Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
160Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Eksplorasi Batubara

Eksplorasi Batubara

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 4,286 |Likes:
Published by Rifki Asrul Sani

More info:

Published by: Rifki Asrul Sani on Feb 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Sumber daya batubara (Coal Resources) di Indonesia cukup besardengan total cadangan kurang lebih 39 milyar ton. Bila diasumsikanlaju pertumbuhan produksi batubara mencapai 12,4 % per tahun,maka batubara Indonesia dapat dimanfaatkan hingga tahun 2166.Lokasi cadangan umumnya berada di Sumatera (64%) danKalimantan (35%). Sementara itu daerah-daerah lain seperti pulau Jawa dan Sulawesi walaupun cadangannya sedikit tetapi telahdimanfaatkan, karena di kedua daerah tersebut lokasi konsumentidak jauh. Sehingga batu bara tetap ekonomis untuk dimanfaatkan.Di pulau Jawa, banyak pemakai batubara untuk berbagai keperluan,sedangkan di Sulawesi terdapat pabrik semen dengan kapasitasyang cukup besar.Cadangan batu bara Indonesia saat ini berjumlah sekitar 7 miliarton yang terdiri dari batu bara berkualitas rendah, yaitu lignite(49%), dan sub-bituminous (26%), serta batu bara berkualitas tinggiyaitu bituminous (24%) dan antrachite (1%). Cadangan batubara(Coal Reserves) adalah bagian dari sumber daya batubara yangtelah diketahui dimensi, sebaran kuantitas, dan kualitasnya, yangpada saat pengkajian kelayakan dinyatakan layak untuk ditambangBatubara berkualitas rendah ditandai dengan kandungan air yangtinggi dan karbon yang rendah. Sementara itu, batu bara berkualitastinggi memiliki kandungan air yang rendah dan karbon yang tinggi,dan umumya dijual ke pasar ekspor internasionalSebelum melakukan eksploitasi maka diperlukan suatutahapan eksplorasi yang akan memudahkan dalam penentuan suatucebakan-cebakan batubara, menentukan kecenderungan akumulasiendapan batubara dan penyebarannya secara lateral. Disamping itupotensi kuantitas dan kualitas dari sumberdaya batubara dapatditentukan dari tahapan eksplorasi.
 
Eksplorasi batu bara umumnya dilaksanakan melalui empattahap, survei tinjau, prospeksi, eksplorasi pendahuluan daneksplorasi rinci. Tujuan penyelidikan geologi ini adalah untukmengidentifikasi keterdapatan, keberadaan, ukuran, bentuk,sebaran, kuantitas, serta kualitas suatu endapan batu bara sebagaidasar analisis/kajian kemungkinan dilakukannya investasi. Tahappenyelidikan tersebut menentukan tingkat keyakinan geologi dankelas sumber daya batubara yang dihasilkan.
I.2 MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN
Makalah ini mempunyai tujuan yaitu :
a.
Memahami cara metode eksplorasi batubara yang baik dan benardalam penemuan sumberdaya batubara.
 b.
Mengetahui berbagai cara pemetaan geologi yang dapatdigunakan dalam membantu kegiatan eksplorasi batubara.c.Memahami metode-metode yang diterapkan dalam eksplorasibatubara, yaitu : metode geofisika dan metode geokimia.
d.
Mengetahui metode pemboran yang biasa digunakan untukeksplorasi batubara.
I.3 METODE PENULISAN
Metode penulisan makalah ini adalah metode analisis deksriptif yang dilakukan melalui penyaduran telaah pustaka yang relevandengan masalah yang sedang dikaji. Bahan kajian tersebut berasaldari media cetak (buku, jurnal ilmiah) dan media internet.
 
BAB IIPEMETAAN GEOLOGI
Eksplorasi batu bara umumnya dilaksanakan melalui empattahap, survei tinjau, prospeksi, eksplorasi pendahuluan dan eksplorasirinci. Tujuan penyelidikan geologi ini adalah untuk mengidentifikasiketerdapatan, keberadaan, ukuran, bentuk, sebaran, kuantitas, sertakualitas suatu endapan batu bara sebagai dasar analisis/kajiankemungkinan dilakukannya investasi. Tahap penyelidikan tersebutmenentukan tingkat keyakinan geologi dan kelas sumber dayabatubara yang dihasilkan.
1. Survei Tinjau
(Reconnaissance)
Survei tinjau merupakan tahap eksplorasi Batu bara yangpaling awal dengan tujuan mengidentifikasi daerah-daerah yangsecara geologis mengandung endapan batubara yang berpotensiuntuk diselidiki lebih lanjut serta mengumpulkan informasi tentangkondisi geografi, tata guna lahan, dan kesampaian daerah.Kegiatannya, antara lain, studi geologi regional, penafsiranpenginderaan jauh, metode tidak langsung lainnya, serta inspeksilapangan pendahuluan yang menggunakan peta dasar dengan skalasekurang-kurangnya 1 : 100.000.Pada tahap survei awal, pertama dilakukan survei formasi
cool-bearing
yang terbuka secara alami dan beberapa pengeboran untukmengetahui kedalaman dari lapisan batubara kearah kemiringandengan maksud memastikan deposit batubara yang potensial.Kemudian akan berlanjut kepada teknik eksplorasi yang lebih tinggimenggunakan mesin dan peralatan yang spesifik. Dalam bab ini akandijelaskan secar ringkas mengenai survei geologi permukaan yangmerupakan dasar dari semua survei geologi. Namun, lingkuppenyelidikan perlu dikembangkan, tidak hanya pada batubara itu

Activity (160)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
k4lonk liked this
Muhammad Gentur liked this
Taufiq Al Idrus liked this
Metkp Barut liked this
adityawardhana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->