Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengoptimalkan Perkembangan Motor Bayi 0-12 Bulan Pendahuluan

Mengoptimalkan Perkembangan Motor Bayi 0-12 Bulan Pendahuluan

Ratings: (0)|Views: 1,918 |Likes:
Published by ivankasa

More info:

Published by: ivankasa on Feb 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
Mengoptimalkan Perkembangan Motor Bayi 0-12 Bulan
 
Pendahuluan
  Tumbuh kembang seorang anak di tahun pertamanya memang sangatmenakjubkan. Bayangkan saja, dari seorang bayi yang tak berdayaketikalahir, ia akan memiliki sejumlah kepandaian yg mempesonakan kita,kedua orang tuanya. Awalnya, tubuh bayinya yg mungil memang hanya mampumenggerakkan kepala, tangan dan kakinya. Pada saat ini, reflekstubuhnyalah yang bekerjasempurna. Ya, perkembangan bayi memang diawali dengan gerakanrefleks, yaitu gerakan-gerakan yg terjadi secara otomatis, tanpadisadari. Seiring dengan menghilangnya kemampuan refleks bayi, secarabertahap
 
kemampuan motoriknya berkembang. Ia tidak saja mampumengangkat kepaladan memabalikkan tubuhnya, tetapi juga mencoba merangkak. Laludengan bertambahnya usia, si kecil kemudian akan mampu duduk,merangkak, berdiri, lalu..berjalan ! Nah, agar ketrampilan motorik bayi tumbuh dan berkembang optimal,sebagai orang tua kita perlu memahami tahap-tahapperkembangannya dan memberikan stimuli atau rangsangan ygtepat sesuai tahap perkembangannya tersebut. Dengan semikian,bila terjadi keterlambatan atau gangguan padaketrampilan motorik si kecil, bisa segera terdeteksi dan dikoreksi.  Tahap-tahap Perkembangan Motor Pada dasarnya, yg dimaksud dengan perkembangan motorik adalahprosestumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Secara umum,perkembangan motor dibagi menjadi dua yaitu motor kasar dan motorhalus. Motor kasar adalah bagian dari aktivitas motor yg melibatkanketrampilanotot-otot besar. Gerakan-gerakan seperti tengkurap,duduk,merangkak, dan mengangkat leher adalah bagian dari aktivitas motorkasar. Gerakan inilah yg pertama terjadi pada tahun pertama usiaanak.
 
 Sedangkan motor halus merupakan aktivitas ketrampilan ygmelibatkangerakan otot-oto kecil. Menggambar, meronce manik-manik, menulisdanmakan adalah contoh beberapa gerakan motor halus. Kemampuanmotor halusini berkembang setelah kemampuan motor kasar si kecil berkembangoptimal.  Yang perlu diingat, sebagai makhluk kecil yg "tak berdaya", bayisangattergantung kepada orang lain. Karena itu, dalam perkembangan motorkasarnya, si kecil sangat memerlukan bantuan orang lain, khususnyakeduaorang tuanya. A. Usia 0-3 bulan. Sampai kurang lebih usia 3 bulan, gerakan refleks yg memang sudahterjadi pada saat ia masiha da dalam kandungan masih dominan. Iniadalahgerakan di luar kesadaran si bayi, tidak terkoordinasi dan meriupakangerak primitif. Gerak motor kasar ini muncul jika gerak refkleks sikecil telah hilang. Gerakan refleks yg muncul pada bayi adalah :Refleks hisapPerhatikan bila Anda menyentuh putting susu ke ujung mulut bayi,makaotomatis ia akan melakukan gerakan menghisap Refleks genggamBila Anda menyodorkan jari telunjuk kepadanya, si kecil otomatis akanmenggenggam jari Anda Refleks leher (tonic neck refklex)Pada posisi terlentang, jika kepala bayi menoleh ke satu sisi makaterjadi ekstensi atau peningkatan tonus (kekuatan otot) pada lengandantungkai sisi tersebut Rooting reflex Jika pipi bayi disentuh, kepala akan menoleh ke arah stimulus danmulutterbuka. 
 
Ada satu refleks lain yg diperlihatkan bayi pada minggu-minggupertamakehidupannya, yaitu refleks moro. Berebda dengan refleks lainnya ygtermasuk kategori gerakan motor, refleks moro ini menurut para ahlisebetulnya termasuk reaksi emosional yg timbul dari kemauan ataukesadaran si bayi. Refleks moro ini timbul kalau bayi dikagetkan secara tiba-tiba ataumendengar suara keras, bayi melakukan gerakan refleks, yaitumelengkungkan badan (bagian punggung) dan mendongakkankepalanya ke arahbelakang. Bersamaan dengan gerakan tersebut, kaki dan tangan bayidigerakkan ke depan. Reaksi sesaat ini biasanya diiringi dengantangisanyg keras. Tetapi Anda tidak usah khawatir dengan kondisi ini, karenarefleks moro akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yg singkat. Pada bulan ke-2 dan 3 gerakan refleks bayi akan mulai menghilang.Kinimulai muncul gerak motor kasar. Gerak ini tentu saja lebih terarah,seperti dapat dilihat pada gerakan otot lehernya. Ia kini dapatmengangkat kepalanya karena otot lehernya semakin kuat. Bilatengkurap,si kecil akan mengangkat kepalanya. Bukan itu saja, bila didudukkan,bayi usia inipun sudah dapat menegakkan kepalanya  Tabel : Perkembangan & Rangsangan Motor Bayi Usia 0-3 Bulan Perkembangan motor kasar Rangsangan yg diberikan Tangan dan kaki bergerak aktif Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap Membaringkan bayidalamposisi tengkurapDalam posisi tengkurap dapat mengangkat dada (masuk usia 3 bulan)Panggil namanya atau bertepuk tangan sambil tersenyum padanyaKepala tegak ketika didudukkan Melatihnya duduk B. Usia 4-6 bulanSetelah gerak reflek menghilang dan gerak motorik mulai muncul,makaaktivitas si kecil makin bermacam-macam. Pada usia 4 bulan,misalnya, sikecil sudah dapat tengkurap dan terlentang, menumpu badan padakaki,serta dada terangkat menumpu pada lengan. 

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Maha Wahyudi liked this
DeWi Padi liked this
DeWi Padi liked this
Anny Lu liked this
risna_aging liked this
Dewi Yardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->