Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
II. Pembelajaran Analisis Peluang Bisnis 1. Tujuan

II. Pembelajaran Analisis Peluang Bisnis 1. Tujuan

Ratings: (0)|Views: 1,277|Likes:
Published by Missrule_Mb_6926

More info:

Published by: Missrule_Mb_6926 on Feb 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
II. PEMBELAJARANANALISIS PELUANG BISNIS1. Tujuan
Setelah menyelesaikan modul ini Anda akan mampumenganalisis peluang usaha dengan menggunakan alat analisisportofolio dab SWOT.
2. Uraian MateriANALISIS PELUANG BISNIS
Secara umum, yang menyebabkan seseorang mampu melihatpeluang usaha dibandingkan yang tidak adalah pertama merekamemiliki akses yang lebih baik akan informasi tentang keberadaanpeluang. Kedua, mereka dapat mengenali peluang lebih baikdaripada yang lain, walaupun diberikan sejumlah informasi yangsama tentang hal peluang. Biasanya, hanya orang yang memilikikemampuan kognitif superior yang memiliki kemampuan tersebut.Beberapa orang mampu mengenali peluang lebih baik karenamereka memiliki informasi lebih dibandingkan orang lain. Informasi inimemungkinkan seseorang untuk mengetahui bahwa sebuah peluangadalah sebuah anugerah ketika orang lain mengabaikan situasitersebut. Informasi pengalaman hidup yang spesifik, sepertipekerjaan atau kehidupan sehari-hari dapat memberikan akses padainformasi dimana orang lain belum tentu mendapatkannya
A. IDE BISNIS, KREATIVITAS, dan PELUANG BISNIS1. Arti ide bisnis, kreativitas, dan peluang bisnis
 Ide bisnis adalah respon seseorang, atau banyak orang untukmemecahkan masalah yang teridentifikasi, untuk memenuhikebutuhan di suatu lingkungan. Mencari ide bisnis yang bagusadalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitaspengusaha menjadi peluang bisnis. Dua hal penting yang harus
 
dicatat, Pertama walaupun merupakan prasyarat, ide bisnishanyalah suatu alat. Kedua, suatu ide betapapun bagusnya tidakcukup untuk kesuksesan. Dengan kata lain, sebuah ide hanyalahalat yang harus dikembangkan, dan diubah menjadi peluangbisnis yang menguntungkan.Kreativitas adalah kemampuan untuk merancang, membentuk,membuat atau melakukan sesuatu dengan cara yang baru ataucara lain. Kemampuan menimbulkan solusi yang kreatif seringkalimenandai perbedaan antara sukses dan kegagalan dalam bisnis.Kenyataannya, pengusaha yang sukses selalu kreatif dalammengidentifikasi sebuah produk/ jasa atau peluang bisnis yangbaru.Peluang bisnis adalah suatu ide yang menarik yang memberikemungkinan hasil bagi seorang pengambil resiko. Peluangseperti itu diwakili oleh persyaratan pelanggan dan menujupenyediaan suatu produk atau jasa dan menciptakan ataumenambah nilai bagi pembelinya. Suatu ide yang bagus belumtentu merupakan peluang bisnis yang baik. Sebagai contoh, Andamenciptakan suatu produk yang bagus dari segi teknis namunpasar belum siap untuk produk itu. Atau ide itu masuk akal, tetapitingkat persaingan dan sumber daya yang dibutuhkan tidak layakuntuk dilanjutkan. Kadang-kadang bahkan ada pasar yang siapuntuk ide itu, tetapi pengembalian investasi tidak dapat diterima.Jadi, apa yang mengubah suatu ide menjadi peluang usaha?Jawaban yang sederhana adalah bila pendapatan melebihi biaya+ laba.
2. Sumber ide bisnis
 Ide bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakanprasyarat untuk usaha bisnis yang sukses. Namun demikian, idebisnis yang bagus biasanya tidak langsung datang kepadapengusaha. Tetapi, merupakan hasil dari kerja keras dan upayadari pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi danmengevaluasi peluang.
 
Sumber ide bisnis dapat dari pekerjaan dan keterampilan, minatdan hobi, pengalaman, pengamatan, media masa, pameran,hubungan dengan orang lain.
 
Pekerjaan dan Keterampilan
Pekerjaan dan keterampilan yang sudah Anda milikimerupakan sumber yang kaya akan ide bisnis untuk Anda.Alasannya? Dari sinilah insting bisnis Anda dibentuk dandipupuk. Banyak orang memilih ide usaha dari pekerjaan yangpernah mereka tekuni dan keterampilan yang sudah merekamiliki.
 
Minat dan hobi
Kedua hal ini merupakan sumber yang memiliki kekuatanampuh dalam membangun keyakinan serta motivasi bagi Andauntuk memulai usaha. Umumnya orang tidak merasa terbebanuntuk melakukan yang ia senangi. Ini merupakan modal kuatbagi seorang wirausahawan yang menekuni dunia yangmemang ia cintai.
 
Pengalaman.
Pengalaman diri maupun orang lain, selain merupakan guruyang baik, juga merupakan sumber ide bisnis sangat berharga.Pengalaman buruk, memberikan kesan yang mendalam bagiAnda, yang tidak mudah untuk dilupakan. Dari pengalamanburuk, tentunya Anda tidak ingin terulang lagi. Anda akanberusaha mencari jalan "baru" untuk menghindari kesulitan danmasalah yang pernah Anda alami. Jalan baru inilah yangmemacu munculnya ide-ide bisnis yang brilian.Pengalaman hidup ini memberikan proses permulaan padainformasi bahwa orang lain telah menggunakan sumberdayasecara tidak lengkap atau tidak proporsional. Pengalamanhidup memberikan referensi pada pengatahuan yangdibutuhkan untuk mengetahui peluang.
 
Pengamatan.
Pengamatan akan menjadi sumber ide bisnis yang tak habis-habisnya. Dari pengamatan yang terjadi di sekitar Anda, Andabisa menemukan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi,

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agung Supe liked this
Fitriani Isnaini liked this
Antonius Wijaya liked this
Antonius Wijaya liked this
aidnir25 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->