Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
53Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 6 - Anggaran Induk Final

Bab 6 - Anggaran Induk Final

Ratings: (0)|Views: 10,192|Likes:
ANGGARAN INDUK DAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN
ANGGARAN INDUK DAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN

More info:

Published by: Agaphilaksmo Parayudha on Feb 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
BAB 6ANGGARAN INDUK DAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABANAnggaran dan Siklus AnggaranA.Pengertian Anggaran
Anggaran adalah pernyataan kuantitatif dari suatu rencana kegiatan yang dibuatmanajemen untuk periode tertentu dan anggaran juga dapat diartikan sebagai suatualat yang membantu menggoordinasikan hal-hal yang perlu dilakukan gunamengimplementasikan rencana tersebut. Secara umum anggaran mencakup aspekkeuangan dan nonkeuangan dari sebuah rencana, dan berfungsi sebagai cetak biruyang akan diikuti oleh perusahaan pada periode mendatang.
B.Perencanaan Strategis dan Perencanaan Operasional
Perencanaan yang matang dan penyusunan strategi manajemen yang mumpunioleh manajemen perusahaan sangat menentukan untuk menetapkan penganggaran.Dalam mengembangkan srategi yang sukses, manajer mempertimbangkanpertanyaan-pertanyaan seperti :
Apa tujuan perusahaan ?
Apakah pasar untuk produk perusahaan bersifat local, regional, nasional atauglobal ? apakah tren mempengaruhi pasar? Bagaimana perusahaan dipengaruhioleh ekonomi, industri kita dan pesaing kita?
Apa struktur organisasi dan keuangan yang paling baik untuk perusahaan?
Apa risiko dan peluang dari strategi alternative, dan apa rencana kontinjensi kita jika rencana yang telah disiapkan gagal?
Bagan Strategi, Perencanaan, dan AnggaranA.Siklus Pengganggaran dan Anggaran Induk
 Anggaran Induk dan Akuntansi Pertanggungjawaban
 
1
 
Perusahaan yang dikelola dengan baik biasanya mengikuti langkah-langkahpenganggaran yang menyerupai siklus berikut ini selama tahun fiskal :1.Manajer dan akuntan manajemen bekerja sama dalam merencanakan kinerjaperusahaan secara keseluruhan serta kinerja dari subunitnya ( departemen ataudivisi ). Dengan memperhitungkan kinerja masa lalu dan mengantisipasiperubahan yang akan dating, manajemen pada semua tingkatan setuju atas apayang diharapkan.
2.
Manajer senior memberikan kerangka referensi kepada manajer bawahannya,berupa ekspektasi keuangan dan nonkeuangan khusus yang dapat dibandingkandengan hasil aktual.
3.
Akuntan manajemen membantu manajer menginvestigasi penyebab perbedaandari rencana, seperti penurunan penjualan yang tidak diharapkan. Jika perlu,diikuti dengan tindakan korektif, seperti pengurangan harga untuk mendongkrakpenjualan atau memotong biaya untuk mempertahankan profitabilitas.
4.
Manajer dan akuntan manajemen memperhitungkan umpan balik pasar,perubahan kondisi, dan menggunakan pengalamannya untuk memulai membuatrencana untuk periode selanjutnya. Sebagai contoh, penurunan penjualanmungkin menyebabkan manajer berfikir tentang peluncuran produk baru padaperiode selanjutnya.Keempat langkah tersebut menggambarkan proses anggaran secara berkelanjutan.Dokumen kerja pada inti proses anggaran ini disebut sebagai anggaran induk.Anggaran induk (
master budget 
) menyatakan rencana operasi dan keuangan yangdibuat manajemen untuk periode tertentu (biasanya tahun fiskal), dan mencakupsekumpulan laporan keuangan yang dianggarkan. Anggaran induk merupakanrencana awal yang ingin dicapai perusahaan dalam periode anggaran. Anggaraninduk disusun berdasarkan keputusan menyangkut operasi dan keuangan yangdibuat oleh manajer.
Keputusan menyangkut operasi berkaitan dengan penggunaan sumber dayaperusahaan secara efisien.
Keputusan menyangkut keuangan berkaitan dengan cara mendapatkan danauntuk membeli sumber daya tersebut.
A.Keunggulan Anggaran
Anggaran merupakan bagian dari system pengendalian manajemen yangterintegrasi. Jika dikelola dengan baik, anggaran akan :
Meningkatkan koordinasi dan komunikasi di antara subunit dalamperusahaan.
Menyediakan kerangka kerja untuk menilai kinerja.
 Anggaran Induk dan Akuntansi Pertanggungjawaban
2
 
Memotivasi para manajer dan karyawan lainnya.
A.Koordinasi dan Komunikasi
Koordinasi adalah menghubungkan dan menyeimbangkan semua aspek produksiatau jasa serta semua departemen dalam perusahaan dengan cara terbaik gunamencapai tujuannya. Komunikasi adalah mengupayakan agar tujuan-tujuan tersebutbisa dipahami dan diterima oleh semua karyawan.
B.
Kerangka Kerja Untuk Menilai Kinerja
Rencana akan memungkinkan manajer perusahaan untuk mengukur kinerjaaktual terhadap anggaran. Anggaran dapat mengatasi dua keterbatasan daripenggunaan kinerja masa lalu sebagai dasar untuk menilai kinerja actual. Salah satuketerbatasan itu adalah bahwa hasil masa lalu sering kali memasukkan kesalahanmasa lalu dan kinerja sub standar.
C.Memotivasi Manajer dan Karyawan Lainnya
Riset menunjukkan bahwa anggaran yang ‘menentang’ akan meningkatkankinerja karyawan. Ketidak mampuan untuk mencapai apa yang sudah dianggarkanbisa dipandang sebagai suatu kegagalan. Kebanyakan karyawan termotivasi untukbekerja lebih keras guna menghindari kegagalan, dan bukan untuk mencapai sukses.Semakin mendekati target, karyawan akan bekerja lebih keras untuk mencapainya.
D.Tantangan dalam Penyusunan Anggaran
Penganggaran menghabiskan banyak waktu yang melibatkan semua tingkatanmanajemen. Manajer puncak menginginkan manajer pada tingkat yang lebih rendahuntuk berpartisipasi dalam proses penganggaran karena mereka lebih memahamikegiatan operasional sehari-hari. Partisipasi juga menciptakan komitmen dantanggung jawab yang lebih besar menyangkut anggaran diantara manajer ditingkatyang lebih rendah. Hal ini merupakan aspek bottom updalam prosespenganggaran.
E.Cakupan Waktu Anggaran
Anggaran biasanya memiliki periode waktu yang telah ditetapkan, seperti satubulan, satu kuartal, satu tahun dan lain-lain. Periode-periode tersebut bisa dipecahlagi kedalam sub periode. Misalnya anggaran kas 12 bulanan bisa dipecah kedalamperiode-periode bulanan sebanyak 12 bulan sehingga arus kas masuk dan arus kaskeluar dapat dikoordinasikan secara lebih baik.
 Anggaran Induk dan Akuntansi Pertanggungjawaban
3

Activity (53)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Thaty Mappole liked this
Ahmad Saadillah liked this
Aqua Fiet liked this
Lia Smile liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->