Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
118Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagian Permukaan Dan Mikroskop Monokuler Dan Binokuler

Bagian Permukaan Dan Mikroskop Monokuler Dan Binokuler

Ratings: (0)|Views: 11,809 |Likes:
Published by Fery Afrianto

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Fery Afrianto on Jan 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
MIKROSKOP Mikroskop ( bahasa Yunani: micron = kecildan scopos = tujuan) adalah sebuah alat untuk melihat obyek yang terlalu kecil untuk dilihatdengan mata telanjang.Ilmu yang mempelajari  benda kecil dengan menggunakan alat ini disebutmikroskopi,dan kata mikroskopik berarti sangatkecil, tidak mudah terlihat oleh mata.
Jenis-jenis mikroskop
Jenis paling umum dari mikroskop, dan yang pertama diciptakan, adalah mikroskop optis.Mikroskop ini merupakan alatoptik yang terdiri darisatu atau lebih lensayang memproduksi gambar  yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut.Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskopdibagi menjadi dua, yaitu,
dan
. Mikroskop cahaya sendiridibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitankegiatan pengamatan yang dilakukan. Berdasarkankegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibeda-kan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel.Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yanghanya memiliki 1 lensa okuler dan binokulememiliki 2 lensa okuler. Berdasarkan kerumitankegiatan pengamatan yang dilakukan, mikroskopdibagi menjadi 2 bagian, yaitu mikroskop sederhana(yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskopriset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan konfokal).
Struktur mikroskop
Ada dua bagian utama yang umumnyamenyusun mikroskop, yaitu: Bagian optik, yangterdiri dari kondensor, lensa objektif, dan lensaokuler.Bagian non-optik, yang terdiri dari kaki danlengan mikroskop, diafragma, meja objek, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek, dan sumber cahaya.
Pembesaran
Tujuan mikroskop cahaya dan elektronadalah menghasilkan bayangan dari benda yang dimikroskop lebih besar. Pembesaran ini tergantung pada berbgai faktor, diantaranya titik fokus kedualensa( objektif f1 dan okuler f2, panjang tubulus atau jarak(t) lensa objektif terhadap lensa okuler danyang ketiga adalah jarak pandang mata normal(sn).
Sifat bayangan
 baik lensa objektiv maupun lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung Secarasederhana dan garis besar lensa objektif meng-hasilkan suatu bayangan sementara yang mem- punyai sifat semu, terbalik, dan diperbesar terhadap posisi benda mula mula. baik pada mikroskopcahaya maupun mikroskop elektron. Yang menentu-kan sifat bayangan akhir selanjutnya adalah lensaokuler. Pada mikroskop cahaya bayangan akhimempunyai sifat yang sama seperti bayangansementara semu, terbalik, dan lebih lagi diperbesar.Pada mikroskop elektron bayangan akhimempunyai sifat yang sama seperti gambar benda
 
nyata, sejajar, dan diperbesar. Petunjuk: Jikaseseorang menggunakan mikroskop cahaya diameletakkan huruf A dibawah mikroskop maka yangdia lihat pada mikroskop tampilan bayangan tersebutadalah huruf tersebut hanya terbalik dan diperbesar.
 
Mikroskop
Mikroskop adalah alat optik untuk mengamati benda- benda yang sangat kecil, misalnya rambut, bakteri dan sel sehingga tampak jelas. Mikroskopsederhana terdiri dari dua buah lensa positi(cembung). Lensa positif yang berdekatan denganmata disebut lensa okuler. Lensa ini berfungsisebagai lup. Lensa positif yang berdekatan dengan benda disebut lensa objektif. Jarak titik api lensaobjektif lebih kecil dari pada jarak titik api lensaokuler.
Resolusi dan magnifikasi
Resolusi adalah kemampuan sistem optikal untuk membedakan detil sangat kecil pada suatu spesimen(sebagai jarak terkecil antara 2 poin yang berdekatandimana mereka dapat dibedakan dalam 2 bagianyang berbeda.Resolusi ditentukan oleh:a.Kemampuan mengumpulkan cahaya (numericalaperture atau N.A) lensa
NA = n x sin α
 b.
Panjang gelombang ) cahaya yangdigunakan
 
Resolusi = 0.61 x λ / NA
Komponen suatu mikroskop
1.Sistem iluminasi - sumber cahaya dankondensor 2.Pegangan dan tempat spesimen3.Sistem lensa - obyektif dan okuler (
eye piecelens
, biasanya memiliki kekuatan perbesaran10x atau 15x)4.Sitem fotografi (dipasang pada lensa okuler)Mikroskop
Sistem iluminasi
Sumber cahaya menggunakan bohlam tungsten -halogen - untuk menyediakan output 100 W pada 12V - alat ini memiliki susunan filament tunggal ratayang dipasang berdekatan dan diletakkan di amplopquartz. Karena alat ini beroperasi pada suhufilament yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk fotomikrograf berwarna, dengan menggunakan filmyang seimbang untuk cahaya tungsten.Kondensor digunakan untuk mengkonsentrasi-kan cahaya ke dalam objek dengan intensitasseragam pada keseluruhan bidang iluminasi.Kondensor dapat diklasifikasikan berdasarkantujuan mereka : terang - atau dasar gelap, fasekontras, atau nomarski differential interferencecontras.Pengelompokkan kondensor berdasarkan padamaksimum numerical aperturenya: a) Kekuatanrendah - hingga N.A. 0.25, b) Kekuatan sedangkondensor kering hingga N.A. 0.9 dan c) Tipeminyak imersi, berkekuatan tinggi N.A. hingga 1,4.
Perkembangan Mikroskop
Suatu objek yang diamati di bawah mikroskopdapat diabadikan dengan kamera. Biasanyamikroskop majemuk yang mempunyai dua lensaokuler dilengkapi dengan bagian lensa untukamera. Teknologi hasil karya manusia setiapwaktu selalu mengalami perkembangan. Mikroskopsederhana dan beberapa mikroskop optik lainnyahanya mampu memperbesar benda dari sekitar 100-1000 kali, sedangkan teknologi mikroskop elektrondapat menghasilkan perbesaran hingga 1.000.000kali.Berdasarkan sistem pencahayaannya mikroskopdibagi menjadi dua yaitu mikroskop optik danmikroskop bukan optik.
A. Mikroskop optik 
, yaitu mikroskop yang proses perbesaran benda menggunakan cahaya biasa(cahaya tampak). Jenis- jenis mikroskop optiantara lain mikroskop stereo (
dissecting 

Activity (118)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dimas Tri Ardiansyah added this note
ahoy
Indra Lesmana liked this
August Sisca liked this
adambitor1713 liked this
Novea A. N. Jell liked this
JamiatulRahmah liked this
Novea A. N. Jell liked this
Adela Brilian liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->