Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar (Etika) a.

Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar (Etika) a.

Ratings: (0)|Views: 1,733 |Likes:
Published by jvaf

More info:

Published by: jvaf on Jan 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2012

pdf

text

original

 
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR (ETIKA)A. PENDAHULUAN
Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakantentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang d hadapimanusia dalam kehidupan sehari-hari. jai secara singkat dapatlah di katakan bahwasetelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan :1. Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi disekitarnya.2. Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya.3. Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka.4. keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang rasanya sudah dapatditerimanya.Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat indonesia berkaitandengan permasalahan sebagai berikut :1. kenyataan bahwa bangsa indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa.2. proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus-menerus menimbulkandampak positif dan negatif.3. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahankondisi kehidupanmanusia.
B. ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkulifikasi sebagai berikut :1. berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serts tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas yang tinggi.2. takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.3. memiliki wawasan komprehesif dan pendekatan integral.4. memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat.
C. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR 
 
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapatmemberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yangdikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengmukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokandalam tiga kelompok besar, yaitu :1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )2. Ilmu-ilmu Sosial ( social science )3. Ilmu-ilmu Budaya ( the humanities )
D. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR 
1. mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.2. memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan merekatentang masalah kemanusiaan dan budaya.3. mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa.4. mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
E. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR 
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalahkemanusiaan dan budaya yang didekati dengan menggunakan pengetahian budaya ( TheHumanities ).2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.Pokok bahasan yang akan di kembangkan adalah :- Manusia dan cinta kasih- Manusia dan keindahan- Manisia dan penderitaan- Manusia dan keadilan- Manusia dan pandangan hidup- Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
 
- Manusia dan kegelisahan- Manusia dan harapan
bab 2
MANUSIA DAN KEBUDAYAANA. MANUSIA
1. Manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :a. Jasad : badan manusia yang tampak pada luarnya. b. Hayat : mengandung unsur hidup.c. Ruh : bimbingan dan pimpinana Tuhan.d. nafs : pengertian diri.2. Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur, yaitu :a. Id : struktur kepribadian yang paling tidak tampak. b. Ego : struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari id.c. Superego : struktur kepribadian yang paling akhir.
B. HAKEKAT MANUSIA
a. Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yangutuh. b. Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.1. Perasaan intelektuan2. Perasaan etis3. Perasaan diri4. Perasaan sosial5. Perasaan religius

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gerry Aulia liked this
Mariana Sianipar liked this
Vallens Ramadhan liked this
Harmin Nurjaya liked this
Ucu Samsudin liked this
Vitra Cullen liked this
Ucu Samsudin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->