Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1 BAB I PENDAHULUAN Akhir-Akhir Ini Ramai

1 BAB I PENDAHULUAN Akhir-Akhir Ini Ramai

Ratings: (0)|Views: 552 |Likes:
Published by opeks

More info:

Published by: opeks on Feb 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Akhir-akhir ini ramai dibicarakan gagasan dari Direktorat Pembinaan TK/SD Depdiknas untuk memberikan penghargaan dan sanksi kepadabupati/walikota yang peduli dan abai terhadap pendidikan. Hal inibertujuan untuk memacu sinergi antara pemerintah pusat dan daerahdalam bidang pendidikan.
1
Menurut Angelina Sondakh, anggota Komisi XDewan Perwakilan Rakyat RI dari Partai Demokrat, gagasan tersebut perludidukung karena kompetisi untuk meraih predikat terbaik sertamenghindari predikat terburuk adalah wahana efektif bagi daerah untukmembuat terobosan berarti dalam urusan pendidikan.
2
  Jauh, sebelum itu, tuntutan birokrasi agar mengemuka dalamperanannya untuk perbaikan ekonomi disuarakan oleh Faisal Basri.
3 
Dikatakan bahwa untuk memelihara hasil-hasil yang telah dicapai dalambentuk kestabilan makro ekonomi, pemerintah dituntut untuk melakukanlangkah awal nyata dan terukur sebagai bagian dari langkah-langkahkomprehensif untuk memperkuat landasan perekonomian. Pemerintahdituntut untuk mengenyahkan segala rintangan yang berasal dari faktoreksternal, melindungi hak-hak dasar perusahaan dari persaingan tidaksehat, dan arus barang impor. Dengan begitu, pasar dalam negeri bisamenjadi katup pengaman yang ampuh untuk meredam gelombangkebangkrutan usaha dan pemutusan hubungan kerja.Contoh di atas adalah sebuah cuplikan upaya untuk melakukanreformasi birokrasi.
4
Dengan mengambil contoh urusan pemerintahan dibidang pendidikan dan ekonomi, maka ada semacam wacana untuk
1
 
Kompas,
8 Desember 2005, hlm. 12.
2
 
Kompas,
9 Desember 2005, hlm. 12.
3
Faisal Basri, “Bertahan di Tengah Nestapa Tak Berujung”,
Kompas,
7 April 2003,hlm. 1.
4
Menurut Tri Ratnawati, reformasi birokrasi dapat dilihat sebagai proses maupunalat. Sebagai proses, reformasi birokrasi merupakan berubahnya praktik-praktik, tingkahlaku, dan struktur birokrasi yang telah mapan. Sebagai alat, merupakan suatu saranauntuk membentuk pemerintahan yang lebih efektif dalam menghadapi perubahan sosialdan sarana yang lebih baik untuk menuju kesetaraan politik, keadilan sosial, danpertumbuhan ekonomi. Periksa: Tri Ratnawati, “Masalah Kinerja dan Akuntabilitas KepalaDaerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Era Otonomi Daerah” dalam SyansuddinHaris, 2005,
Desentralisasi & Otonomi DaeraH: Desentralisasi, Demokratisasi, dan Akuntabilitas Pemerintahan Daerah,
 Jakarta: LIPI Press, hlm. 95.
1
 
menematkan kembali fungsi utama birokrasi, yaitu pelayanan publik. Adasemangat untuk memberikan
carriot and stick,
penghargaan danhukuman. Pada intinya, persoalan ini—yang dapat dikembangkan lagi kedalam persoalan-persoalan lain yang lebih luas—menggambarkan betapabesar peran birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang bertanggung jawab. Tulisan di bawah ini hendak menggambarkan konsep birokrasi danperanannya dalam membentuk pemerintahan yang bertanggung jawab.2
 
BAB IIBIROKRASI: ASAL-USUL PENGERTIAN DAN PERTUMBUHAN PERANA. BIROKRASI: ORIGINALITAS KONSEP
Kata “birokrasi” secara leksikal mengandung pengertian: (a) Sistempemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telahberpegang pada hirarki dan jenjang jabatan; (b) Cara bekerja ataupekerjaan yang lamban, serta menurut tata aturan (adat, dsb) yangbanyak liku-likunya, dan sebagainya.
5
Menurut Blau dan Meyer, birokrasiadalah jenis organisasi yang dirancang untuk menangani tugas-tugasadministrasi dalam skala besar serta mengkoordinasikan pekerjaan orangbanyak secara sistematis.
6
Sementara itu, Bintoro Tjokroamidjojomengatakan bahwa birokrasi merupakan struktur sosial yang terorganisirsecara rasional dan formal. Jabatan-jabatan dalam organisasi diitegrasikanke dalam keseluruhan struktur birokrasi. Dengan demikian, birokrasidisusun sebagai hirarki otoritas yang terelaborasi yang mengutamakanpembagian kerja secara terperinci yang dilakukan sistem administrasi,khususnya oleh aparatur pemerintah.
7
Sehubungan dengan hal ini, Miftah Thoha mengatakan bahwa birokrasi merupakan kepemimpinan yangdiangkat oleh suatu jabatan yang berwenang, dia menjadi pemimpinkarena mengepalai suatu unit organisasi tertentu. Kepemimpinan birokrasiselalu dimulai dari peran yang formal, yang diwujudkan dalam hirarkikewenangan. Dalam hal ini, kewenangan birokrasi merupakan kekuasaanlegitimasi jika pimpinan mempunyai otoritas berarti efektikepeimpinannya.
8
Eddhi Sudarto, yang mengutip Weber
9
,memberikan ciri-ciri birokrasisebagai berikut:
5
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993,
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
 Jakarta: Balai Pustaka, hlm. 120.
6
Peter Blau dan Marshall W. Meyer, 1987,
Birokrasi dalam Masyarakat Modern,
 Jakarta: UI, hlm. 4.
7
Bintoro Tjokroamidjojo, 1987,
Pengantar Administrasi Pembangunan,
 Jakarta:LP3ES, hlm. 65.
8
Miftah Thoha, 1987,
Perspektif Perilaku Birokrasi: Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara Jilid II,
 Jakarta: Rajawali, hlm. 144.
9
Eddhi Sutarto,
op.cit.
, hlm. 139-140.
3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ruzhh liked this
Gattuso Kendi liked this
frangko liked this
allfredoem liked this
allfredoem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->