Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
57Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Etika Pemerintahan Terbaru

Tugas Etika Pemerintahan Terbaru

Ratings: (0)|Views: 4,651 |Likes:
Published by zanjambak

More info:

Published by: zanjambak on Feb 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2013

pdf

text

original

 
TUGAS ETIKAPEMERINTAHAN
OLEH:RIZQI PRADITYANPP: 19.0449INSTITUT PEMERINTAHAN DALAMNEGERI
 
ETIKA PEMERINTAHAN
1. Pengertian Etik 
Etika berasal dari perkataan yunani “ethes” berarti kesediaan jiwaakan kesusilaan, atau secara bebas dapat diartikan kumpulandariperaturan-peraturan kesusilaan. Dalam bahasa Latin dikenal denganperkataan Mores yang berarti pula kesusilaan, tingkat salah satuperbuatan lahir 9 perilaku, tingkah laku ). Perkataan mores kemudianberubah menjadi mempunyai arti sama dengan etika atau sebaliknya.Etika disebut pula “moral phiciolophy” karena mempelajarimoralitas dari perbuatan manusia. Sedangkan moralitu adalah apa yangbaik atau apa yang buruk, benar atau salah dengan menggunakanukuran norma atau nilai. Moral terjadi bila dikaitkan denganmasyarakat, tidak ada moral bila tidak ada masyarakat, dan iniberkaitan dengan kesadaran kolektif.Baik dan buruk merupakan kategori imperative dalam arti yangboleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Ini dating darikesadaran dari dalam diri dan tidak merupakan paksaan. Sikap dasardari moral antara lain: moral merupakan social faets yang bersifatobyektif penmgaruh dari luar yang bersifat ada pembatasan /hambatandari individu. Masyarakat mempunyai ukuran moral tersendiri. Moralitasdikaitkan dengan kepentingan kolektif dan keterlibatan padakelompok.moral berkaitan dengan fungsi masyarakat. Perbuatan jahatatau melanggar kepentingan masyarakat terjadi karena tidak sesuaidengan ukuran kolektif.Etika erat hubungannya dengan hokum, hokum mempertanyakanapakah suatu perbuatan melanggar atau tidak. Etika tidak tergantungdari peraturan hokum, sedangkan peraturan hokum tergantung padaetika.etika hanya membicarakan tingkah laku seseorang yang dapatdipertanggungjawabkan yang menyadari bahwa orang tersebutbertanggungjawab.
2. Kode Etika Negara
Negara kita mempunyai kode etik dalam arti yang setinggi-tinginya dan yang berlaku bagi seluruh bangsa dan warga NegaraIndonesi, yaitu Naskah Proklamasi dan Pembukaan UUd 1945.Proklamasi merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia danmerupakan puncaknya daripada tenaga nasional lahiriah dan batiniah.
 
Pembukaan UUD 1945 memberikan pedoman-pedoman untuk mengisikemerdekaan dalam bentuk perwujudannya Pembangunan Nasionaluntuk melaksanakan kenegaraan kita, untuk mengetahui tujuannasional dalam memperkembangkan kebangsaan Indonesia. Pancasilasebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara atau pandangan hidup bangsa dan dasar negara”.
3. Pemerintahan Negara
Pengertian Pemerintah dapat dibedakan pemerintah sebagaiorgan negara yang menjalankan tugas dan pemerintah sebagai fungsidari pemerintah. Pemerintah dalam arti sempit dimaksudkan khususkekuasan eksekutif sedangkan dalam arti luas kekuasaan eksekutif,legeslatif, dan yudikatif. Pemerintah dalam arti sempit berdasarkan UUDyang pernah berlaku di Indonesia, yaitu UUD 1945, UUDS 1950, danUUD Konstitusi RIS 1949. Selanjutnya dalam pengertian luas, alatperengkapan negara dapat didasarkan atas UUD 1945, Konstitusi RIS1949, UUDS 1950.
4. Sistem Pemerintahan Indonesia
System pemerintahan Indonesia merupakan pedoman dalamdasar dan kerangka mekanisme bagi penyelenggaraan pemerintahannegara, karena dalam system pemerintahan negara itu antara lain telahditetapkan berbagai perangkat pemerintah negara berupa lembaga-lembaga negara dengan tugas, wewenang dan kewajiban masing-masing serta mekanisme hubungan kerja antar lembaga negaratersebut dalam rangka menjalankan tugas negara. SystemPemerintahan Indonesia sesuai dengan Demokrasi Pancasila dengantujuh kunci pokok:a.Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hokum tidakberdasarkan atas kekuasaan.b.Pemerintahan berdasarkan atas system konstitusic.Kekuasaan negara yang tertinggi di tangan MPRd.Presiden ialah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi dibawah MPRe.Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR

Activity (57)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aisah Anayuka liked this
dr49on liked this
bernadethag liked this
Aris Gunawansyah liked this
Thony Ting Tong liked this
Rifal Satya liked this
benitolopulalan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->