.4.
 
Mahasiswa dapat mengetahui gejala klinis kista ovari.5.
 
Mahasiswa dapat mengetahui penatalaksanaan dari kista ovari.
 
6.
 
Menjelaskan Web of Caution dari kista ovari.7.
 
Mengetahui dan menerapkan asuhan keperawatan kepada pasien dengankista ovari.
1.4
 
Manfaat Penulisan
 1.
 
Pembaca dapat memahami definisi, etiologi, patofisiologi, serta penatalaksanaan pada pasien dengan kista ovari.2.
 
Pembaca khususnya mahasiswa ilmu keperawatan memahami asuhankeperawatan yang tepat terhadap pasien dengan kista ovari.3.
 
Perawat dapat menerapkan asuhan keperawatan yang tepat terhadap pasiendengan kasus kista ovari.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->