Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
54Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Soal Jawab Manajemen Produksi

Soal Jawab Manajemen Produksi

Ratings: (0)|Views: 4,090 |Likes:
Published by hudaime

More info:

Published by: hudaime on Feb 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
1
|
Manajemen Produksi ---- PST 2004 by: moko
SOAL JAWAB MANAJEMEN PRODUKSI1.Jelaskan peranan manajemen operasi dalam meningkatkan daya saing perusahaan pada persaingan usaha yang semakin kompetitif?2.Kenapa saat ini ada kecenderungan industri farmasi MNC (Multi Nasional Company)melakukan proses merger atau akuisisi.Jawab:Alasan untuk memperkuat struktur keuangannya karena industri farmasi memerlukandana/modal yang sangat besar untuk penemuan obat baru (drug discovery). Proses penemuan obat baru biasanya membutuhkan waktu 5 - 20 tahun membutuhkan danayang sangat besar.3.Apa yang dimasud dengan organisasi?Jawab:Organisasi adalah kumpulan dari elemen-elemen) orang, teknologi, informasi, struktur dan tujuan) untuk melaksanakan usaha-usaha produktifnya.Organisasi adalah orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan, tersusun darisejumlah subsistem yang saling berhubungan dan saling bergantung, bekerja atas pembagian kerja, dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.4.Sebutkan 2 fengsi esensial dari perusahaan dan fungsi-fungsi penting lainnya?Jawab:Fungsi esensial:
-
Produksi, meruapakan sisi penawartan (supply chain)
 
2
|
Manajemen Produksi ---- PST 2004 by: moko
-
Pemasaran, merupakan sisi permintaan (demand side)Fungsi perushaan lain:
-
Keuangan, meliputi penyediaan modal, gaji kaeyawan, investasi
-
Personalia, menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, meliputi: karir, planning, training, dan recruitment proses.5.Sebutkan pentingnya manajemen operasional untuk bidang-bidang fungsional lainnya?Jawab:
1.
Berkaitan dengan design, operasi, pengawasan sisi penawarana.Manajer pemasaran dapat memahami kemampuan dan keterbatasan produksi/operasi b.Manajer keuangan dapat merencanakan ekspansi kapasitas, kebutuhan, modal,aliran kas, dll.
c.
Para akuntan dapat menghitung akuntansi biaya, harga pokok pabrik melakukanauditing dan pengawasan, produksi dan persediaand.Manajer personalia dapat mengetahui kompleksitas desain pekerjaantraining/ketrampilan yang diperlukan, secara seleksi kayawan
e.
Ahli komputer dan sistem informasi dapat mengembangkan berbagai sistem yangdiperlukan.
2.
Sekitar 70% aktiva-aktiva yang ada: persediaan, mesin, alat di bawah pengawasanmanjaer produksi/operasi.3.Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat (HSE): sosial responsibilitas.
6.
Berilah contoh-contoh usaha untuk meningkatkan perbaikan terus- menerus supayadihasilkan efisiensi usaha yang dikenal sebagai “continuous improvement”Jawab:
 
3
|
Manajemen Produksi ---- PST 2004 by: moko
1.Improve cost yaitu terjadi penekanan biaya akan melakukan penghematan
2.
Improve product competitiveness, yaitu usaha agar proses produksinya ramping,efisien dan cepat, waste-nya kecil dan penyimpangan kecil akibat variasi yang kecil.
7.
Apa yang dimasud dengan “world class manufaturing company”?Jawab:Perusahaaan kelas dunia yang dapat bersaing pada pasar domestik dan ekspor dan dapatmencatat keuntungan.
8.
Sebutkan lima tanggung jawab keputusan utama (five major decision area) di dalammanajemen operasi?Jawab:
1.
Proses, sangat menetukan apakah perushaan bisa survive/tidak untung/rugi. Prosesyang
 generated 
dan panjang, akan meningkatkan cost, sebaliknya makin sederhana prosesnya akan menurunkan cost.2.Capacity (out put per satuan waktu), sangat penting untuk menjamin kontinuitassuplai. Kalau demand besar maka capacity harus besar.
3.
Inventory (persediaan), merupakan sumber daya yang menganggur dan memberinialai lebih jika sudah dijual.Inventory tidak boleh terlalu tinggi, karena dapat mengganggu cash-flow, tetatpi jugatidak boeh terlalu rendah karena sangat berisiko tinggi bagi perusahaan (bisameyebabkan loss of sale)4.Quality (derjat kepuasa, cocok dengan tujuan penggunaan) bisa membangunkepercayaan5.Man power, merupakan unrecoveded assets, harus menguasai teknologi.

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riwisa Iswandi liked this
Wira Atmawati liked this
Wiweko Adji liked this
Sulfiyanah Dewi liked this
Nur Oksalvyari liked this
Wawan Malang liked this
Nur Hasanah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->