Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
120Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Difraksi celah dan grid ganda

Difraksi celah dan grid ganda

Ratings: (0)|Views: 5,231 |Likes:
Published by ilham_zannuary

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: ilham_zannuary on Feb 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA EKSPERIMEN 1AMODUL-2Jurusan Fisika,FMIPA Universitas PadjadjaranSenin, 23 November 2009
ABSTRAK 
Pada kehidupan sehari-hari, manusia dan mahkluk hidup lainnya selalutidak pernah lepas dari cahaya. Cahaya memiliki kegunaan atau fungsi tersendiri bagi masing-masing makhluk hidup di belahan dunia. Cahaya merupaka energy berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjanggelombang sekitar 380-750 nm. Pada bidang ilmu sains khususnya fisika, cahayadikatakan sebagai radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasatmata atau tidak.Cahaya pun dapat sebagai paket partikel yang disebut foton. Ada suatu pembeda apabila cahaya dikatakan bersifat sebagai gelombang (elektromagnetik)dan cahaya dikatakan bersifat sebagai partikel (foton), yaitu ketika cahaya bersifatsebagai gelombang yakni dengan dapat memunculkan peristiwa difraksi daninterfrensi. Peristiwa difraksi dan interfrensi yang akan menghasilkan suatu polaterang dan pola gelap pada layar. Selain itu., dari pola tersebut dapatmenghasilkan suatu nilai intensitas cahayanya.Ada suatu prinsip yang mendukung untuk materi praktikum kali ini, prinsip tersebut dinamakan prinsip Huygens. Prinsip Huygens merupakan sebuahmetode geometrik untuk mencari dari bentuk sebuah muka gelombang yang telahdiketahui pada suatu waktu dan bentuk muka gelombang tersebut pada suatuwaktu kemudian. Dari prinsip ini, kita dapat menganggap bahwa setiap titik darisebuah muka gelombang dapat ditinjau sebagai gelombang-gelombang kecil yangmenyebar keluar atau ke segala arah dengan laju yang sama dengan laju perambatan gelombang tersebut. Percobaan mengenai hal ini pun di dukung oleh percobaan yang dilakukan oleh Thomas Youngm ia yang menyatakan bahwa
 
 berkas cahaya yang dilenturkan akan berinterferensi baik maksimum maupunminimum, tiap titik pada bagian terbuka dari celah itu dipandang sebagai sumber cahaya baru yang akan menyebar ke segala arah.Sesuai dengan tujuan praktikum kali ini, yaitu untuk menentukan pola danintensitas difraksi dari celah dan grid ganda, yang nantinya untuk mencari panjanggelombang dari laser dengan menggunakan perhitungan-perhitungan pada teoridasar.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Difraksi terjadi ketika sebuah berkas cahaya melewati penghalang, penghalang tersebut seperti celah sempit sehingga terjadi pelenturangelombang cahaya. Difraksi ialah peristiwa pembelokan gelombang bilamelewati sebuah penghalang. Interferensi ialah peristiwa penggabungan duagelombang atau lebih yang menghasilkan gelombang. Dua pengertian tersebutadalah dasar dari percobaan ini. Pola difraksi dan interfrensi menunjukkansifat cahaya sebagai gelombang. Selain itu, percobaan ini menggunakan prinsip huygens yang menyatakan bahwa cahaya sebagai gelombang. Dari penjelasan di atas kita akan membuktikannya pada percobaan kali ini
Identifikasi masalah
Didalam percobaan kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimanadifraksi dan interfrensi terjadi serta saat terjadinya interfrensi cahaya yangmerupakan hasil perpaduan gelombang cahaya yang berdifraksi terbentuk polatertentu yang teratur, berupa garis gelap dan terang ditinjau dari titik focus dann jarak antar celah serta panjang gelombang cahaya laser. Disamping itu, poladifraksi yang terbentuk menurut posisi dan intensitasnya diukur denganmenggunakan foto dioda yang dapat digeserkan.
Tujuan Percobaan
Adapun tujuan melakukan percobaan ini adalah ;
 
Menentukan pola dan intensitas difraksi dari celah dan grid ganda.
Menentukan posisi intensitas minimumpertama yang berhubungandengan celah tunggal. Harga intensitas minimum tersebut digunakanuntuk menghitung lebar dari celah.
Menentukan distribusi intensitas pada pola difraksi dari celahkelipatan tiga, empat dan lima, dimana seluruh celah memiliki lebar dan jarak antar celah yang sama. Selanjutnya menaksir hubunganintensitas dari puncak pusat difraksi.
Menentukan posisi dari puncak beberapa orde dari difraksi untuk gridtransmisi dengan konstanta kisi yang berbeda. Selanjutnyamenggunakan nilai yang diperoleh untuk menghitung panjanggelombang dari laser.
TEORI DASAR 
Gelombang elektromagnetik sama seperti gelombang mekanik, dapat berinterfrensi satu sama lain. Kita dapat ketahui bahwa cahaya sebagaigelombang, memperlihatkan gejala interfrensi gelombang-gelombang yangmempunyai beda fase yang tetap.Bila Cahaya melintas dari suatu sumber melalui sebuah celah pada layar,dan cahaya yang keluar dari celah tersebut digunakan untuk menerangi duacelah bersebelahan pada layar kedua. Bila cahaya diteruskan dari kedua celahtersebut dan jatuh pada layar ketiga, maka akan terbentuk sederet pitainterferensi yang sejajar. Ini sebagai fenomena interferensi.Interferensi adalah peristiwa penggabungan dua gelombang atau lebihyang menghasilkan gelombang baru. Untuk mendapatkan interferensi cahaya,diperlukan sumber cahaya yang koheren, yaitu sumber cahaya yangmempunyai beda fase tetap. Dua sumber cahaya koheren yang diperlukanuntuk penyelidikan proses interferensi secara percobaan, dapat diperoleh darisumber cahaya tunggal dengan dua cara, yaitu :

Activity (120)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Nurafiqa liked this
Siti Nurafiqa liked this
Nofy Hachi liked this
Lanjar Heri Prabowo added this note
Baik dan bagus
bocha.sakti147 liked this
Unhy Syarun liked this
Larks Fx liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->