Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
88Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TES MINAT Pengantar Pada Dasarnya Para Ahli

TES MINAT Pengantar Pada Dasarnya Para Ahli

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,474 |Likes:
Published by Dany Miftahul Ula
alat tes
alat tes

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Dany Miftahul Ula on Feb 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
TES MINATPengantar
Pada dasarnya para ahli psikologi sepakat bahwa minat dipandang sebagai aspek non kognitif yang sama sekali berbeda dengan aspek kognitif. Sebagai konsekuensinya,untuk mengetahui minat seseorang digunakan instrumen (yang antara lain berupa tes)yang harus tidak mengungkap aspek kognitif, yang biasanya disebut kemampuan.Sejarah tes minat dimulai tahun 1921 dengan diterbitkannya tes minat yang pertama, yakni
Carnegie Interest Inventory.
 
Penerapan Tes Minat
Pada umumnya hasil tes minat digunakan dalam 3 bidang terapan, seperti yangdiuraikan dibawah ini. Perlu dicatat bahwa berdasarkan pengamatan jarang ditemuisuatu hasil tes minat digunakan secara eksklusif dengan mengabaikan hasil pengukuranterhadap aspek kognitif dan aspek non kognitif yang lain, seperti : tes inteligensi, tes bakat, ataupun tes kepribadian.Berikut ini 4 bidang terapan hasil tes minat :1.Konseling Karie2.Konseling Pekerjaan3.Penjurusan Siswa
Macam-macam Tes Minat
Diantara berbagai tes minat, berikut ini akan diuraikan secara ringkas 5 tes minatyang dipandang memiliki prospek penggunaan yang cerah.1.
Strong Vocational Interest Blank (SVIB)
Pertama kali dipublikasikan tahun 1927. Pada edisi tahun 1966 terdapat 399 itemyang mengukur 54 macam pekerjaan untuk pria. Bentuk yang lain digunakan khususuntuk 32 macam pekerjaan wanita. Tes minat ini bertahan sampai 22 tahun. Hal iniditeliti antara lain pada mahasiswa kedokteran, ternyata minat mereka tetap tinggisetelah bekerja lama sebagai dokter (riset di Stanford).
2.SCII 
Tes ini dibuat untuk mengatasi kelemahan SVIB. Bentuk untuk pria yang terpisahdari wanita disatukan dalam SCII. Studi yang impresif dilakukan untuk 437 macam pekerjaan. Terdapat 6 faktor kepribadaian yang berkaitan dengan minat, yaitu :
realistic, investigative, artistic, social, enterprising,
dan
konvensional.
Lebih jauh dalamSCII hal tersebut diterjemahkan menjadi :(1). Pekerjaan : 131 item (contoh item : aktris, pengacara, sekretaris)(2). Subjek sekolah : 36 item (contoh item : aljabar, ekonomi)(3). Aktivitas : 51 item (contoh item : memasak, melihat, operasi)(4). Hiburan : 39 item (contoh item : memancing, tinju)(5). Tipe orang : 24 item (contoh item : perwira militer, penari)(6). Preferensi antara 2 aktivitas : 30 item (contoh item : jadi pilot atau petugas biro perjalanan)(7). Karakteristik anda : 14 item (contoh item : sabar ketika mengajar)
 Pelatihan Tes Inteligensi, Bakat &
Minat
 Lab Psikologi, 27 Juni -1 Juli‘05
 
3.Tes Kuder
Terdiri dari atas berbagai macam format/ bentuk, antara lain :(1).
 Kuder Preference Record – Vocational (KPR-V)
(2).
 Kuder General Interest Survey (KGIS)
(3).
 Kuder Occupational Interest Survey (KOIS)
Tes Kuder yang sering digunakan di Indonesia adalah dengan bentuk KPR-V.
 Kuder Preference Record – Vocational (KPR-V)
KPR-V menyajikan 10 macam/kelompok/bidang pekerjaan yang luas, yaitu :(1). Pekerjaan lapangan (Outdoor)(2). Meknaik (3). Komputasi(4). Ilmiah (Science)(5). Persuasif (6). Artistik (7). Sastra(8). Musik (9). Pelayanan Sosial(10). Klerikal (Sekretaris/ kantoran)Selain 10 bidang pekerjaan itu terdapat subskala, yaitu verifikasi, yang bukanmerupakan pengukur minat pekerjaan. Verifikasi digunakan sebagai cek kejujuran dankecermatan dalam memberikan jawaban. Hal ini dapat dipahami, karena pengukuranminat (kemampuan non kognitif) memiliki kelemahan yang sukar dihindari. Yaitukemungkinan subjek memberikan jawaban yang sebenarnya tidak cocok dengankeadaan dirinya, tetapi merupakan jawaban yang dikehendaki oleh orang lain.Ke-10 bidang pekerjaan ditambah dengan subskala Verifikasi itu diukur melalui 168 pasang pernyataan (14 pasang x 12 halaman).Setiap nomor pada KPR-V terdiri atas 3 pernyataan, subjek disuruh memilih 1 pernyataan yang paling disukai dan 1 pernyataan yang paling tidak disukai. Setiap pernyataan merupakan satu aktivitas dalam pekerjaan tertentu.Waktu untuk mengerjakan pada skala yang asli hanya berkisar 30 – 40 menit, tetapi pada bentuk skala yang berbahasa Indonesia memerlukan waktu 2 kali lipat, yaitu 60menit.
4.Minnesota Vocational Interest Inventory (MVII)
Dasarnya adalah 9 minat dasar seperti SVIB, termasuk mekanik, elektronik, dan
catering 
(pelayanan makanan).5.
 RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)
Pengantar :
Menurut sejarahnya, tes tersebut disusun oleh Rothwell pertama kali pada tahun1947. Saat itu tes ini hanya memiliki 9 jenis katagori dari jenis-jenis pekerjaan yangada. Kemudian pada tahun 1958, tes diperluas dari 9 katagori menjadi 12 katagori olehKenneth Miller. Sejak saat itu, tes minat tersebut menjadi
Test Interest Rothwell-Miller 
atau yang lebih dikenal dengan Tes RMIB (
 Rothwell Miller Interest Blank)
.Hal-hal yang merupakan kekhususan dari tes ini adalah :
Dapat dimasukkan ke dalam susunan baterry test
Lebih mudah dikerjakan oleh subjek 
 Pelatihan Tes Inteligensi, Bakat &
Minat
 Lab Psikologi, 27 Juni -1 Juli‘05
 
Skore dapat disusun dengan lebih cepat
Lebih cocok diberikan untuk orang dewasa.
Hasil keseluruhan dari tes akan memperlihatkan pola interest dari subjek.Tes ini disusun dengan tujuan untuk mengukur interest seseorang berdasarkansikap seseorang terhadap suatu pekerjaan.
1.Material Test
Tes Interest Rothwell-Miller merupakan suatu formulir yang berisikan suatudaftar pekerjaan yang disusun menjadi 9 kelompok dengan kode huruf dari Asampai I, dan dibedakan antara pria dan wanita.Masing-masing kelompok terdiri dari 12 jenis pekerjaan, yang masing-masingmewakili kategori pekerjaan tertentu, dengan alasan bahwa banyak pekerjaan- pekerjaan yang relatif homogen.Adapun ke-12 kategori tersebut :
a. Out door :
Pekerjaan yang aktivitasnya dilakukan diluar atau diudara terbuka atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang rutin sifatnya.Untuk Laki-laki/ Pria :Petani, petani tanaman hias, penjaga hutan, juru ukur, penyelidik, ahli sortir kulit, nelayan, sopir pengangkutan.Untuk Wanita :Pekerjaan pertanian, guru pendidikan jasmani (guru olah raga), pramugari, ahli pertamanan, pembina keolahragaan, peternak, peternak ayam, petani bunga,tukang kebun. b.
Mechanical :
Pekerjaan yang berhubungan dengan atau menggunakan mesin, alat-alat dandaya mekanik.Untuk Laki-laki/ Pria :Insinyur Sipil, ahli pembuat alat-alat, tukang bubut, tukang listrik, montir,instalator, pembuat arloji, montir radio, tukang las.Untuk Wanita :Pengemudi kendaraan militer, petugas
assembling 
(perakit) alat-alat, petugasmesin rajut, petugas pompa bensin, ahli reparasi jam, ahli gosok lensa, petugasmesin sulam, ahli reparasi permata, operator mesin kaos kaki.c.
Computational 
Pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka, berhitung, estimasi.Untuk Laki-laki/ Pria :Akuntan, ahli statistic, auditor, penaksir pajak pendapatan, guru matematika, pembantu kasir, kasir, juru bayar, petugas pajak.Untuk Wanita :Akuntan, pegawai, urusan gaji, auditor, petugas mesin hitung, guru ilmu pasti,kasir ahli tatabuku, juru bayar, pegawai pajak.
 Pelatihan Tes Inteligensi, Bakat &
Minat
 Lab Psikologi, 27 Juni -1 Juli‘05

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->