Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sistem operasi linux

sistem operasi linux

Ratings: (0)|Views: 1,164 |Likes:
Published by paleo medanicus

More info:

Published by: paleo medanicus on Feb 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IMENGENAL LINUX1.1. SEJARAH
 Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasaldari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas FinlandLinus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yanggratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 linuxdikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai proyek ini.Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek  pengembangan perangkat lunak bebas (free software) yang didasari pandangan bahwa perangkat lunak itu harusnya tidak menyertakan batasan apapun (bebas) saat diterimaoleh pengguna. Pandangan ini tertuang dalam satu lisensi dengan nama General PublicLicense atau disingkat GPL. Richard Stallman merupakan motor utama yang memulai proyek GNU pada tahun 1983. Proyek ini bertujuan untuk membuat sistem operasilengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan program lainnya sehinggadapat membentuk satu sistem yang dapat digunakan. Kesemuanya menggunakan lisensiGPL. Pada tahun 1991 proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem,kecuali kernel, yang merupakan komponen utama sebuah sistem operasi lengkap.Torvalds mengisi kekosongan itu dengan kernel buatannya, yang dapat berjalan bersamakomponen GNU. Kesemua aplikasi GNU beserta kernel yang dibuat oleh Torvald dansukarelawan lainnya itulah yang membentuk satu sistem operasi lengkap yang bernamaLinux.Ada sedikit keberatan dari Stallman terhadap penyebutan Linux. Penyebutan ituseolah menganulir kontribusi GNU yang menyumbangkan banyak sekali komponenaplikasi sehingga Linux sebagai kernel dapat digunakan secara umum. Karena itu iamengusulkan untuk setiap penyebutan Linux, menyertakan nama GNU atau tepatnyaGNU/Linux untuk definisi sistem yang terdiri dari kernel Linus Torvald dan aplikasi pendukung buatan GNU. Namun dikalangan umum, nama Linux lebih dikenal. Hinggatahun 2008, kernel yang dikembangkan oleh GNU dengan nama GNU Hurd masih belumselesai.
1.2. PENGUCAPAN LINUX
Pada tahun 1992, Torvalds menjelaskan bagaimana ia mengeja kata Linux:'li' dieja dengan bunyi [ee] pendek, 'nux' juga pendek, non-diftong, seperti dalam pUt.Linux hanya merupakan nama kerja untuk sesuatu, dan karena dia menulisnya untuk menggantikan minix di sistemnya, hasilnya adalah apa adanya... linus' minix menjadilinux.Torvalds membuat sebuah contoh audio yang berisi suara bagaimana pengejaannya dalam bahasa Inggris dan Swedia. Tetapi, sebuah wawancara daridokumentasi tahun 2001 Revolution OS mengindikasikan bahwa cara pengejaannyasedikit berubah.Dalam bahasa Inggris, banyak orang cenderung mengeja Linux sebagai (l
ɪ
n
ʊ
ks) atau(l
ɪ
nəks).
1.3. KONTROVERSI PENAMAAN GNU/LINUX
1
 
Kontroversi penamaan GNU/Linux adalah sebuah perdebatan di antara anggotakomunitas perangkat lunak bebas dan sumber terbuka tentang bagaimana mengacukepada sistem operasi komputer yang secara umum dinamai "Linux".GNU/Linux adalah istilah yang dipromosikan oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas (Free Software Foundation; FSF), pendirinya Richard Stallman, dan para pendukungnya, untuk sistem operasi-sistem operasi yang memiliki perangkat lunak GNUdan kernel Linux. FSF memihak kepada istilah GNU/Linux dikarenakan GNUmerupakan proyek yang sudah lama bekerja untuk mengembangkan sebuah sistemoperasi bebas, di mana kernel merupakan hal terakhir yang kurang.Di antara distribusi Linux utama yang terdaftar di DistroWatch, dua di antaranya(Debian GNU/Linux dan Knoppix live GNU/Linux system) menggunakan istilahGNU/Linux sebagai nama resmi mereka, empat (Mandriva Linux, Mepis Linux,Slackware Linux, dan Gentoo Linux) menggunakan Linux di namanya, satu(PCLinuxOS) menggunakan nama turunan, dan tiga (Ubuntu, openSUSE, Fedora) tidak menggunakan baik Linux atau GNU/Linux di namanya.
1.4. DESAIN LINUX
Linux merupakan sistem operasi bertipe Unix modular. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar Unix yang dikembangkan dalam kurun waktu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan sebuah kernel monolitik, kernel Linux yangmenangani kontrol proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem berkas. Devicedriver telah terintegrasi ke dalam kernel.Banyak fungsi-fungsi tingkat tinggi di Linux ditangani oleh proyek-proyeterpisah yang berintegrasi dengan kernel. Userland GNU merupakan sebuah bagian penting dari sistem Linux yang menyediakan shell dan peralatan-peralatan yangmenangani banyak fungsi-fungsi dasar sistem operasi. Di atas kernel, peralatan-peralatanini membentuk sebuah sistem Linux lengkap dengan sebuah antarmuka pengguna grafisyang dapat digunakan, umumnya berjalan di atas X Window System.
1.5. ANTAR MUKA PENGGUNA ( USER INTERFACE )
Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah(command line interface atau CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (graphicaluser interface atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versidesktop).Pada komputer meja, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka penggunayang paling populer, walaupun terdapat sejumlah varian antarmuka pengguna.Antarmuka pengguna yang paling populer berjalan di atas X Window System (X), yangmenyediakan transparansi jaringan yang memperolehkan sebuah aplikasi grafis berjalandi atas satu mesin tetapi ditampilkan dan dikontrol di mesin yang lain.GUI yang lain memiliki X window manager seperti FVWM, Enlightenment,Fluxbox dan Window Maker. Manajer jendela menyediakan kontrol untuk penempatandan penampilan dari jendela-jendela aplikasi individual serta interaksi dengan sistem jendela X.Sebuah sistem Linux umumnya menyediakan sebuah antarmuka baris perintahlewat sebuah shell, yang merupakan cara tradisional untuk berinteraksi dengan sebuahsistem Unix. Sebuah distro Linux yang dikhususkan untuk lingkungan peladen mungkinhanya memiliki CLI sebagai satu-satunya antarmuka. Sebuah sistem yang tidak memiliki2
 
monitor hanya dapat dikontrol melalui baris perintah lewat protokol seperti SSH atautelnet.Kebanyakan komponen tingkat rendah Linux, termasuk GNU Userland,menggunakan CLI secara ekslusif. CLI cocok untuk digunakan pada lingkungan otomasitugas-tugas yang repetitif atau tertunda, dan menyediakan komunikasi inter-proses yangsangat sederhana. Sebuah program emulator terminal grafis sering digunakan untuk mengakses CLI dari sebuah Linux desktop.
1.6. KARAKTERISTIK LINUX
Linux merupakan sistem operasi yang disebarluaskan secara gratis dibawahlisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code linux tersedia.Hal itulah yang membuat linux sangat special. Linux terus dikembangkan olehkelompok-kelompok ahli tanpa dibayar, yang banyak dijumpai di internet, dengan tukar menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orangyang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam perkembangan linux.Semua software ini bias didapat secara gratis berdasarkan lisensi GNU GeneralPublic License, atau lisensi-lisensi yang mirip dengan itu. Oleh karena itu, siapapun bisamendapatkan program baik dalam bentuk source code (bisa dibaca manusia), maupunBinary (bisa dibaca mesin). Dengan demikian program tersebut dapat diubah, diadaptasi,maupun dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja.
1.7. PENGEMBANGAN LINUX
Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak padakernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian Linux adalah contohterbaik dan terbanyak digunakan. Beberapa lisensi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka berdasarkan prinsip-prinsip copyleft, sebuah konsep yang menganut prinsip:karya yang dihasilkan dari bagian copyleft harus juga merupakan copyleft. Lisensi perangkat lunak bebas yang paling umum, GNU GPL, adalah sebuah bentuk copyleft,dan digunakan oleh kernel Linux dan komponen-komponen dari proyek GNU.Sistem Linux berkaitan erat dengan standar-standar POSIX,[18] SUS,[19] ISO dan ANSI.Akan tetapi, baru distribusi Linux-FT saja yang mendapatkan sertifikasi POSIX.1.Proyek-proyek perangkat lunak bebas, walaupun dikembangkan dalam bentuk kolaborasi, sering dirilis secara terpisah. Akan tetapi, dikarenakan lisensi-lisensi perangkat lunak bebas secara eksplisit mengijinkan distribusi ulang, terdapat proyek- proyek yang bertujuan untuk mengumpulkan perangkat lunak-perangkat lunak tersebutdan menjadikannya tersedia dalam waktu bersamaan dalam suatu bentuk yang dinamakandistribusi Linux.Sebuah distribusi Linux, yang umum disebut dengan "distro", adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk mengatur sebuah kumpulan perangkat lunak berbasis Linuxdan memfasilitasi instalasi dari sebuah sistem operasi Linux. Distribusi-distribusi Linuxditangani oleh individu, tim, organisasi sukarelawan dan entitas komersial. DistribusiLinux memiliki perangkat lunak sistem dan aplikasi dalam bentuk paket-paket dan perangkat lunak yang spesifik dirancang untuk instalasi dan konfigurasi sistem. Perangkatlunak tersebut juga bertanggung jawab dalam pemutakhiran paket. Sebuah DistribusiLinux bertanggung jawab atas konfigurasi bawaan, sistem keamanan dan integrasi secaraumum dari paket-paket perangkat lunak sistem Linux.3

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
SABLAK liked this
Kemal Psaha liked this
Kurnia Ayu liked this
Amzah J Virgo liked this
budibravo liked this
rezagodeg liked this
Helmy Almabruri liked this
drakuli liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->