Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kekuasaan Dan Wewenang

Kekuasaan Dan Wewenang

Ratings: (0)|Views: 3,961 |Likes:
Published by julioriconata

More info:

Published by: julioriconata on Feb 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
KEKUASAAN dan WEWENANG
 
 
clicks Posted June 1st, 2008 by Mohamad Mahdy
 
KEKUASAAN, WEWENANGDAN KEPEMIMPINANKekuasaan mempunyai peranan yang dapat menentukan nasib berjuta-juat manusia. Olehkarena itu, kekuasaan (power) sangat menarik perhatian para ahli ilmu pengetahuankemasyarakatan.Adanya wewenang maupun kekuasaan merupakan suatu pengaruh yang nyata ataupotensial. Mengenai pengaruh tersebut, lazimnya diadakan perbedaan, sebagai berikut:1) Pengaruh bebas yang didasarkan pada komunikasi dan bersifat persuasif.2) Pengaruh tergantung atau tidak bebas menjadi aktif.a) Pihak yang berpengaruh membantu pihak yang dipengaruhi untuk mencapaitujuannya.b) Pihak yang berpengaruh mempunyai pengaruh di dalam kemampuan.HAKIKAT KEKUASAAN DAN SUMBERNYAMax Weber mengatakan, kekuasaan adalah kesempatan seseorang atau sekelompok oranguntuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauan sendiri, dengan sekaligusmenerapkannya terhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orang-orang atau golongan-golongan tertentuUNSUR-UNSUR SALURAN KEKUASAAN DAN DIMENSINYAKekuasaan yang dapat dijumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antarakelompok mempunyai beberapa unsur pokok, yaitu:1) Rasa takut2) Rasa cinta3) Kepercayaan4) PemujaanApabila dilihat dalam masyarakat, maka kekuasaan di dalam pelaksanaannya melaluisaluran-saluran, sebagai berikut:1) Saluran Militer2) Saluran Ekonomi3) Saluran Politik 4) Saluran Tradisional5) Saluran IdiologiCARA MEMPERTAHANKAN KEKUASAAN1) Dengan jalan menghilangkan segenap peraturan-peraturan lama, terutama dalambidang politik 2) Mengadakan sistem-sistem kepercayaan (belief-systems) yang akan dapat memperkokohkedudukan penguasa atau golongannya.
 
3) Pelaksanaan adminitrasi dan birokrasi yang baik.4) Mengadakan konsolidasi horizontal dan vertikal.
KEKUASAANdan WEWENANG
 
 
clicks Posted June 1st, 2008 by Mohamad Mahdy
 
Antropologi KEKUASAAN, WEWENANGDAN KEPEMIMPINANKekuasaan mempunyai peranan yang dapat menentukan nasib berjuta-juat manusia. Oleh karenaitu, kekuasaan (power) sangat menarik perhatian para ahli ilmu pengetahuan kemasyarakatan.Adanya wewenang maupun kekuasaan merupakan suatu pengaruh yang nyata atau potensial.Mengenai pengaruh tersebut, lazimnya diadakan perbedaan, sebagai berikut:1) Pengaruh bebas yang didasarkan pada komunikasi dan bersifat persuasif.2) Pengaruh tergantung atau tidak bebas menjadi aktif.a) Pihak yang berpengaruh membantu pihak yang dipengaruhi untuk mencapai tujuannya. b) Pihak yang berpengaruh mempunyai pengaruh di dalam kemampuan.HAKIKAT KEKUASAAN DAN SUMBERNYAMax Weber mengatakan, kekuasaan adalah kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauan sendiri, dengan sekaligus menerapkannyaterhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orang-orang atau golongan-golongan tertentuUNSUR-UNSUR SALURAN KEKUASAAN DAN DIMENSINYAKekuasaan yang dapat dijumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antara kelompok mempunyai beberapa unsur pokok, yaitu:1) Rasa takut2) Rasa cinta3) Kepercayaan4) PemujaanApabila dilihat dalam masyarakat, maka kekuasaan di dalam pelaksanaannya melalui saluran-saluran, sebagai berikut:1) Saluran Militer 2) Saluran Ekonomi3) Saluran Politik 4) Saluran Tradisional5) Saluran IdiologiCARA MEMPERTAHANKAN KEKUASAAN1) Dengan jalan menghilangkan segenap peraturan-peraturan lama, terutama dalam bidang politik 2) Mengadakan sistem-sistem kepercayaan (belief-systems) yang akan dapat memperkokohkedudukan penguasa atau golongannya.
 
3) Pelaksanaan adminitrasi dan birokrasi yang baik.4) Mengadakan konsolidasi horizontal dan vertikal.
KEKUASAANUnsur-unsur kekuasaan:1. Wewenang adalah kekuasaan yang syah untuk melaksanakan peranan sesuai dengan jabatan untukmewujudkan harapan-harapan selaras dengan budaya komunitas. Wewenang merupakan wahana untukmemasyarakatkan nilai-nilai dan norma-norma dalam budaya dari suatu komunitas. Contoh kasus:Seorang bos yang memiliki wewenang untuk menyuruh anak buahnya untuk melaksanakan tugasdengan sangat baik.2. paksaan (coercive) berdasar atas rasa takut. Kekuasaan yang bertipe paksaan ini, lebih memusatkanpandangan kemampuan untuk memberi hukuman kepada orang lain. Misalnya penggunaan kekerasanfisik dan benturan senjata. Gaya kepemimpinan yang cocok adalah dengan pemberian intruksi terhadappengikut di tingkat kematangan yang rendah. Contoh kasus: Seorang preman dipasar yang meminta jatah uang harian kepada para pedagang kaki lima, dan jika kemauannya tidak diturutin makandagangannya akan dihancurkan3. Manipulatif adalah unsur kekuasaan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara yang licik.Modelmanipulatif ini melihat manusia sebagai obyek dari pengaruh mereka, dan bahwa manusia adalahsystem yang kompleks dengan kebutuhan-kebutuhan akan kasih sayang. Manipulasi juga dapatdidevinisikan sebagai suatu bentuk kekuasaan yang perlu dipertanyakan dan bersifat merendahkan diri.Contoh kasus: Seorang pedagang ayam goreng (fried Chicken) siap saji, yang ingin merauk keuntungansebanyak-banyaknya dengan cara mencampurkan ayam segar dengan ayam yang sudah mati (ayambangkai), untuk dijadikan ayam goreng tersebut.4. Kerjasama adalah proses mempengaruhi perliakunya yaitu dengan cara pembagian tugas yang akandipersentasi. Kerjasama itu proses mempengaruhi perilaku yang tanpa wewenang dan juga tanpapaksaan , tekanan, dan ancaman. Contoh kasus: Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi yang inginmengadakan Pameran Bekasi (Bekasi Expo), dia bekerjasama dengan Event Organizer (EO) yangmelaksanakan acara tersebut guna mendapatkan acara yang sukses, dan mendapatkan keuntunganbersama.5. Prestasi Kerja disebut juga sebagai kinerja atau dalam bahasa Inggris disebut dengan performance.P
ada prinsipnya, ada istilah lain yang lebih menggambarkan pada “prestasi” dalam bahasa Inggris yaitukata “achievement”. Tetapi karena kata tersebut berasal dari kata “to achieve” yang berarti “mencapai”.
Contoh kasus: Seorang pegawai di salah satu perusahaan swasta yang bekerja dengan sangat baik,sehingga dia mendapatkan bonus dari perusahaan tyersebut..

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Roy Fikri liked this
Kedasi Silayar added this note
mntap BGT,,,, aqu suka,,
Che Ficha Chantie added this note
T.O.P.B.G.T lahhhhh
Ronal Piloto liked this
Diandra Zulfa liked this
Patin Itunama Ikan added this note
lengkap.
Samsul Arifin added this note
hekmmmmm

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->