Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 12 Penghitungan Labarugi & Pembuatan Laporan Labarugi

Bab 12 Penghitungan Labarugi & Pembuatan Laporan Labarugi

Ratings: (0)|Views: 1,034 |Likes:
Published by Achas

More info:

Published by: Achas on Feb 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

 
 
PENGHITUNGAN LABA/RUGI &PEMBUATAN LAPORAN LABA/RUGI
Asgard Chapter2008
www.cherrycorner.com
BAB
 
12
 
 
Halaman | 1
PENGHITUNGAN LABA/RUGI &PEMBUATAN LAPORAN LABA/RUGI
Berdasar informasi yang tercantum di neraca saldo setelah jurnalpenyesuaian, kita dapat menghitung dan membuat laporan keuangan yangdimulai dengan laporan laba/rugi (baca: laporan laba rugi). Di bab ini kitamendiskusikan definisi laporan laba/rugi, akun-akun pembentuk laporanlaba/rugi, bentuk laporan laba/rugi, dan langkah-langkah pembuatanlaporan laba/rugi.
A.
 
Definisi Laporan Laba/Rugi
aporan laba/rugi (
income statement 
) menyajikan informasi keuanganhasil kegiatan bisnis yang diperoleh perusahaan selama satu periode.Berdasar laporan laba/rugi ini maka perusahaan mengetahui apakahkegiatan bisnisnya menguntungkan atau sebaliknya, merugikan. Berdasarlaporan laba/rugi ini diharapkan perusahaan juga dapat melakukanevaluasi tentang kegiatan bisnisnya di masa datang.
B.
 
Akun-akun Pembentuk Laporan Laba/Rugi
aporan laba/rugi terdiri dari akun-akun pendapatan dan akun-akunbiaya. Selisih antara total nilai rupiah pendapatan dan total nilai rupiahbiaya merupakan laba atau rugi. Jika pendapatan lebih besar daripadabiaya maka perusahaan menghasilkan laba. Sedangkan jika pendapatanlebih kecil daripada biaya maka perusahaan menderita rugi.
L A B A jikaPENDAPATAN
>
BIAYAR U G I jikaPENDAPATAN
<
BIAYA
 
Halaman | 2
Pendapatan dapat berasal dari kegiatan bisnis utama (operasional)maupun dari kegiatan lain-lain (non-operasional). Contoh pendapatanadalah pendapatan usaha, penjualan, pendapatan sewa gudang, untungpenjualan aktiva tetap, dsb. Demikian pula, biaya dapat berasal dari biayaoperasional maupun non-operasional. Contoh biaya adalah biaya listrik,biaya gaji, biaya sewa kendaraan, rugi penjualan aktiva tetap, dsb.
C.
 
Bentuk Laporan Laba/Rugi
erdapat 2 (dua) bentuk laporan laba/rugi, yaitu:1.
 
Langkah tunggal (
single step 
); laba/rugi merupakan selisih antarasemua pendapatan dan semua biaya. Penghitungan laba/rugi dilakukandengan cara mengelompokkan semua pendapatan dan menguranginyadengan semua biaya (tanpa memisahkan pendapatan (biaya) operasionaldari pendapatan (biaya) non-operasional).2.
 
Langkah bertahap (
multiple step 
); laporan laba/rugi disusun dalambeberapa kelompok. Pada kelompok pertama, perusahaan menghitunglaba/rugi yang diperoleh dari kegiatan operasional (selisih antarapendapatan operasional dan biaya operasional). Kelompok selanjutnya,perusahaan menghitung laba/rugi yang diperoleh dari kegiatan non-operasional (selisih antara pendapatan non-operasional dan biaya non-operasional).
D.
 
Langkah-langkah Pembuatan Laporan Laba/Rugi
ebelum membuat laporan laba rugi, tulislah semua akunpendapatan dan akun biaya ke kolom Laba/Rugi di neraca lajur. Akunbiaya seharusnya berada di sisi debet, sedangkan akun pendapatan beradadi sisi kredit. Selisih total pendapatan dan total biaya merupakan laba/rugidan dicantumkan di baris “Penghitungan laba/rugi”. Jika perusahaanmenghasilkan laba maka dicantumkan di Debet di kolom Laba/Rugi yangterdapat di neraca lajur. Dan sebaliknya jika perusahaan mengalami rugimaka dicantumkan di sisi Kredit. Penulisan laba di Debet semata-matauntuk menyeimbangkan saldo Debet dan Kredit di kolom Laba/Rugi yang

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sun Sugos S added this note
Mantabs...
Nella Fadila liked this
Angela Nathania liked this
Dwi Untariyono liked this
Wawa Hitamputih liked this
ncholik liked this
Ign Agung B liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->