Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
189Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Identitas Dan Karakteristik Siswa Smp Serta Metode Pembelajarannya

Identitas Dan Karakteristik Siswa Smp Serta Metode Pembelajarannya

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 14,961 |Likes:
Published by Ade

More info:

Published by: Ade on Feb 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Pertumbuhan yang terjadi sebagai perubahan individu lebih mengacu danmenekankan pada aspek perubahan fisik kearah yang lebih maju. Dengan katalain, pertumbuhan dapat didefinisikan sebagai proses perubahan fisiologisyang bersifat progresif dan kontinu serta berlangsung dalam periode tertentu.Oleh karena itu, sebagai hasil dari pertumbuhan adalah bertambahnya beratatau tinggi badan, tulang otot menjadi lebih kuat, lingkar tubuh menjadi lebihbesar, dan organ tubuh menjadi lebih sempurna. Pada akhirnya, pertumbuhanini mencapai titik akhir yang berarti bahwa pertumbuhan telah selesai. Bahkanpada usia tertentu, misalnya usia lanjut, justru terdapat bagian-bagian fisik tertentu yang mengalami penurunan dan pengurangan. Sedangkanperkembangan lebih mengacu pada perubahan karakter yang khas dari gejala-gejala psikologis ke arah yang lebih maju.Pertumbuhan dan perkembangan manusia mengalami beberapa tahapan,dimana dari setiap tahap memiliki suatu identitas dan karakteristik tersendiriyang dipengaruhi oleh banyak faktor. Perkembangan dapat dicapai karenaadanya proses belajar dan proses belajar hanya mungkin berhasil jika adasuatu pembelajaran yang sesuai dengan tahapan yang sesuai pula.Masa remaja terletak diantara masa anak dan masa dewasa. Masa Remajaadalah tahapan yang pada umumnya dimulai sekitar usia 13 tahun. Awal masaremaja ditandai dengan pertumbuhan fisik sangat pesat dengan mulaiberfungsinya hormon-hormon sekunder pada permulaan masa remaja.Pertanda fisik yang sudah menyerupai manusia dewasa ini tidak di ikutidengan perkembangan psikis yang sama pesatnya. Masa remaja merupakanmasa transisi dari masa anak-anak menuju kehidupan orang dewasamerupakan masa yang sulit dan penuh gejolak sehingga sering disebut sebagaimasa badai dan topan (
strum and drang
), masa pancaroba dan berbagai
 
2sebutan lainnya yang menggambarkan banyaknya kesulitan yang dialami padamasa perkembangan ini.Dari suatu perubahan yang terjadi pada masa remaja ini membawa suatukonsekuensi mengenai metode dan materi tentang kegiatan pembelajaran.Namun perubahan yang terjadi di dalam individu ini juga sangat dipengaruhioleh faktor lingkungan sekitarnya.
B.
 
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalahsebagai berikut:1.
 
Bagaimana karakteristik perkembangan anak usia SMP?2.
 
Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan untuk anak usia SMP?3.
 
Bagaimana peran lingkungan terhadap perkembangan anak usia SMP?
C.
 
Tujuan Penulisan
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut diatas, maka tujuan yang ingindicapai antara lain untuk:
 
1.
 
Mengetahui karakteristik perkembangan anak pada usia SMP.2.
 
Mengetahui metode pembelajaran yang digunakan untuk anak SMP.3.
 
Mengetahui peran lingkungan terhadap perkembangan anak usia SMP.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SMP1.
 
Pengertian Dan Ruang Lingkup Anak Usia SMP
Remaja dalam bahasa aslinya disebut
adolescence
, berasal dari bahasa
adolescere
yang berarti “tumbuh atau tumbuh untuk mencapaikematangan”. Perkembangan lebih lanjut, istilah
adolescence
 sesungguhnya memiliki arti mencakup kematangan mental, emosional,sosial dan fisik.Secara umum remaja dapat didefinisikan sebagai suatu tahapperkembangan pada individu, dimana remaja mengalami perkembanganbiologis, psikologis, moral dan agama. Remaja juga merupakan polaidentifikasi dari anak-anak menjadi dewasa. Dapat dikatakan juga, bahwaremaja adalah masa transisi dari periode anak-anak menuju dewasa.Untuk memudahkan identifikasi, biasanya masa remaja dibatasi olehwaktu tertentu.WHO membagi 2 tahap usia remaja yaitu:a.
 
Remaja Awal : 10 – 14 tahunb.
 
Remaja akhir : 15 – 20 tahunOleh karena itu, anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapatdikategorikan sebagai anak usia remaja awal. Pada umumnya ketika usiaSekolah Menengah Pertama (SMP) adalah masa remaja awal setelahmereka melalui masa-masa pendidikan Sekolah Dasar. Remaja awal iniberkisar antara umur 10-14 tahun. Masa remaja awal atau masa puberadalah periode unik dan khusus yang ditandai dengan perubahan-perubahan perkembangan yang tidak terjadi dalam tahap-tahap lain dalamrentang kehidupan.

Activity (189)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riyan Pratama liked this
Yuni Nofitasari liked this
Rime Aksen liked this
Muna Fadlli liked this
Rina Rizkiana Sb liked this
syamsuriwal liked this
Yadi Supriadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->