Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 03 Pengakunan Dan Pengkodean

Bab 03 Pengakunan Dan Pengkodean

Ratings: (0)|Views: 1,165 |Likes:
Published by Achas

More info:

Published by: Achas on Feb 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
 
PENGAKUNAN
 
&
 
PENGKODEAN
 
BAB
 
3
 
Asgard Chapter2008
www.cherrycorner.com
 
Halaman | 1
PENGAKUNAN DAN PENGKODEAN
Akuntansi mengolah dan menyajikan informasi keuangan dalambentuk akun-akun (
accounts 
). Di bab ini kita mendiskusikan pengertian, jenis, nama, dan bentuk akun. Disamping itu, kita membahas pengkodeanakun di akuntansi.
A.
 
Pengertian Akun
kun (orang awam menyebutnya rekening) berasal dari bahasainggris
account.
Akun adalah nama komponen-komponen yang terdapat dielemen laporan keuangan. Contohnya, elemen aktiva terdiri dari akun kas,akun piutang usaha, akun persediaan barang dagangan, akun mesin, dsb.Setiap elemen laporan keuangan terdiri dari akun-akun. Misalnya, elemenutang terdiri dari akun utang usaha, akun utang wesel, dsb.eberapa pentingkah akun di akuntansi? SANGAT PENTING. Sebagaicontoh, kreditor(pihak eksternal yang memberi pinjaman)mempertimbangkan perusahaan yang sebagian besar aktivanya berupa kasdan persediaan memiliki kemampuan lebih baik dalam membayar utang jangka pendek dibanding perusahaan yang sebagian besar aktivanyaberupa mesin dan gedung (meskipun total nilai rupiah aktivanya samabesar). Oleh karena itu, informasi keuangan berdasar akun menjadikanpara pengguna memperoleh informasi yang lebih terperinci dan mencegahkesalahan dalam mengartikan (menginterpretasikan) informasi keuangan yang dihasilkan akuntansi.
B.
 
Akun Riil vs. Akun Nominal
erdapat 2 (dua) kategori akun, yaitu akun riil (permanen) dan akunnominal (sementara). Akun riil (permanen) adalah akun-akun yang mewakilielemen-elemen aktiva, utang, dan modal yang keberadaannya bersifatpermanen. Sedangkan akun nominal (sementara) adalah akun-akun yang
 
Halaman | 2
mewakili elemen pendapatan dan elemen biaya yang keberadaannyabersifat sementara.engapa akun-akun elemen pendapatan dan elemen biaya disebutakun nominal (sementara)? Karena kedua elemen ini akan ”ditutup” keakun modal pada akhir periode. Di Bab 2 (dua) sebelumnya telahdinyatakan bahwa elemen pendapatan dan elemen biaya dimunculkan agarperusahaan dapat menyajikan secara khusus informasi keuangan tentanghasil kegiatan bisnis perusahaan selama satu periode. Di setiap akhirperiode, akun-akun elemen pendapatan dan elemen biaya tersebut ditutupuntuk dipindahkan ke elemen modal.
Peraga 3.1: Jenis-jenis AkunC.
 
Penamaan Akun
ada dasarnya, perusahaan dapat membuat akun sebanyak yangdiinginkan dan dengan nama spesifik. Namun demikian, ebook ini berusahamenggunakan penamaan akun sesuai PABU agar akuntansi dapatberfungsi secara optimal sebagai bahasa bisnis.
D.
 
Akun Aktiva
kun-akun elemen aktiva lazimnya dibuat berdasar jenis aktiva.Penyajian akun-akun elemen aktiva dikelompokkan menjadi aktiva lancardan aktiva tetap. Daftar nama akun aktiva antara lain:
AKUNNominal (Sementara)Riil (Permanen)Aktiva Utang ModalPendapatanBiaya

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Flower Santy liked this
Latiful Hidayat liked this
Ipiems Ngaliyan liked this
Ign Agung B liked this
sinarbajak liked this
Feby Polymorpa liked this
djumari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->