Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
95Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Pengumpulan Data

Teknik Pengumpulan Data

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 7,177 |Likes:
Published by Hendryadi
teknik observasi, wawancara, angket
teknik observasi, wawancara, angket

More info:

Published by: Hendryadi on Jan 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Dalam penelitian, teknik pengumpulan data merupakan faktor pentingdemi keberhasilan penelitian. Hal ini berkaitan dengan bagaimana caramengumpulkan data, siapa sumbernya, dan apa alat yang digunakan. Jenis sumber data adalah mengenai dari mana data diperoleh. Apakahdata diperoleh dari sumber langsung (data primer) atau data diperoleh darisumber tidak langsung (data sekunder).Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yangdilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara sehinggadapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara,pengamatan, tes, dkoumentasi dan sebagainya.Sedangkan Instrumen Pengumpul Data merupakan alat yangdigunakan untuk mengumpulkan data. Karena berupa alat, maka instrumendapat berupa lembar cek list, kuesioner (angket terbuka / tertutup), pedomanwawancara, camera photo dan lainnya.Adapun tiga teknik pengumpulan data yang biasa digunakan adalah angket,observasi dan wawancara.A. AngketAngket / kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukandengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepadaorang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya.Meskipun terlihat mudah, teknik pengumpulan data melalui angket cukupsulit dilakukan jika respondennya cukup besar dan tersebar di berbagaiwilayah.Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan angket menurutUma Sekaran (dalam Sugiyono, 2007:163) terkait dengan prinsip penulisanangket, prinsip pengukuran dan penampilan fisik.1.Prinsip Penulisan angket menyangkut beberapa faktor antara lain :
Isi dan tujuan pertanyaan artinya jika isi pertanyaan ditujukanuntuk mengukur maka harus ada skala yang jelas dalam pilihan jawaban.
Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuanresponden. Tidak mungkin menggunakan bahasa yang penuhistilah-istilah bahasa Inggris pada responden yang tidakmengerti bahasa Inggris, dsb.
 Tipe dan bentuk pertanyaan apakah terbuka atau terturup. Jikaterbuka artinya jawaban yang diberikan adalah bebas,sedangkan jika pernyataan tertutup maka responden hanyadiminta untuk memilih jawaban yang disediakan.Contoh : Terbuka : Berapa Kali Anda Ke Kampus ? ..................... Tertutup : berapa kali anda ke kemapus ? (a). 1 – 2 (b). 3 – 5 dst
 
Pertanyaan tidak mendua artinya pertanyaan tidak mengandungdua arti yang akan menyulitkan responden.Contohnya : bagaimana pendapat anda tentang kondisi kelasdan kemampuan guru menjelaskan pelajaran di kelas ? Jika pertanyan mendua seperti ini sebaiknya dipecah menjadidua pertanyaan.
 Tidak menanyakan yang sudah lupa atau tidak menggunakanpertanyaan yang menyebabkan responden berpikir kerasContohnya :Pertanyaan keadaan perusahaan 10 tahun lalu ?. Umumnyapertanyaan seperti ini akan menyebabkan responden berpikirkeras untuk mengingat-ingat kondisi yang terjadi di masa lalu.
Pertanyaan tidak menggiring responden. Contohnya :Apakah anda setuju jika kesejahteraan karyawanditingkatkan ?..jawabannya pasti .....Ya IyaalaaahAtau pertanyan seperti ”Perlukah diambil tindakan tegas padaaparat hukum yang melakukan korupsi ??”....he.he.he...
Pertanyaan tidak boleh tertalu panjang atau terlalu banyak. Kaloterlalu panjang atau tertalu banyak akan menyebabkanresponden merasa jenuh untuk mengisinya.
Urutan pertanyaan dimulai dari yang umum sampai ke spesifik,atau dari yang mudah menuju ke yang sulit, atau di acak.
2.
Prinsip Pengukuran memuat seperangkat ujicoba instrumen. Artinya,sebelum menyebarkan angket, perlu dilakukan beberapa percobaansehingga selain diketahui validitas dan reliabilitasnya, juga akandiperoleh estimasi waktu pengerjaan, tingkat kesulitan dan berbagaihal lainnya.
3.
Penampilan Fisik merupakan salah satu daya tarik dan keseriusanresponden dalam mengisi angket. Namun tentu saja, angket yangbagus, terkesan resmi tentunya memerlukan biaya yang lebih besardibanding angket yang di cetak di atas kertas seadanya.
B. Observasi
Obrservasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidakhanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun jugadapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi,kondisi). Teknik ini digunakan bila penelitian ditujukan untuk mempelajariperilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan dilakukan padaresponden yang tidak terlalu besar.1.Participant Observation

Activity (95)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Geiser Malyo liked this
Faiz Twin liked this
syifaz_3 liked this
Tata Mahyuvi liked this
Bebi Maia liked this
NoorAzreen Ayien liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->