Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
104Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Benigna Prostat Hypertropi (BPH)-LP

Benigna Prostat Hypertropi (BPH)-LP

Ratings: (0)|Views: 11,717|Likes:
Published by AMAR AKBAR
KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN BPH
KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN BPH

More info:

Published by: AMAR AKBAR on Jan 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
1
BENIGNA PROSTAT HYPERTROPI (BPH)I.PENGERTIAN
BPH (Benigna Prostat Hyperplasi) adalah pembesaran progresif dari kelenjar prostatyang dapat menyebabkan obstruksi dan ristriksi pada jalan urine (urethra).
ETIOLOGI
Mulai ditemukan pada umur kira-kira 45 tahun dan frekuensi makin bertambah sesuaidengan bertambahnya umur, sehingga diatas umur 80 tahun kira-kira 80 % menderitakelainan ini.Sebagai etiologi sekarang dianggap ketidakseimbangan endokrin. Testosterondianggap mempengaruhi bagian tepi prostat, sedangkan estrogen (dibuat oleh kelenjaradrenal) mempengaruhi bagian tengah prostat.
TANDA DAN GEJALA
Walaupun hyperplasi prostat selalu terjadi pada orangtua, tetapi tidak selalu disertaigejala-gejala klinik.Gejala klinik terjadi terjadi oleh karena 2 hal, yaitu :1.Penyempitan uretra yang menyebabkan kesulitan berkemih.2.Retensi air kemih dalam kandung kemih yang menyebabkan dilatasi kandungkemih, hipertrofi kandung kemih dan cystitis.Gejala klinik dapat berupa :
Frekuensi berkemih bertambah
Berkemih pada malam hari.
Kesulitan dalam hal memulai dan menghentikan berkemih.
Air kemih masih tetap menetes setelah selesai berkemih.
Rasa nyeri pada waktu berkemih.Kadang-kadang tanpa sebab yang diketahui, penderita sama sekali tidak dapatberkemih sehingga harus dikeluarkan dengan kateter.Selain gejala-gejala di atas oleh karena air kemih selalu terasa dalam kandung kemih,maka mudah sekali terjadi cystitis dan selanjutnya kerusakan ginjal yaituhydroneprosis, pyelonefritis.
PATOFISIOLOGI
BPH terjadi pada umur yang semakin tua (> 45 tahun ) dimana fungsi testis sudah
 
 2
menurun. Akibat penurunan fungsi testis ini menyebabkan ketidakseimbanganhormon testosteron dan dehidrotesteosteron sehingga memacu pertumbuhan / pembesaran prostat.Makrokospik dapat mencapai 60 - 100 gram dan kadang-kadang lebih besar lagihingga 200 gram atau lebih.Tonjolan biasanya terdapat pada lobus lateralis dan lobus medius, tetapi tidak mengenai bagian posterior dari pada lobus medialis, yaitu bagian yang dikenalsebagai lobus posterior, yang sering merupakan tempat berkembangnya karsinoma(Moore)Tonjolan ini dapat menekan urethra dari lateral sehingga lumen urethra menyerupaicelah, atau menekan dari bagian tengah. Kadang-kadang penonjolan itu merupakansuatu polip yang sewaktu-waktu dapat menutup lumen urethra.Pada penampang, tonjolan itu jelas dapat dibedakan dengan jaringan prostat yangmasih baik. Warnanya bermacam-macam tergantung kepada unsur yang bertambah.Apabila yang bertambah terutama unsur kelenjar, maka warnanya kung kemerahan,berkonsistensi lunak dan terbatas tegas dengan jaringan prostat yang terdesak, yangberwarna putih keabu-abuan dan padat. Apabila tonjolan itu ditekan maka akankeluar caiaran seperti susu.Apabila unsur fibromuskuler yang bertambah, maka tonjolan berwarna abu-abu padatdan tidak mengeluarkan cairan seperti halnya jaringan prostat yang terdesak sehinggabatasnya tidak jelas.Gambaran mikroskopik juga bermacam-macam tergantung pada unsur yangberproliferasi. Biasanya yang lebih banyak berproliferasi ialah unsur kelenjarsehingga terjadi penambahan kelenjar dan terbentuk kista-kista yang dilapisi olehepitel torak atau koboid selapis yang pada beberapa tempat membentuk papil-papil kedalam lumen. Membran basalis masih utuh.Kadang-kadang terjadi penambahan kelenjar yang kecil-kecil sehingga menyerupaiadenokarsinoma. Dalam kelenjar sering terdapat sekret granuler, epitel yang terlepasdan corpora anylacea.Apabila unsur fibromuskuler yang bertambah, maka terjadi gambaran yang terjadiatas jaringan ikat atau jaringan otot dengan kelenjar-kelenjar yang letaknya salingberjauhan. Gambaran ini juga dinamai hiperplasi fibrimatosa atau hiperplasileiomymatosa.Pada jaringan ikat atau jaringan otot biasanya terdapat serbukan limfosit.Selain gambaran di atas sering terdapat perubahan lain berupa :1.Metaplasia skwamosa epitel kelenjar dekat uretra.2.Daerah infark yang biasanya kecil-kecil dan kadang-kadang terlihat di bawah
 
 3
mikroskop.Tanda dan gejala dari BPH adalah dihasilkan oleh adanya obstruksi jalan keluar urindari kandung kemihAda tiga cara pengkuran besarnya hipertropi prostat :
Rectal Grading
, yaitu dengan rectal toucher diperkirakan berapa cm prostat yangmenonjol ke dalam lumen rektum yang dilakukan sebaiknya pada saat buli-bulikosong.Gradasi ini adalah :0 - 1 cm : grade 01 - 2 cm : grade 12 - 3 cm : grade 23 - 4 cm : grade 3> 4 cm : grade 4Pada grade 3 - 4 batas prostat tidak teraba. Prostat fibrotik, teraba lebih kecil darinormal.
Clinical Grading
 ,
dalam hal ini urine menjadi patokan. Pada pagi hari setelahbangun pasien disuruh kencing sampai selesai, kemudian di masukan kateter kedalam buli-buli untuk mengukur sisa urine.Sisa urine 0 cc : normalSisa urine 0-50 cc : grade 1Sisa urine 50-150 cc : grade 2Sisa urine > 150 cc : grade 3Tidak bisa kencing : grade 4
Intra Uretral Grading
 ,
dengan alat perondoskope dengan diukur / dilihat bebrapa jauh penonjolan lobus lateral ke dalam lumen uretra.
Grade I :
Clinical grading sejak berbulan-bulan, bertahun-tahun, mengeluh kalau kencing tidak lancar, pancaran lemah, nokturia.
Grade II :
Bila miksi terasa panas, sakit, disuria.
Grade III :
Gejala makin berat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->