Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penjelasan Pengelolaan Dana Bergulir

Penjelasan Pengelolaan Dana Bergulir

Ratings: (0)|Views: 451 |Likes:
Published by baz7atim
Pengelolaan Dana Bergulir
Pengelolaan Dana Bergulir

More info:

Published by: baz7atim on Jan 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

 
Penjelasan PTO X Pengelolaan Dana Bergulir 
1
PELEMBAGAANPENGELOLAAN DANA BERGULIR
1. LATAR BELAKANG
Pengelolaan dana bergulir dalam PPK pada hakekatnya dipengaruhi oleh 3 (tiga)hal yaitu Unit Pengelola Kegiatan (UPK) sebagai pengelola dan penyalur seluruhdana bergulir di tingkat kecamatan, kelompok peminjam sebagai pengelola danpenyalur dana bergulir kepada anggotanya sebagai pemanfaat langsung sertaaturan dan prosedur/mekanisme perguliran. Selain itu, forum Musyawarah AntarDesa sebagai forum yang mempunyai wewenang untuk menetapkan beberapakeputusan mengenai perguliran seperti aturan dan prosedur perguliran harusdifasilitasi dengan baik sehingga setiap keputusannya mendukung pelestariandan pengembangan dana bergulir.UPK yang mengelola dana bergulir (UEP dan SPP) dapat dikembangkanmenjadi pengelola kegiatan pinjaman yang profesional sebagai dasarpelestarian dan pengembangan dana bergulir. Begitu juga kelompok peminjamsebagai penyalur pinjaman kepada anggota/individu pemanfaat. Pelestarian danpengembangan dana bergulir diarahkan melalui upaya penguatan kelembagaanUPK dan Kelompok Peminjam dengan cara : (i) pembuatan aturan-aturan danprosedur/mekanisme perguliran; (ii) penguatan kapasitas pengurus UPK dankelompok dalam pengelolaan keuangan dan pinjaman; (iii) penguatan UPK dankelompok secara kelembagaan; serta (iv) pengembangan jaringan kerjasamadengan pihak yang lain.
 
2. PROFIL UPK
UPK adalah Unit Pengelola Kegiatan yang dibentuk oleh Musyawarah AntarDesa (MAD) untuk mengelola dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) – PPKyang dapat dialokasikan untuk berbagai jenis kegiatan yang mencakup kegiatansarana/prasarana, pendidikan, kesehatan, UEP dan SPP (dana bergulir).Terhadap UPK
phase out 
yang mengelola dana bergulir, telah dilakukanpemetaan untuk mengetahui potensi pengembangannya. Pemetaan didasarkanatas: 1) Aspek Resiko Pinjaman; (2) Aspek Produktifitas: dan (3) AspekKualitatif Pengelolaan. Berdasarkan hasil pemetaan, UPK dapat dikategorikanmenjadi:a. Kategori A : adalah UPK yang mempunyai pinjaman > (diatas) Rp 300Juta dengan hasil pemetaan > (diatas) 6.b. Kategori B : adalah UPK yang mempunyai pinjaman sampai denganRp 300 Juta dengan hasil pemetaan > (diatas) 6.c. Kategori C : adalah UPK yang mempunyai pinjaman > (diatas) Rp 300Juta dengan hasil pemetaan sampai dengan 6.d. Kategori D : adalah UPK yang mempunyai pinjaman sampai denganRp 300 Juta dengan hasil pemetaan sampai dengan 6.
 
Penjelasan PTO tentang Pengelolaan Dana Bergulir 
2
 Hasil pengkategorisasian ini digunakan sebagai dasar pendampingan terhadapUPK untuk dapat dikembangkan lebih lanjut. UPK kategori A dan B adalah UPKyang potensial untuk dikembangkan (prospektif). Sedangkan UPK kategori Cdan D masih kurang potensial sehingga perlu penanganan khusus, sebagaiberikut :
1.
Perlu dilakukan fasilitasi penyehatan kelembagaan meliputi :- Memfungsikan kembali UPK- Membentuk dan memfungsikan Badan Pengawas- Membentuk Tim Penyehatan Pinjaman
2.
Peningkatan aspek kualitatif dalam pengelolaan meliputi penangananmasalah dana, kualitas administrasi, aktivitas pengurus, prinsip danprosedur PPK dalam perguliran serta dukungan aparat kecamatan.
3.
Penyehatan pinjaman ke arah perbaikan kolektibilitas danproduktivitas dengan cara:- penagihan terhadap kelompok yang menunggak- penjadwalan ulang bagi kelompok yang menunggak di atas 6bulan.
3. KELOMPOK PEMINJAM
Kelompok Peminjam adalah kelompok yang menerima dana bergulir PPK baikyang dikelola secara langsung (
executing 
) maupun disalurkan kepadapemanfaat (
chanelling 
).
 
3.1 Jenis Kelompok Peminjam
Jenis kelompok dalam PPK dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis kelompok:a. Kelompok Simpan Pinjam : adalah kelompok yang mempunyaikegiatan pengelolaan simpanan dan pinjaman dengan tujuan untukpeningkatan kesejahteraan anggota.b. Kelompok Usaha Bersama : adalah kelompok yang mempunyaikegiatan usaha yang dikelola secara bersama oleh anggotakelompok dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi.c. Kelompok Aneka Usaha : adalah kelompok yang anggotanyamempunyai usaha yang dikelola secara individual oleh masing-masing anggota dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi.Khusus Kelompok Aneka Usaha, dalam perkembangannya mengalami kesulitandalam penguatan kelembagaan tetapi pada sisi lain masih mempunyai potensiuntuk dikembangkan menjadi Kelompok Usaha Bersama atau Kelompok SimpanPinjam. Untuk mempermudah proses penguatan kelompok, kelompok AnekaUsaha difasilitasi menjadi Kelompok Simpan Pinjam atau Kelompok UsahaBersama.
3.2 Fungsi Kelompok Peminjam
Kelompok peminjam dipandang sebagai suatu lembaga yang dapat berfungsisebagai :a. Lembaga pengelola pinjaman (
executing 
)
 
Penjelasan PTO X Pengelolaan Dana Bergulir 
3
b. Lembaga penyalur pinjaman (
chanelling 
)
a. Kelompok sebagai Lembaga Pengelola Pinjaman
Tujuan kelompok sebagai lembaga pengelola pinjaman adalah untukmemperkuat permodalan kelompok, memperluas pelayanan pinjamanmasyarakat serta mempersingkat waktu proses persetujuan. Sebagailembaga pengelola pinjaman, kelompok dapat melakukan pengelolaandana bergulir secara mandiri. Kelompok dalam hal ini dapat melakukan :
Seleksi pemanfaat pinjaman
Penentuan jumlah angsuran
Penentuan tingkat bunga
Penentuan jadwal angsuran
Penentuan persyaratan pinjamanKelompok sebagai lembaga pengelola pinjaman dana bergulir secaramandiri mempunyai persyaratan sebagai berikut :
Kelompok telah berpengalaman dalam pengelolaan danasimpanan dan pinjaman minimal 3 tahun atau sesuai denganketentuan MAD.
Mempunyai AD/ART kelompok secara tertulis.
Mempunyai Aturan Kepengurusan secara tertulis.
Mempunyai Aturan Pengelolaan Simpanan yang mencakup jenis-jenis simpanan yang dikelola, bunga simpanan, dsb.
Mempunyai Aturan Pengelolaan Pinjaman yang mencakuppersyaratan pinjaman, jumlah pinjaman, jangka waktu,dsb.
Tunggakan pinjaman yang dikelola di kelompok pada saatpengajuan pinjaman ke UPK maksimal 20 % dari targetpengembalian.
Maksimal pengajuan pinjaman dana bergulir kelompok kepadaUPK adalah 300 % dari jumlah simpanan dan modal yang ada dikelompok.
b. Kelompok sebagai Lembaga Penyalur Pinjaman
Sebagai lembaga penyalur pinjaman, kelompok hanya menyalurkandana bergulir kepada pemanfaat sesuai dengan ketentuan danpersyaratan yang telah ditetapkan oleh pemberi pinjaman.Fungsi sebagai lembaga penyalur adalah memastikan penggunaan danabergulir oleh anggota/pemanfaat sesuai dengan kebutuhan pendanaanusaha, meningkatkan mekanisme tanggung renteng, memberikankepastian penyaluran dan pengembalian dana bergulir.
3.3 Fasilitasi Kelompok
Fasilitasi kelompok adalah pendampingan terhadap kelompok berikut :
Kelompok Simpan Pinjam dapat difasilitasi sebagai lembagapenyalur dana bergulir
(chanelling)
atau pengelola dana bergulir(
executing)
.
Kelompok Usaha Bersama difasilitasi sebagai lembaga penyalurdana bergulir (
chanelling).
 

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anwar Sadad liked this
Ridhani Kamila liked this
Yuhendry Gustian liked this
0020061980 liked this
moewen liked this
0020061980 liked this
rizaldiyeeja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->